Sensitif Dingin - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 30, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 660.582 orang

Intoleransi dingin adalah suatu kondisi ketika Anda sangat sensitif terhadap suhu dingin. Intoleransi dingin lebih parah daripada rasa dingin yang normalnya Anda rasakan ketika Anda berada di luar ruangan pada hari yang dingin.

Beberapa orang cenderung merasa kedinginan, terutama pada seseorang yang memiliki masalah kesehatan kronis atau sedikitnya kadar lemak dalam tubuhnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Jika Anda memiliki intoleransi dingin, kemungkinan besar Anda akan mengeluh kedinginan ketika orang lain di sekitar Anda merasa nyaman atau bahkan merasa hangat meskipun berada di tempat yang sama. 

Dengan menambahkan lapisan pakaian tambahan mungkin tidak dapat menghilangkan rasa kedinginan Anda. Kemungkinan Anda juga mengalami rasa sensitif terhadap dingin di bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda, seperti tangan Anda.

Temui dokter Anda untuk mengevaluasi jika Anda tidak memiliki riwayat intoleransi dingin, dan masalah lainnya. Pengobatan masalah ini akan tergantung pada diagnosis yang Anda miliki.

Apa yang menyebabkan intoleransi dingin?

Suhu tubuh Anda diatur oleh beberapa sistem yang berbeda. Pada bagian otak yang disebut hipotalamus yang bertindak sebagai pengatur suhu tubuh. Bagian otak ini mengirim pesan ke tubuh yang mengatur produksi panas atau cara untuk mendinginkan tubuh Anda.

Hipotalamus juga mengarahkan kelenjar tiroid untuk meningkatkan atau menurunkan metabolisme tubuh Anda. Tiroid adalah bagian penting untuk mengatur suhu tubuh. Kelenjar ini harus berfungsi dengan baik untuk membakar kalori dalam tubuh untuk menciptakan panas dan bahan bakar tubuh.

Aliran darah Anda membantu menyebarkan panas keseluruh tubuh dan lemak tubuh Anda yang juga membantu mempertahankannya. Intoleransi dingin dapat menjadi akibat dari suatu masalah dengan satu atau kombinasi dari proses tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Intoleransi dingin juga dapat disebabkan oleh buruknya kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, atau bisa juga merupakan gejala dari berbagai kondisi kesehatan, termasuk:

  • Anemia. Kondisi ketika Anda kekurangan sel darah merah yang sehat.
  • Anoreksia. Gangguan makan ini menyebabkan hilangnya lemak dalam tubuh.
  • Hipotiroidisme. Gangguan ini terjadi ketika tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid.
  • Masalah pembuluh darah. Gangguan ini (seperti fenomena Raynaud) membatasi aliran darah ke ekstremitas Anda.
  • Gangguan hipotalamus. Area otak ini menghasilkan hormon yang mengontrol suhu tubuh.
  • Fibromyalgia. Kondisi kronis ini menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di seluruh tubuh.

Kulit yang sebelumnya terluka, seperti pada frosbite, dapat tetap sensitif terhadap dingin bahkan setelah luka tersebut telah sembuh.

Mendiagnosis intoleransi dingin

Jika kondisi ini merupakan suatu gejala yang baru, dan tidak membaik, Anda harus pergi ke dokter untuk pemeriksaan medis yang lengkap. Dokter Anda akan melihat riwayat medis Anda dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Anda, termasuk:

  • Apakah Anda memiliki riwayat penyakit sebelumnya?
  • Apakah Anda mengkonsumsi obat atau suplemen yang diresepkan atau yang dijual bebas?
  • Kapan Anda mulai mengalami intoleransi dingin?
  • Apakah gejala Anda semakin buruk?
  • Apakah ada saat dimana Anda mengeluh kedinginan ketika orang lain di sekitar Anda tidak?
  • Apakah Anda memiliki gejala lain?
  • Apakah Anda makan dengan baik dan berolahraga secara teratur?

Tergantung pada hasil pemeriksaan fisik yang didapat, dokter Anda dapat mengajukan beberapa tes tambahan, termasuk tes darah dan tes kadar hormon, untuk menentukan apakah Anda memiliki penyakit yang mendasarinya.

Pengobatan untuk intoleransi dingin

Intoleransi dingin bukanlah suatu penyakit, hal ini merupakan gejala dari kondisi yang mendasarinya. Pengobatan akan sepenuhnya bergantung pada diagnosis yang Anda terima dari dokter. Penyebab intoleransi dingin yang dapat Anda tangani meliputi:

Anemia
Jika Anda menderita anemia, pengobatan akan didasarkan pada penyebab anemia. Pengobatan ini mungkin dengan mengkonsumsi suplemen zat besi.

Anoreksia
Mengobati anoreksia adalah suatu proses pengobatan yang jangka panjang. Obat-obatan dapat digunakan untuk mengatasi gejala tertentu. Dukungan tim medis yang lengkap, termasuk ahli nutrisi dan gaya hidup yang sehat, pada umumnya dibutuhkan. Juga disarankan agar Anda bekerja dengan konselor psikologis dan organisasi yang mendukung.

Hipotiroidisme
Hipotiroidisme diobati dengan hormon sintetis oral yang diminum setiap hari. Perawatan biasanya seumur hidup, tetapi dosis dapat disesuaikan dari waktu ke waktu.

Masalah pembuluh darah
Masalah pembuluh darah dapat ditangani dengan berbagai cara, tergantung pada penyebabnya. Pembedahan dan pengobatan dapat digunakan pada kasus pembuluh darah yang parah.

Gangguan hipotalamus
Gangguan hipotalamus dapat diobati berdasarkan penyebab yang spesifik. Pengobatan termasuk pembedahan atau radiasi untuk tumor, penggantian hormon, atau prosedur untuk menghentikan pendarahan atau infeksi.

Fibromyalgia
Pengobatan untuk fibromyalgia umumnya ditargetkan untuk menghilangkan gejala-gejalanya. Pilihannya termasuk obat untuk nyeri, terapi fisik, dan terapi perilaku kognitif.

Bagaimana pandangan untuk intoleransi dingin?

Jika Anda menderita intoleransi dingin, pastikan untuk berpakaian dengan benar selama cuaca dingin. Kenakan pakaian yang hangat dan jaga agar area yang paling sensitif tertutup untuk mencegah paparan dingin. Pada cuaca yang sangat dingin, cobalah untuk tetap berada di dalam ruangan. 

Jika Anda berpikir bahwa Anda mungkin menderita intoleransi dingin atau kondisi medis lainnya, segera hubungi dokter Anda. Dokter dapat mencari tahu apakah Anda memiliki masalah medis yang mendasarinya dan Anda dapat memulai pengobatan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit