HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Makanan dan Diet Sehat

4 Hal Yang Perlu Anda Tanyakan Pada Ahli Gizi Soal Diet

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Sep 16, 2020 Waktu baca: 2 menit
4 Hal Yang Perlu Anda Tanyakan Pada Ahli Gizi Soal Diet

Tubuh dengan berat badan ideal adalah salah satu syarat sehat. Untuk mencapai berat badan ideal tersebut, tidak bisa tidak, Anda perlu melakukan diet. Persolannya tidak semua orang berhasil menjalankan program diet. Sebenarnya apa yang salah?

Pertanyaan soal diet yang patut ditanyakan pada ahli gizi

1. Jadi gagal diet karena tidak kuat menahan lapar, kenapa?

Untuk melakukan diet penurunan berat badan, motivasi dalam diri sendiri sangat penting. Keluarga, lingkungan, dan teman harus mendukung.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Tidak kuasa menahan lapar? Apakah Anda telah memperhatikan pola makan Anda? Apakah Anda makan teratur atau Anda tipe yang suka melewatkan jadwal makan? Bagaimana komposisi makanan Anda? Makanan yang Anda konsumsi setiap hari perlu menyertakan protein dan serat yang cukup. Keberadaan protein dan serat ini akan sangat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. 

Kurangi makanan dan minuman manis. Minum atau makan makanan yang terlalu manis akan membuat Anda lebih cepat lapar.  Jumlah air putih dalam sehari juga penting. Pastikan apakah rasa lapar Anda karena kurang air atau karena kurang makan?

Alihkan pikiran bila Anda diserang rasa lapar. Misal dengan  mencari kesibukan lain. Makananlah sesuai dengan jadwal, jumlah dan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentu saja pengolahan makanan memegang peranan yang penting dalam mendukung diet Anda. Kurangi makanan yang berlemak, makanan yang digoreng dll.

2. Kenapa berat badan tidak turun padahal sudah mengurangi kalori?

Penurunan berat badan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Pengurangan kalori dalam makanan bukan satu-satunya cara menurunkan berat badan.

Usia, genetik, dan penyakit tertentu memengaruhi keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Selain mengurangi jumlah makanan, pemilihan jenis makanan sangatlah penting. 

Protein harus cukup dalam diet Anda. Kecukupan protein akan memperbaiki metabolisme tubuh Anda, sehingga pembakaran energi menjadi lebih baik. Bila dengan diet tidak berhasil, Anda mungkin harus menyertakan olahraga dalam keseharian Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Pemakaian obat-obatan dapat dipertimbangkan bila memang menjadi indikasi. Konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya.

3. Apa penyebab saya gagal diet?

Gagal diet biasanya disebabkan berbagai faktor, antara lain:

  • Lapar mata, sehingga tidak bisa mengontrol diri
  • Pengetahuan yang salah dalam melakukan diet (pola makan salah) sehingga menimbulkan kebosanan
  • Pengaruh lingkungan, misalnya ajakan teman untuk berolahraga, ajakan makan, dan pengaruh teman dalam memilih makanan
  • Penggunaan beberapa obat dan penyakit tertentu

4. Lebih sehat mana, minyak kelapa atau minyak sawit? 

Minyak kelapa adalah minyak yang banyak mengandung lemak jenuh. Konsumsi lemak jenuh dalam diet diharapkan < 7%. Sedangkan minyak kelapa sawit adalah minyak yang lebih banyak mengandung lemak tidak jenuh.

Dalam segi kesehatan, lemak tidak jenuh tentu saja lebih baik dari lemak jenuh. Namun semua minyak apa pun, bila dipanaskan dan melewati titik didihnya akan teroksidasi. Lemak tersebut akan menjadi lemak trans yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Mungkin sulit bagi kita untuk menghindari penggunaan minyak tersebut terutama orang-orang yang selalu makan di luar. Namun kita bisa mencoba dengan mengurangi konsumsi  makanan-makanan yang dimasak dengan suhu tinggi, misalnya digoreng. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
27 Health and Nutrition Tips That Are Actually Evidence-Based. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/27-health-and-nutrition-tips)
9 most popular diets rated by experts 2017. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/5847.php)
Healthy Eating - How to Eat Clean, Dealing With Barriers to a Healthy Diet. WebMD. (https://www.webmd.com/women/guide/nutrition-101-how-to-eat-healthy)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app