Seputar Hal Mengenai Keto Diet Yang Harus Anda Ketahui Apa itu Keto Diet?

Dipublish tanggal: Agu 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 20, 2020 Waktu baca: 3 menit
Seputar Hal Mengenai Keto Diet Yang Harus Anda Ketahui Apa itu Keto Diet?

Keto diet atau Diet ketogenik telah menjadi sangat populer baru-baru ini. Penelitian telah menemukan bahwa diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak ini efektif untuk menurunkan berat badan, diabetes dan epilepsi

Ada juga bukti awal untuk menunjukkan bahwa itu mungkin bermanfaat untuk kanker tertentu, penyakit Alzheimer dan penyakit lainnya juga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Bagaimana keto diet dilakukan?

Diet ketogenik biasanya membatasi karbohidrat hingga 20-50 gram per hari. banyak makanan bergizi yang menjadi pilihan dan dapat dengan mudah masuk ke dalam cara makan ini.

Keto diet melibatkan pengurangan asupan karbohidrat dan menggantinya dengan lemak. Pengurangan karbohidrat ini membuat tubuh Anda dalam keadaan metabolisme yang disebut ketosis.

Ketika ini terjadi, tubuh Anda menjadi sangat efisien dalam membakar lemak untuk energi. Proses ketosis juga mengubah lemak menjadi keton di hati, yang dapat memasok energi untuk otak 

Diet ketogenik dapat menyebabkan penurunan gula darah dan kadar insulin. Yang secara bersama diikuti dengan peningkatan keton dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Pengaruh ketosis bagi tubuh

Diet keto bertujuan untuk memaksa tubuh Anda menggunakan berbagai jenis bahan bakar. 

Alih-alih mengandalkan gula (glukosa) yang berasal dari karbohidrat (seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan), diet keto bergantung pada tubuh keton, sejenis bahan bakar yang diproduksi hati dari lemak yang disimpan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Dimana Anda mendapatkan nutrisi keto diet?

Beberapa lemak tak jenuh yang sehat dapat dikonsumsi sebagai diet keto seperti kacang (almond, kenari), biji-bijian, alpukat, tahu, dan minyak zaitun. Tetapi lemak jenuh dari minyak (kelapa sawit, kelapa), lemak, mentega, dan mentega kelapa juga dapat dikonsumsi. 

Protein adalah bagian dari diet keto, tetapi biasanya tidak membedakan antara makanan tanpa protein dan sumber protein yang tinggi lemak jenuh seperti daging merah.

Ada berapa jenis keto diet. Keto diet digolongan dalam beberapa tipe, termasuk:

  • Standard Ketogenic Diet 

Diet rendah karbohidrat, protein sedang dan tinggi lemak. Ini biasanya mengandung 75% lemak, 20% protein dan hanya 5% karbohidrat.

  • Very low carb ketogenic diet

Diet ketogenik standar sangat rendah karbohidrat dan karenanya Ini biasanya akan mengacu pada diet ketogenik standar.

  • Well Formulated Ketogenic Diet 

Jenis diet yang mengikuti tipe yang sama dengan diet ketogenik standar. Diformulasikan dengan baik berarti bahwa makronutrien lemak, protein dan karbohidrat memenuhi rasio diet ketogenik standar dan karenanya memberikan peluang terbaik ketosis di dalam tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38
  • High Protein Ketogenic Diet

Ini mirip dengan diet ketogenik standar, tetapi mencakup lebih banyak protein. Rasio ini sebesar 60% lemak, 35% protein dan 5% karbohidrat.

Sumber makanan utama keto diet

  • Seafood 

Ikan dan kerang adalah makanan yang sangat cocok untuk keto diet. Salmon dan ikan lainnya kaya akan vitamin B, potasium, dan selenium, namun sebenarnya bebas karbohidrat 

Karbohidrat terdapat dalam berbagai jenis kerang yang  bervariasi. Misalnya, udang dan kebanyakan kepiting tidak mengandung karbohidrat,  dan jenis kerang lainnya.

Sayuran yang tidak mengandung zat tepung rendah kalori dan karbohidrat, tetapi mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin C dan beberapa mineral.

  • Keju

Keju tinggi lemak jenuh, tetapi belum terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keju dapat membantu melindungi organ dari penyakit jantung.

Keju juga mengandung asam linoleat terkonjugasi, yang merupakan lemak yang telah dikaitkan dengan kehilangan lemak dan perbaikan komposisi tubuh 

Selain itu, makan keju secara teratur dapat membantu mengurangi hilangnya massa otot dan kekuatan yang terjadi karena penuaan.

  • Telur

Telur adalah salah satu makanan paling sehat.

Satu telur besar mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat dan kurang dari 6 gram protein, menjadikan telur makanan yang ideal untuk gaya hidup ketogenik.

Selain itu, telur telah terbukti memicu hormon yang meningkatkan perasaan kenyang dan menjaga kadar gula darah stabil, yang menyebabkan asupan kalori lebih rendah hingga 24 jam.

  • Daging pilihan

Daging segar kaya akan vitamin B dan beberapa mineral, termasuk kalium, selenium, dan seng. 

Mereka juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, yang telah terbukti membantu menjaga massa otot selama diet sangat rendah karbohidrat. 

Satu studi pada wanita yang lebih tua menemukan bahwa mengonsumsi makanan berlemak tinggi menyebabkan kadar kolesterol HDL 8% lebih tinggi dibandingkan dengan diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Keto vs. paleo: What are the similarities and differences?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326287)
Keto meal plan: Easy 7-day menu and diet tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327309)
Should you try the keto diet?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/should-you-try-the-keto-diet)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Tips Diet Kenyang Ala Dewi Hughes
Tips Diet Kenyang Ala Dewi Hughes

Hanya ada beberapa makanan yang berusaha ia kurangi untuk meningkatkan keberhasilan dietnya tersebut yaitu menghindari gula dan garam, minyak, serta lemak jahat seperti pada gorengan, bahan pengawet, bumbu instan, hingga makanan serta minuman instan dalam kemasan. Adapun yang ia lakukan adalah sebagai berikut:

Buka di app