Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Pompholyx: Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Mar 28, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 912.530 orang

Pompholyx (dyshidrotic eczema) adalah sejenis eksim yang menyebabkan lepuhan kecil yang muncul di jari-jari, telapak tangan, dan kadang-kadang telapak kaki.  Lepuhan tersebut dapat menimbulkan rasa gatal , nyeri, sensasi terbakar dan mengeluarkan nanah.

Pompholyx dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi paling sering terjadi pada orang dewasa di bawah usia 40 tahun. Pompholyx terkadang sulit dibedakan dengan beberapa kondisi kulit yang mirip.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Tanda dan gejala yang biasanya terjadi pada penderita pompholyx?

Pompholyx biasanya dimulai dengan rasa gatal dan kemudian muncul kelainan kulit seperti lepuhan yang terasa seperti kulit terbakar di tangan dan jari. Lepuhan pada telapak tangan dan sisi-sisi jari (dan kadang-kadang telapak kaki) kemudian pecah dan kemudian menjadi lecet.

Dalam kasus yang parah, lepuhan mungkin cukup besar dan dapat menyebar ke punggung tangan, kaki, dan anggota badan. Selain itu kadang-kadang bisa terjadi infeksi pada kulit. Infeksi bisa bisa ditandai dengan lepuhan menjadi sangat sakit dan mengeluarkan nanah atau tertutup oleh koreng (krusta).

Luka lepuh biasanya akan sembuh dalam beberapa minggu. Kulit cenderung menjadi kering dan pecah atau mengelupas saat mulai sembuh.

Apa yang menyebabkan terjadinya pompholyx?

Tidak jelas apa yang menyebabkan pompholyx secara pasti, tetapi Pompholyx mungkin dipicu atau diperparah oleh:

  • Infeksi kulit jamur - Infeksi jamur mungkin terjadi di tangan atau di tempat yang jauh dari lecet (seperti di antara jari-jari kaki) dan memerlukan pengobatan
  • Reaksi terhadap sesuatu yang telah menyentuh kulit Anda - seperti logam tertentu (terutama nikel), deterjen, bahan kimia rumah tangga, sabun, sampo, produk kosmetik atau parfum
  • Faktor keturunan
  • Antibiotik - Neomycin diketahui dapat memicu pompholyx
  • Berkeringat - pompholyx lebih sering terjadi pada musim semi dan musim panas, di iklim yang hangat, dan pada orang dengan hiperhidrosis (keringat berlebih)

Dalam banyak kasus, pompholyx akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Jika gejala tidak hilang dalam beberapa minggu, perawatan di bawah ini dapat membantu meringankan gejala Anda untuk sementara.

Kadang-kadang pompholyx mungkin hanya terjadi sekali dan tidak pernah kembali, tetapi sering datang dan berlangsung selama beberapa bulan atau tahun. Salah satu pemicu yang disebutkan di atas dapat menyebabkannya kambuh lagi. Kadang-kadang, pompholyx bisa berlangsung lebih lama dan sulit diobati.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Penanganan yang dapat dilakukan pada kondisi pompholyx

  • Lindungi kulit Anda. Kondisi ini dapat disebabkan oleh iritan yang dapat mengiritasi kulit Anda, oleh karena itu Anda harus berusaha menghindari kontak dengan apa pun yang dapat mengiritasi kulit Anda, termasuk sabun, shampoo, dan bahan kimia rumah tangga lainnya
  • Gunakan emolien sebagai pengganti sabun dan kenakan sarung tangan saat Anda berisiko kontak dengan zat yang berpotensi mengiritasi lainnya, seperti saat mencuci rambut atau melakukan pekerjaan rumah tangga
  • Jangan memecahkan lepuhan, biarkan mereka sembuh sendiri. Jika lepuhan tersebut berukuran sangat besar, dokter mungkin bisa mengeluarkan cairan yang ada di dalamnya

Mengobati gejala pompholyx yang muncul

Perawatan utama yang diberikan dokter sangat mirip dengan mengobati penyakit eksim. Pengobatannya termasuk:

  • Emolien (pelembab) - gunakan ini sepanjang waktu dan sebagai pengganti sabun untuk mencegah kulit Anda menjadi kering
  • Krim steroid - penggunaan steroid dapat mengurangi peradangan dan iritasi dan membantu kulit untuk sembuh lebih cepat. Dokter Anda mungkin akan meresepkan krim steroid yang kuat untuk digunakan dalam waktu singkat, untuk meminimalkan munculnya risiko efek samping dari steroid.
  • Obat anti alergi - untuk mengurangi rasa gatal
  • Injeksi botox - dapat digunakan apabila kondisi sudah sangat parah
  • Fototerapi - dapat digunakan apabila pengobatan lain tidak berhasil

Selain itu Anda juga dapat mencoba:

  • merendam tangan Anda dalam larutan encer kalium permanganat (1: 10.000) selama 10 hingga 15 menit sekali atau dua kali sehari selama 5 hari
  • antihistamin untuk meredakan gatal dan membantu Anda tidur jika rasa gatal membuat Anda terjaga di malam hari

Perawatan ini tersedia di apotek dan dapat Anda beli tanpa resep dari dokter. Anda dapat menanyakan cara penggunaan lebih lengkap kepada pihak apotek tempat Anda membeli obat-obatan tersebut. Antibiotik mungkin diresepkan jika kulit Anda menjadi terinfeksi.

Konsultasikan penyakit pompholyx dengan spesialis kulit

Jika pompholyx Anda terus kembali atau bertambah parah dan tidak membaik dengan perawatan di atas, dokter umum dapat merujuk Anda ke dokter spesialis kulit untuk melakukan perawatan kulit Anda lebih lanjut.

Seorang dokter kulit dapat merekomendasikan salah satu perawatan berikut:

  • fototerapi - paparan sinar ultraviolet (UV)
  • tablet steroid atau krim steroid yang sangat kuat
  • krim atau salep imunosupresan, seperti pimekrolimus atau tacrolimus
  • tablet atau kapsul imunosupresan, seperti ciclosporin atau azathioprine
  • kapsul alitretinoin - obat yang membantu memperbaiki eksim parah yang memengaruhi tangan saat perawatan lain tidak berhasil

Seringkali pompholyx sangat sulit dibedakan dengan beberapa kondisi kulit lainnya. Oleh karena itu disarankan jika pompholyx Anda memberat atau tidak ada kemajuan dengan pengobatan yang dapat Anda beli di apotek, segera pergi ke dokter spesialis kulit. Karena mungkin saja kondisi Anda disebabkan oleh penyakit kulit lain.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit