Psoriasis : Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 20, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 876.071 orang

Apa itu psoriasis? Psoriasis  terjadi akibat adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh atau disebut dengan penyakit autoimun, dimana para penderita akan mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. 

Kelainan kulit ini tidaklah menular dan disebabkan karena reproduksi sel kulit yang cepat sehingga terbentuk kulit yamg merah, kering, menebal dan memiliki serpihan sisik kering pada kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Psoriasis mengenai 1-2% populasi dunia dan paling sering terjadi pada umur dua puluh atau tiga puluhan. Mari kenali lebih lanjut mengenai penyakit ini yang seringkali kita temui sehari-harinya.

Penyebab Penyakit Psoriasis

Psoriasis ini dapat menyerang baik pria maupun wanita. Sekitar 30% orang dengan penyakit psoriasis memiliki riwayat penyakit ini dalam keluarga. Faktor penyebab penyakit psoriasis terdiri dari faktor autoimun, faktor keluarga, dan faktor lingkungan. 

Akan tetapi, faktor autoimun diyakini sebagai faktor utama penyebab psoriasis. Penyakit ini muncul diakibatkan oleh sistem imun tubuh yang keliru menyerang jaringan sel kulit yang sehat.

Dalam siklus normal, pergantian kulit akan memerlukan waktu sekitar 1 bulan. Namun, bagi para penderita psoriasis, proses pergantian kulit hanya memerlukan waktu beberapa hari yang mengakibatkan penimbunan sel kulit mati. Ternyata sel kulit mati inilah yang mengakibatkan sisik pada kulit dan berwarna keperakan.

Pemicu lainnya yang dapat membuat penyakit ini bertambah parah adalah sinar matahari yang berlebihan, obesitas, pengaruh alkohol, pergantian cuaca ekstrim, cuaca dingin, stress, merokok, kekurangan vitamin D, infeksi, dan faktor-faktor lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Apa saja jenis dan gejala dari Penyakit Psoriasis ini?

Psoriasis gutata

Jenis psoriasis ini sering terjadi pada masa kanak-kanak dan menyebabkan bintik-bintik merah muda kecil. Area yang paling sering terkena psoriasis ialah daerah tubuh, lengan, dan tungkai.  Psoriasis gutata biasanya timbul secara mendadak dan merupakan jenis yang spesifik terjadi pada dewasa muda. Bila terjadi pada anak-anak, biasanya hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya.

Psoriasis gutata biasanya dipicu oleh infeksi bakteri seperti infeksi bakteri streptococcus. Bentuk ruam pada psoriasis ini yaitu seperti tetesan air (gutata).

Psoriasis Plak

Ini adalah jenis psoriasis yang paling umum dan terjadi pada sekitar 80 persen di kebanyakan orang.  Lapisan kulit akan mengalami penebalan serta peninggian dengan diameter lebih dari 1cm dan menyebabkan bercak merah serta peradangan yang menutupi area kulit. Ciri khas dari jenis psoriasis ini adalah plak dengan sisik perak atau keputihan. Biasa ditemukan pada siku, lutut, dan kulit kepala.

Erythrodermic Psoriasis

Jenis psoriasis ini sering mencakup sebagian besar tubuh sekaligus dan sangat jarang terjadi. Kulit akan tampak seperti terbakar matahari. 

Kondisi ini dapat dipicu oleh adanya infeksi, tar, obat, ataupun pemutusan obat kortikosteroid sistemik. Selain itu, gejala juga disertai seperti demam, menggigil, dan lemas.

Psoriasis artritis

Jenis psoriasis ini terletak pada bagian sendi. Sendi yang terkena dapat terjadi diseluruh tubuh dan tidak spesifik.  Gejala nyeri pada bagian tulang belakang, kekakuan sendi bagian belakang, nyeri sendi hingga peradangan .Bila Anda mengalami hal seperti ini, sebaiknya langsung menghubungi dokter Anda untuk penanganan lebih lanjut.

Psoriasis kulit kepala

Penyakit ini yang terjadi pada kulit kepala dengan ciri khas terdapatnya penebalan pada kulit kepala yang terkena. Gumpalan psoriasis ini dapat menjadi besar bahkan menempel pada rambut Anda.

Psoriasis kuku

Psoriasis Inverse

Penyakit ini yang terjadi pada kulit kepala dengan ciri khas terdapatnya penebalan pada kulit kepala yang

Psoriasis tipe ini menyerang paha, ketiak, dibawah payudara, dan sekitar alat kelamin. Jenis lesi kulit dapat berupa ruam kemerahan, peradangan pada kulit, yang memburuk akibat gesekan dan keringat. Infeksi jamur dapat memicu munculnya psoriasis ini.

Pengobatan Penyakit Psoriasis

Pada kebanyakan kasus, dokter akan mendiagnosis psoriasis berdasarkan pemeriksaan kulit pada pasien. Penanganannya dilakukan dengan menghindari faktor risiko di atas, seperti stres serta mengobati infeksi maupun luka pada kulit penderita. Berkonsultasilah selalu dengan dokter mengenai penyakit Anda, sehingga dapat dilakukan terapi yang sesuai 

Pengobatan psoriasis topikal meliputi:

  • Emolien, berfungsi untuk mencegah agar kulit tidak kering.
  • Topikal steroid, dapat meredakan gejala akan tetapi memiliki banyak efek samping seperti iritasi kulit, pelebaran pembuluh darah.
  • Tar
  • Retinoid topikal
  • Vitamin D analog (calcipotrien)
  • Athralin dapat mengurangi pertumbuhan sel kulit dan menghaluskan kulit
  • Asam salisilat, dapat mengikis lapisan kulit terluar dan dapat mengurangi pembentukan peradangan pada kulit.
  • Penghambat calcineurin seperti tacrolimus dan pimecrolimus dapat mengurangi peradangan dan mengurangi penumpukan sel kulit mati (plak)
  •  

Pengobatan psoriasis sistemik meliputi:

  • Retinoid, dapat mengurangi produksi sel kulit. Efek samping yang dapat ditimbulkan adalah bibir kering, pendarahan pada hidung, rambut rontok dan gangguan fungsi hati. Wanita yang sedang hamil atau mungkin hamil dalam tiga tahun ke depan sebaiknya tidak mengkonsumsi retinoid karena kemungkinan kemungkinan cacat 
  • Cyclosporine, obat ini mencegah respon sistem kekebalan tubuh, yang dapat meredakan gejala psoriasis. Akan tetapi efek sampingnya dapat menganggu organ ginjal dan tekanan darah tinggi.
  • Metotreksat, apabila dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan efek samping yang serius, termasuk kerusakan hati dan pengurangan produksi sel darah merah dan putih.
  • Obat lain Etanercept, infliximab, adalimumab, thioguanine, hydorxiurea.

Pengobatan psoriasis fototerapi meliputi:

Dokter dapat merekomendasikan pengobatan fototerapi apabila psoriasi menutupi 20% - 30% kulit penderita.

  • Psoralen dan UVA (PUVA), dengan terapi ini Anda akan diminta untuk meminum obat ini dalam kurun waktu jam sebelum terpapar sinar ultraviolet. Efek samping yang bisa timbul dengan cepat adalah kulit terbakar.
  • Sinar UVB
  • Sinar narrow band UVB, perawatan cahaya buatan yang menggunakan panjang gelombang cahaya yang sangat terbatas. 

Periksakan diri ke dokter untuk mengetahui pengobatan terbaik untuk diri Anda dan agar kondisi Anda tidak semakin memburuk. Gaya hidup yang sehat juga amat sangat disarankan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit