Tanaman Vinca Minor: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Periwinkle adalah tanaman herbal yang merupakan spesies tanaman berbunga dalam keluarga dogbane, yang berasal dari Eropa tengah dan selatan seperti Portugal dan Prancis hingga Belanda dan Negara Baltik, Kaukasus, dan juga Asia barat daya seperti Turki.

Bagian-bagian tanaman yang tumbuh di atas tanah dapat digunakan untuk membuat obat. Bedakan antara periwinkle dengan periwinkle Madagascar / tapak dara  (Catharanthus roseus).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, daun atau seluruh bagian dari tanaman yang berada di atas tanah dapat digunakan dalam pengobatan herbal. Tunas yang berbunga dan tidak berbunga dapat dipanen dan dikeringkan dengan cepat pada suhu hingga 45 ° C.

Periwinkle sudah dikenal sebagai tanaman obat pada masa Pedanius Dioscorides (abad ke-1 M), yang pada saat itu, tanaman herbal ini sudah digunakan untuk mengobati sakit gigi dan sengatan serangga beracun dan gigitan hewan.

Pliny the Elder (23-79 M) yang merupakan seorang naturalis dan filsuf Romawi, menulis bahwa pada masanya selain digunakan sebagai tanaman obat, periwinkle juga banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Pada Abad Pertengahan, periwinkle sering direkomendasikan sebagai pengobatan untuk mengatasi sakit tenggorokan, mimisan, dan berbagai penyakit paru-paru. Pada masa itu, periwinkle juga diyakini dapat digunakan sebagai bahan dalam campuran ramuan cinta yang populer pada waktu itu.

Literatur herbal Abad Pertengahan juga merujuk pada penggunaan periwinkle sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala, pusing, dan gangguan ingatan.

Saat ini, terutama vincamine alkaloid terisolasi yang diekstraksi dari tanaman periwinkle dapat didapatkan sebagai suplemen makanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Mengenai Periwinkle

Golongan

Herbal

Kemasan

  • ekstrak cair
  • bubuk
  • tinktur

Kandungan

  • Vincamine
  • Vinpocetine
  • Vincine
  • Triterpen (asam ursolat dll)
  • Iridoid (asam loganat)
  • Phytosterol
  • Asam fenolik
  • Flavonoid
  • Kalium
  • Garam natrium.

Manfaat Periwinkle

Periwinkle dapat menurunkan tekanan darah dan juga dapat membantu mengurangi pembengkakan (radang) dan berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit dan menghambat produksi lemak berlebih (astringent) pada jaringan.

Meskipun memiliki efek samping yang cukup serius, periwinkle memiliki manfaat terhadap "kesehatan otak" dengan cara meningkatkan sirkulasi darah di otak, meningkatkan metabolisme otak, meningkatkan kesehatan mental, mencegah masalah memori dan konsentrasi dan kelemahan, meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir, serta mencegah penuaan dini sel-sel otak.

Periwinkle juga dapat digunakan untuk mengobati diare, keputihan, penyakit tenggorokan, peradangan amandel, nyeri dada, mengatasi tekanan darah tinggi, sakit tenggorokan, sakit dan pembengkakan usus (peradangan), sakit gigi, dan retensi air (edema), mempercepat proses penyembuhan luka dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahan kimia dalam periwinkle yang disebut vincamine dapat dikonversi di laboratorium menjadi senyawa vinpocetine, yang dipasarkan sebagai suplemen makanan.

Yang perlu Anda ketahui, walaupun tanaman herbal periwinkle memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan, namun masih diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas periwinkle untuk penggunaan-penggunaan seperti di atas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Dosis Periwinkle

  • Sebagai teh: Tambahkan satu sendok teh serbuk ekstrak periwinkle ke dalam satu cangkir air mendidih.  Aduk selama 10 hingga 15 menit lalu saring. Untuk tujuan pengobatan, Anda dapat meminumnya tiga cangkir setiap hari.
  • Sebagai larutan: 1-2 ml tiga kali sehari.
  • Sebagai obat kumur: Dua sendok makan ramuan kering direbus dalam ½ liter air selama beberapa menit.

Jika ramuan ini dimaksudkan untuk penggunaan obat internal, ramuan itu hanya boleh digunakan di bawah pengawasan penyedia layanan kesehatan profesional seperti dokter dan herbalis.

Efek samping Periwinkle

Periwinkle berpotensi menyebabkan keracunan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Dalam jumlah besar, ramuan ini bisa berbahaya bagi ginjal dan sistem saraf, menyebabkan masalah pada saluran pencernaan dan hipotensi serius. 

Selain itu, tanaman periwinkle mengandung zat yang dapat mengiritasi kulit dan selaput lendir.

Interaksi Periwinkle

Vincamine, atau ekstrak yang mengandung vincamine terstandarisasi, hanya boleh digunakan jika diresepkan oleh dokter. 

Penggunaan obat-obatan yang mengandung vincamine tidak dianjurkan untuk digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain terutama yang berhubungan dengan loop diuretik, pencahar, dan obat aritmia.

Perhatian

  • Penggunaan periwinkle dapat menyebabkan keracunan. Perawatan untuk keracunan periwinkle dapat dilakukan dengan memicu muntah dan pemberian arang aktif.
  • Obat herbal yang mengandung periwinkle tidak disarankan untuk digunakan selama kehamilan.
  • Obat herbal yang mengandung periwinkle tidak disarankan dalam kasus tumor otak atau perdarahan retina

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Periwinkle: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/periwinkle/supplements.htm)
Periwinkle Uses, Benefits & Side Effects. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/periwinkle.html)
Periwinkle: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-476/periwinkle)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app