HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kesehatan Fisik

Mengenal Peran Dokter Reumatologi

Dipublish tanggal: Sep 19, 2019 Update terakhir: Jun 18, 2020 Waktu baca: 3 menit

Penyakit yang berhubungan dengan sendi, otot, tulang, dan jaringan lunak merupakan cabang ilmu dari penyakit dalam khusus yaitu reumatologi atau reumatisme. 

Seorang dokter yang fokus untuk mendalami cabang ilmu kedokteran ini sering dikenal sebagai dokter spesialis reumatologi.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Dokter reumatologi merupakan dokter spesialis penyakit dalam yang mengambil pendidikan lanjutan atau subspesialisasi di bidang reumatologi. 

Setelah masa studinya selesai, seorang dokter dapat membuka praktek sendiri atau bekerja di rumah sakit maupun tergabung dalam suatu tim kedokteran yang berperan untuk menangani kesehatan pasien dan memberikan pengobatan yang berhubungan dengan penyakit reumatologi.

Penyakit yang dapat ditangani Dokter Reumatologi

Ada beragam jenis penyakit yang dapat mempengaruhi sendi, otot, tulang, dan jaringan lunak atau dikenal dengan penyakit rematik. Di bawah ini adalah daftar penyakit yang dapat ditangani oleh dokter reumatologi, seperti:

Sebelum pasien bertemu dengan dokter reumatologi, biasanya dokter umum akan melakukan diagnosis dan pemeriksaan awal yang setelah itu akan dirujuk ke dokter spesialis reumatologi untuk penanganan lebih lanjut.

Prosedur Medis yang bisa dilakukan Dokter Reumatologi

Untuk mengetahui diagnosis penyakit pasien, biasanya dokter reumatologi akan melihat hasil pemeriksaan medis pasien sebelumnya, kemudian melakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis yang lengkap yang dikeluhkan oleh pasien. 

Baru setelah itu, untuk lebih meyakinkan lagi penyakit apa yang diderita oleh pasiennya, dokter reumatologi menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1
  • Pemeriksaan radiologi: Rontgen, tes kepadatan tulang (bone densitometry), USG, CT-scan dan MRI.
  • Pemeriksaan laboratorium: pemeriksaan kerusakan tulang akibat arthritis (anti-cyclic citruallinated peptide antibody/anti-CCP), pemeriksaan protein C-reaktif (C-reactive protein/CRP), pemeriksaan laju endap darah (LED), pemeriksaan darah lengkap, serta analisa cairan sendi.

Setelah melakukan diagnosis, dokter reumatologi akan memberikan metode perawatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien, seperti terapi obat-obatan, fisioterapi, serta edukasi tentang gaya hidup sehat. 

Untuk kasus tertentu, dokter reumatologi akan memberikan obat-obatan yang disuntikkan ke sendi dan jaringan ikat yang bermasalah.

Bagi pasien yang membutuhkan fisioterapi, biasanya dokter reumatologi akan merujuk pasien ke dokter spesialis rehabilitasi medic. 

Ada hal yang perlu diingat mengenai pengobatan yang dilakukan oleh dokter reumatologi, yaitu pengobatan yang diberikan bersifat nonbedah bukan pengobatan yang bersifat bedah.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Dokter Reumatologi

Rasa nyeri yang seringkali muncul di bagian persendian, otot, dan tulang dapat ditangani langsung oleh dokter umum. Namun untuk keadaan tertentu, Anda harus memeriksakan diri segera ke dokter reumatologi jika mengalami gejala berupa:

  • Timbul rasa nyeri berat di bagian sendi dan otot.
  • Merasakan pembengkakan dan kemerahan pada satu atau lebih sendi.
  • Menurunnya fungsi sendi, sehingga Anda kesulitan untuk menggerakkan sendi.
  • Terdapat perubahan bentuk tulang dan sendi.
  • Merasakan rasa kaku di sendi dan otot yang membatasi pergerakan Anda selama beraktivitas.

Yang perlu dipersiapkan sebelum bertemu Dokter Reumatologi

Ada pun hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum bertem dokter reumatologi untuk memudahkan dokter dalam mendiagnosis kondisi Anda, yaitu:

  • Cari tahu terlebih dahulu riwayat penyakit keluarga yang mungkin menderita rematik atau gangguan system kekebalan tubuh.
  • Tulislah alergi yang mungkin Anda miliki dan daftar obat-obatan yang sedang dikonsumsi (termasuk suplemen dan obat-obatan herbal).
  • Catatlah semua gejala dan keluhan yang Anda rasakan secara detail.
  • Bawalah semua hasil pemeriksaan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Selain persiapan yang tertera di atas, Anda juga harus mempersiapkan biaya pengobatan ke dokter reumatologi karena pengobatan untuk penyakit sendi, otot, tulang, dan jaringan lunak membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
7 Tips for Finding a Rheumatologist If You Have Ankylosing Spondylitis. Healthline. (https://www.healthline.com/health/ankylosing-spondylitis/finding-a-rheumatologist)
What is a rheumatologist? Medical conditions, procedures, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326749.php)
What to Expect When You Visit a Rheumatologist’s Office. WebMD. (https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/rheumatologist-visit)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app