Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Fobia - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.302.175 orang

Apakah kamu pernah mengalami perasaan sangat takut akan sesuatu misalnya serangga, berada dalam ruang tertutup atau kondisi gelap gulita? Jika jawabannya iya, kamu mungkin menderita fobia

Fobia merupakan salah satu gangguan kecemasan. Pada penderita fobia yang berat biasanya penderita berusaha memberi jarak pada hal yang dapat membuatnya merasa takut. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Beberapa penderita bahkan akan mengalami panik, sesak nafas hingga depresi. Melalui artikel berikut akan kamu ketahui pengertian, penyebab, gejala, diagnosis dan cara pengobatan untuk penderita fobia.

Fobia tergolong dalam penyakit gangguan kecemasan. Penyakit ini menyebabkan penderita mengalami rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu. Penderita biasanya berusaha untuk menjaga jarak dari objek penyebab ketakutan. 

Pada penderita fobia yang cukup berat, penderita bahkan mudah diserang kepanikan, sesak nafas secara tiba-tiba hingga merasa depresi. Berdasarkan sifatnya fobia dibagi menjadi tiga yaitu:

Fobia spesifik
adalah ketakutan akan objek atau situasi khusus. Fobia jenis ini misalnya takut akan ketinggian, takut akan kedalaman laut, takut beberapa jenis hewan, takut darah, dsb. Fobia ini biasanya muncul sejak masih anak-anak atau remaja.

Fobia sosial
adalah ketakutan akan keadaan yang ramai atau hal-hal berkaitan dengan interaksi sosial. Penderita cenderung menarik diri dari lingkungan sosial. 

Penyebabnya bisa karena takut dinilai buruk oleh orang sekitar dan merasa gerak geriknya diperhatikan oleh sekitarnya. Penderita merasa tertekan jika dipaksa untuk berinteraksi sosial dengan orang lain. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Contoh fobia sosial adalah demam panggung, takut berkenalan dengan orang baru, takut makan di restoran, dsb.

Fobia kompleks
adalah ketakutan pada situasi ramai atau berada di tempat terbuka. Bedanya dengan fobia sosial adalah, penderita fobia kompleks tidak merasa tertekan jika harus berinteraksi sosial dengan orang lain di tempat sepi. 

Beberapa contoh fobia kompleks adalah merasa takut berdesakan di angkot atau- bus kota, takut jika berbelanja di pasar yang penuh sesak, dsb.

Gejala Penyakit Fobia

Hal-hal yang dapat terlihat dari seseorang dengan fobia adalah rasa takut yang berlebihan. Beberapa penderita didapati juga mengalami serangan panik. Beberapa gejala lainnya yaitu:

  • Merasa pusing dan kebingungan
  • Dada terasa sesak dan nyeri. Bahkan diikuti dengan sesak nafas.
  • Merasa ingin muntah.
  • Tubuh berkeringat dan jantung berdebar-debar.
  • Sering merasa haus dan diikuti dengan rasa ingin ke toilet untuk buang air kecil.
  • Pada anak-anak biasanya sering menangis bila ditinggal sendirian.

Penyebab Penyakit Fobia

Belum diketahui secara pasti penyebab fobia. Namun beberapa faktor berikut dapat diduga memicu seseorang mengalami fobia:

  • Pengalaman buruk, misalnya fobia akan ruangan tertutup karena saat kecil dulu sering dihukum dalam ruangan tertutup.
  • Otak mengalami perubahan fungsi.
  • Pengaruh keluarga atau lingkungan sekitar. Orang tua yang sering merasa cemas biasanya memiliki anak-anak yang mudah cemas akan sesuatu.

Cara Pengobatan Penyakit Fobia

Hal yang dapat dilakukan untuk mengobati seseorang dengan fobia adalah dengan memberikan terapi psikologi. Salah satu jenis terapi psikologi yang efektif adalah terapi perilaku kognitif

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Terapi jenis ini menggunakan beberapa teknik agar cara pasien memandang dan menyikapi objek fobia berubah. Teknik pertama adalah pemaparan terhadap objek yg menyebabkan ketakutan. 

Salah satu contohnya adalah terapi pada pasien fobia serangga. Pasien akan diperlihatkan dengan gambar serangga, diajak melihat kumpulan serangga salah kandang dan kemudian memegang serangga.

Teknik pemaparan biasanya disertai dengan teknik pengendalian diri dan pola hidup sehat agar lebih efektif. Melalui teknik pengendalian diri pasien dapat mengatur ketenangan agar berhasil menguasai diri dari fobia. 

Bentuk pola hidup sehat yaitu makan makanan sehat, berolahraga secara  teratur dan beristirahat secara cukup. Jika diperlukan, pasien akan diberi resep obat oleh psikiater. 

Obat tersebut hanya dikonsumsi dalam jangka waktu yang pendek. Beberapa contoh obat yang biasa digunakan untuk fobia adalah penghambat sekresi hormon serotonin, Beta blocker dan benzodiazepine. 

Hormon serotonin berfungsi untuk mengatur mood penderita. Beta blockers digunakan agar dampak dari stimulasi adrenalin terhambat. 

Benzodiazepine merupakan obat yang biasa dikonsumsi seseorang yang sangat mudah cemas. Obat ini dapat menyebabkan ketergantungan sehingga jika kondisi pasien membaik maka dosis obat akan dikurangi.


Referensi

Alberts, N. Everyday Health (2018). Trypophobia 101: A Beginner's Guide.

American Psychiatric Association (2017). Anxiety Disorders.

Bennington-Castro, J. Everyday Health (2016). What Is Social Anxiety Disorder?

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini
fobia