Telapak Tangan Sakit? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Dipublish tanggal: Sep 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Telapak tangan atau dalam bahasa medis disebut dngan metacarpus adalah area di sisi bawah tangan yang mencakup jari hingga pergelangan tangan. Melalui serangkaian tendon, otot-otot tersebut kemudian terhubung dengan kerangka tulang tangan. 

Meski tidak luas,  kulit tangan yang hanya 2% dari kulit tubuh bila mengalami masalah, hal ini tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya, ketika telapak tangan sakit, Anda akan kesulitan memegang atau menyentuh sesuatu yang menyebabkan pekerjaan terhambat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Kulit telapak tangan sakit

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa mempengaruhi kulit telapak tangan:

Eksim tangan

Kondisi ini merupakan peradangan pada bagian kulit yang tidak menular. Umumnya peradangan yang berhubungan dengan eksim tangan akan diikuti dengan adanya bentuk gelembung melepuh, rasa gatal yang parah, hingga terjadi kapalan dan robekan yang menicu timbulnya rasa nyeri. Ganguan eksim sendiri bisa terjadi karena reaksi alergi atau iritasi karena zat tertentu.

Pompholyx

Penyakit yang satu ini bisa dibilang mirip dengan eksim tangan. Penyebabnya sendiri juga karena terjadi peradangan yang merusak kulit di area jari-jari tangan dan kaki, hingga telapak tangan. Kadang kala pompholyx juga bisa muncul pada area kaki. 

Pemicu adanya gangguan ini hingga sekarang belum diketahui secara pasti. Walau begitu, peneliti menduga hal ini berkaitan dengan beberapa hal. Mulai dari iritasi karena zat tertentu, infeksi yang disebabkan jamur. 

Faktor stres, serta sistem kekebalan atau imun tubuh yang lemah. Gejala yang terjadi berupa munculnya melepuh serta kerak di kulit bagian telapak tangan yang terasa begitu gatal dan perih.

Psoriasis

Psoriasis tergolong sebagai penyakit autoimun jangka panjang. Penyakit ini bisa membuat kulit penderitanya cepat tumbuh. Salah satu tanda dari penyakit psoriasis adalah sel kulit yang tumbuh berlipat ganda hingga sepuluh kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kondisi normal. Hal tersebut akan memicu kulit mengelupas dan bersisik putih. Psoriasis yang terjadi di area tangan dan kaki akan menimbulkan kulit memerah, bengkak hingga melepuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Kutil

Kulit adalah pertumbuhan kulit yang memiliki sifat non-kanker. Penyebab dari gangguan pada kulit ini adalah virus human papillomavirus atau HPV tipe tertentu yang terjadi pada lapisan permukaan kulit. Gangguan kutil dapat menyebar dari satu orang ke orang lain, secara langsung ataupun tidak. 

Jika Anda tidak sengaja memegang benda yaang sudah dipegang oleh penderita kutil di tangan, Anda memiliki resiko terkena kutil. Secara umum, kutil tidaklah berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan khusus. Namun, jika Anda terganggu dengan keberadaan kutil, silahkan konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Otot telapak tangan

Sindrom de quervain

Sindrom ini dapat terjadi ketik dua tendon yang berada di area sekitar pangkal ibu jari mengalami pembengkakan dan meradang. Hal ini akan memicu sataf di dalam tubuh tertekan hingga menyebabkan rasa sakit dan mati rasa.

Stenosing tenosynovitis

Trigger finger merupakan nama lain dari stenosing tenosynovitis. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang jari-jari tangan. Stenosing tenosynovitis dapat terjadi ketika bagian jari atau ibu jari tertekuk serta tidak bisa kembali diluruskan. Salah satu penyebab dari gangguan ini adalah iritasi serta radang yang terjadi pada urat di bagian jari-jari maupun telapak tangan.

Saraf telapak tangan 

Carpal tunnel syndrome atau CTS

Gangguan CTS bisa Anda alami ketika ada tekanan pada saraf yang berada di telapakm tangan. Hal inilah yang menyebabkan tangan dan jari-jari terasa sakit, timbul kesemutan dan mati rasa. 

Peripheral neuropathy

Gangguan ini dapat terjadi karena saraf tepi yang rusak sehingga membuat tangan menjadi mati rasa, nyeri dan terasa lemah. Beberapa sebab yang memicu kerusakan saraf tepi, mulai dari diabetes, infeksi, hingga cedera fisik yang dialami seseorang.

Sindrom guillain barre

Penyakit ini dipicu karena autoimun yang menyerang saraf-saraf tubuh. Beberapa gejala yang mengikut penyakit ini adalah kelemahan atau otot-otot pada kaki dan tangan menjadi lumpuh, kesemutan di bagian tangan dan area kaki, hingga terjadi kelumpuhan pada otot pernafasan.


22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app