Tessalon Perles: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Mei 9, 2019 Waktu baca: 3 menit

Tessalon Perles memiliki nama merek lain zonatuss. Tessalon merupakan nama merek obat yang mengandung benzonatate. Tessalon adalah obat batuk yang tidak mengandung narkotika. 

Obat ini bekerja dengan membuat tenggorokan dan paru-paru mati rasa sehingga refleks untuk batuk menjadi kurang aktif. Karenanya tessalon biasanya digunakan untuk meredakan batuk.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sebaiknya kamu tidak mengonsumsi obat ini jika kamu alergi tessalon atau obat-obatan penyebab mati rasa seperti tetracaine atau procaine. Kedua obat tersebut terkandung pada krim pelindung dari sinar matahari dan gigitan serangga. 

Telan kapsul tessalon bulat-bulat dan tidak mengunyahnya. Mengunyah kapsul dapat menyebabkan mati rasa pada mulut dan tenggorokan bahkan efek samping serius lainnya. 

Beberapa efek samping serius tersebut adalah merasa tersedak, nyeri dada atau mati rasa, merasa mau pingsan, linglung hingga halusinasi. Overdosis tessalon berakibat fatal bagi anak-anak. Oleh sebab itu sebaiknya tidak memberikan tessalon pada anak berusia kurang dari 10 tahun tanpa resep dokter.

Obat ini tergolong dalam kategori FDA kehamilan tipe C. Tidak diketahui apakah penggunaan obat membahayakan janin. Penting menyampaikan pada dokter jika kamu hamil atau akan hamil saat akan menggunakan obat ini. Sama halnya dengan ibu menyusui

Tidak diketahui apakah zat yang terkandung dalam tessalon mengalir melalui ASI. Katakan pada dokter jika kamu sedang menyusui sebelum menggunakan obat ini.

Cara penggunaan obat Tessalon Perles

Gunakan obat tepat seperti yang dianjurkan oleh dokter. Ikuti petunjuk yang ada pada label kemasan. Jangan gunakan obat dalam dosis yang lebih besar, kecil atau lebih lama dari yang dianjurkan dokter. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Selalu tanyakan pada dokter untuk menggunakan obat pada anak-anak. Kesalahan penggunaan obat pada anak-anak dapat berakibat kematian. Minum tiap dosis obat dengan segelas air putih penuh. Simpan obat pada suhu ruangan dan jauhkan dari kelembaban, panas atau cahaya.

Jika kamu kelewatan jadwal minum tessalon segera minum obat tersebut. Namun jika sudah mendekati jadwal minum berikutnya, lewati jadwal yang telah lewat. Jangan menggunakan obat dengan dosis berlebih untuk mengganti dosis yang terlewat. 

Overdosis tessalon dapat menjadi hal fatal pada anak-anak. Kematian mendadak pernah terjadi pada anak-anak dibawah 2 tahun yang hanya mengonsumsi satu atau dua kapsul. 

Beberapa gejala overdosis tessalon adalah mati rasa pada mulut dan tenggorokan, merasa sangat lelah dan mengantuk, tremor detak jantung melambat, pingsan hingga bernafas perlahan hingga nafas tiba-tiba berhenti. Selalu ikuti anjuran dokter tentang makanan, minuman dan aktivitas ketika mengonsumsi tessalon.

Dosis penggunaan obat Tessalon Perles

Tessalon perles hanya boleh digunakan oleh dewasa dan anak-anak berusia di atas 10 tahun. Dosis umumnya adalah satu kapsul berukuran 100 mg tiga kali sehari ketika dibutuhkan atau saat batuk

Jika diperlukan untuk mengontrol batuk yang mengganggu sisi bisa menjadi 200 mg setiap minum tiga kali sehari. Selalu minum kapsul tessalon perles bulat-bulat.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Efek samping obat Tessalon Perles

Beberapa tanda alergi tessalon adalah gatal-gatal, susah bernafas dan bengkak pada wajah, bibir, lidah atau tenggorokan. Beberapa efek samping ringan dari penggunaan tessalon yaitu, sakit kepala, pusing, mengantuk, mual, muntah, sembelit atau gatal ringan pada kulit. 

Sementara beberapa efek samping serius yaitu merasa tersedak, nyeri dada atau mati rasa, merasa ingin pingsan, linglung dan halusinasi. Jika kamu mengalami hal tersebut segera hentikan penggunaan obat dan periksakan diri ke dokter.

Terdapat beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan tessalon Perles. Beberapa diantaranya adalah obat-obatan yang menyebabkan kantuk seperti obat demam, alergi, obat penenang, obat tidur, pengendur otot, dan obat depresi

Penggunaan secara bersamaan dapat menambah rasa kantuk dan efek samping lainnya. Itu sebabnya jangan mulai konsumsi tessalon perles sebelum konsultasi dengan dokter.

Beberapa efek samping ringan penggunaan benzonatate mungkin muncul dan tidak memerlukan perhatian medis. Efek samping ini mungkin akan hilang ketika tubuh sudah menyesuaikan diri dengan obat. 

Dokter mungkin dapat membantu kamu mengurangi terjadinya efek samping. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait efek samping setelah menggunakan obat, efek samping tidak kunjung membaik bahkan makin buruk segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Selalu simpan obat ini jauh dari jangkauan anak-anak. Jangan menggunakan obat secara bersamaan dengan orang lain. Gunakan obat hanya untuk indikasi yang dianjurkan. 


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tessalon Perles Side Effects: Common, Severe, Long Term. Drugs.com. (https://www.drugs.com/sfx/tessalon-perles-side-effects.html)
Tessalon Perles Uses, Side Effects & Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mtm/tessalon-perles.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app