Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

8 Pola Makan dalam Diet yang Tidak dianjurkan

Update terakhir: DEC 12, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 918.178 orang

8 Pola Makan dalam Diet yang Tidak dianjurkan

Menjalankan diet boleh-boleh saja dilakukan dengan berbagai cara, asalkan tidak melewati batas kewajaran. Menjalankan pola diet yang tidak baik justru akan menimbulkan penyakit baru yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Diet dengan cara yang benar memang tidak akan menurunkan berat badan secara instan. Namun hal ini tidak akan memberikan efek samping di kemudian hari.

Kesalahan dalam diet dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi kesehatan, oleh karena itu Anda harus menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan Anda akibat pola diet yang salah. Untuk menghindari kesalahan dalam berdiet, Anda dapat mengetahui 8 pola makan dalam diet yang tidak dianjurkan, diantaranya:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tidak menghiraukan asupan kalori yang dikonsumsi setiap harinya

Kalori dapat bersumber dari berbagai jenis makanan, termasuk dari minuman yang cepat saji. Padahal, ketika Anda sedang menjalankan program diet, Anda diharuskan untuk membatasi asupan jumlah kalori dalam setiap harinya. Tanpa memperhatikan asupan kalori, maka hal ini akan menggagalkan program diet Anda.

Makan dalam jumlah yang minim

Diet memang bertujuan untuk mengurangi asupan makanan. Namun jika setiap harinya Anda hanya makan makanan dalam jumlah yang sedikit, tentunya hal ini akan mengganggu kesehatan Anda. 

Sedangkan tubuh membutuhkan asupan nutrisi dan protein yang seimbang. Jika program ini terus Anda lakukan, maka akan berpengaruh terhadap massa otot yang menjadi rendah dan meningkatkan jaringan lemak.

Mengkonsumsi makanan tanpa garam

Mengurangi garam memang bisa menurunkan berat badan lebih cepat. Namun bukan berarti Anda tidak makan garam sama sekali. Sedangkan tubuh membutuhkan asupan garam agar bisa memelihara keseimbangan pada cairan tubuh, memproduksi hormon tiroid, menjaga aktivitas pada sel saraf dan meningkatkan fungsi otak

Jika tubuh kekurangan garam, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik.

Menjalankan diet dengan cleanse eating

Cleanse eating merupakan diet yang hanya mengkonsumsi satu jenis minuman atau makanan saja, misalnya jus lemon. Meskipun program ini akan menurunkan brat badan dalam waktu yang lebih singkat, namun tubuh kekurangan banyak nutrisi. Jika hal ini terus terjadi, maka dapat menimbulkan sakit kepala dan sembelit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengkonsumsi obat pengurus badan dengan sembarangan

Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat pengurus badan tanpa pengawasan dari dokter. Karena penggunaan obat pelangsing secara sembarangan dapat berakibat buruk terhadap organ tubuh yang dapat menimbulkan kerusakan maupun kematian.

Menggunakan obat pencahar

Mengkonsumsi obat pencahar agar bisa segera mengeluarkan makanan yang sudah dikonsumsi sering kali dilakukan oleh orang yang ingin cepat kurus. Akan tetapi hal ini dapat menimbulkan bahaya pada kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dehidrasi atau kekurangan cairan.

Menjalankan pola makan abnormal

Menjalankan program diet abnormal bisa menimbulkan kerusakan pada lambung atau sistem pencernaan. Untuk itu Anda tidak diperbolehkan melakukan diet yang secara berlebihan.

Mengkonsumsi rokok

Merokok dapat menekan nafsu makan bagi pecandu rokok, namun jika hal ini terus dilakukan, tentunya hal ini tidak memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Meskipun berat badan dapat menurun, namun kesehatan Anda akan terganggu dengan penyakit ginjal, jantung, sesak napas dan lainnya yang disebabkan karena kebiasaan merokok.

Menjalankan diet yang sehat dan aman dilakukan dengan menerapkan kebutuhan gizi secara seimbang. Artinya, asupan kebutuhan makanan berupa protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin terpenuhi dengan baik.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit