Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

4 Hal Yang Perlu Anda Tanyakan Pada Ahli Gizi Soal Diet

Update terakhir: NOV 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.286.013 orang

4 Hal Yang Perlu Anda Tanyakan Pada Ahli Gizi Soal Diet

Tubuh dengan berat badan ideal adalah salah satu syarat sehat. Untuk mencapai berat badan ideal tersebut, tidak bisa tidak, Anda perlu melakukan diet. Persolannya tidak semua orang berhasil menjalankan program diet. Sebenarnya apa yang salah? Untuk lebih jelasnya, yuk, kita tanyakan langsung pada dr. Jenni M.Gizi. SpGK beberapa masalah umum seputar diet. 

“Saya ingin diet tapi rencana ini selalu gagal karena saya tidak kuasa menahan lapar. Mengapaya, saya sering merasa lapar?”

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jawab: 
Untuk melakukan diet penurunan berat badan, motivasi dalam diri sendiri sangat penting. Keluarga, lingkungan dan teman harus mendukung. Tidak kuasa menahan lapar? Apakah Anda telah memperhatikan pola makan Anda? Apakah Anda makan teratur atau Anda tipe yang suka melewatkan jadwal makan? Bagaimana komposisi makanan Anda? Makanan yang Anda konsumsi setiap hari perlu menyertakan protein dan serat yang cukup. Keberadaan protein dan serat ini akan sangat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. 

Kurangi makanan dan minuman manis. Minum atau makan makanan yang terlalu manis akan membuat Anda lebih cepat lapar.  Jumlah air putih dalam sehari juga penting. Pastikan apakah rasa lapar Anda  karena kurang air  atau  karena kurang makan ?

Alihkan pikiran bila Anda diserang rasa lapar. Misal dengan  mencari kesibukan lain. Makananlah sesuai dengan jadwal, jumlah dan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentu saja pengolahan makanan memegang peranan yang penting dalam mendukung diet Anda. Kurangi makanan yang berlemak, makanan yang digoreng dll.

“Mengapa berat badan saya tidak turun, padahal saya sudah mengurangi kalori? “

Jawab: 
Penurunan berat badan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Pengurangan kalori dalam makanan bukan satu-satunya cara menurunkan berat badan. Usia, genetik, dan penyakit tertentu memengaruhi keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Selain mengurangi jumlah makanan, pemilihan jenis makanan sangatlah penting. 

Protein harus cukup dalam diet Anda. Kecukupan protein akan memperbaiki metabolisme tubuh Anda. Sehingga pembakaran energi menjadi lebih baik. Bila dengan diet tidak berhasil, Anda mungkin harus menyertakan olahraga dalam keseharian Anda. Pemakaian obat-obatan dapat dipertimbangkan bila memang menjadi indikasi. Konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

 “Faktor apa yang membuat seseorang gagal diet? “ 

Jawab: 
Gagal diet biasanya disebabkan berbagai faktor, misalnya 1.kontrol diri yang buruk sehingga lapar mata. 2. Pengetahuan yang salah dalam melakukan diet (pola makan salah)  sehingga menimbulkan kebosanan dll. 3.Pengaruh lingkungan tentu saja sangat memengaruhi keberhasilan diet, misalnya ajakan teman untuk berolahraga, ajakan makan dan pengaruh teman dalam memilih makanan. Selain itu, 4.penggunaan beberapa obat dan penyakit tertentu juga menentukan keberhasilan diet Anda.


“Lebih sehat mana, Dok, minyak kelapa atau minyak sawit?” 

Jawab:
Minyak kelapa adalah minyak yang banyak mengandung lemak jenuh. Konsumsi lemak jenuh dalam diet diharapkan < 7%. Minyak kelapa sawit adalah minyak yang lebih banyak mengandung lemak tidak jenuh. Dalam segi kesehatann lemak tidak jenuh tentu saja lebih baik dari lemak jenuh. 
Namun semua minyak apa pun, bila dipanaskan dan melewati titik didihnya akan teroksidasi. Lemak tersebut akan menjadi lemak trans yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Mungkin sulit bagi kita untuk menghindari penggunaan minyak tersebut terutama orang-orang yang selalu makan di luar. Namun kita bisa mencoba dengan mengurangi konsumsi  makanan-makanan yang dimasak dengan suhu tinggi, misalnya digoreng. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit