Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Saluran Air Mata yang Tersumbat: Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 677.883 orang

Ketika Anda memiliki saluran air mata yang tersumbat, air mata Anda tidak dapat mengalir secara normal, dan membuat Anda memiliki mata yang berair dan mudah teriritasi. Saluran air mata yang tersumbat biasanya disebabkan oleh obstruksi parsial atau komplit dalam sistem drainase air mata.

Saluran air mata yang tersumbat sering terjadi pada bayi yang baru lahir. Kondisi ini biasanya membaik tanpa pengobatan selama tahun pertama kehidupan. Pada orang dewasa saluran air mata yang tersumbat mungkin dikarenakan cedera, infeksi atau tumor.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Saluran air mata yang tersumbat hampir selalu dapat diperbaiki. Pengobatan tergantung pada penyebab penyumbatan dan usia orang yang terkena.

Apa yang menyebabkan Saluran Air Mata yang Tersumbat?

Penyebab Saluran Air Mata yang Tersumbat

Saluran air mata yang tersumbat dapat terjadi pada usia berapa pun. Mereka bahkan dapat hadir saat lahir (bawaan). Penyebab meliputi:

  • Penyumbatan karena bawaan lahir.
  • Penyumbatan terkait usia. Seiring bertambahnya usia, lubang kecil yang mengalirkan air mata (puncta) mungkin semakin menyempit, dan menyebabkan penyumbatan.
  • Infeksi atau peradangan.
  • Cidera atau trauma.
  • Tumor.
  • Obat tetes mata.
  • Pengobatan kanker. Saluran air mata yang tersumbat adalah kemungkinan efek samping dari obat kemoterapi dan pengobatan radiasi untuk kanker.

Tanda dan gejala Saluran Air Mata yang Tersumbat meliputi:

  • Robekan yang berlebihan
  • Kemerahan pada bagian putih mata
  • Infeksi atau peradangan mata yang berulang (mata merah muda)
  • Pembengkakan yang nyeri di dekat sudut mata bagian dalam
  • Kerusakan pada kelopak mata
  • Lendir atau nanah keluar dari kelopak mata dan permukaan mata
  • Penglihatan kabur

Bagaimana cara mencegah Saluran Air Mata yang Tersumbat?

Untuk mengurangi risiko tersumbatnya saluran air mata di kemudian hari, segera dapatkan perawatan peradangan mata atau infeksi. Ikuti tips ini untuk menghindari infeksi mata sejak awal:

  • Cuci tangan Anda dengan bersih sebelum menyentuh daerah wajah
  • Cobalah untuk tidak menggosok-gosok mata Anda.
  • Ganti eyeliner dan maskara Anda secara teratur. Jangan pernah berbagi kosmetik ini dengan orang lain.

Jika Anda mengenakan lensa kontak, jaga kebersihan lensa kontak Anda sesuai rekomendasi yang diberikan oleh produsen dan spesialis mata Anda.

Bagaimana cara mengatasi Saluran Air Mata yang Tersumbat?

Diagnosa Saluran Air Mata yang Tersumbat

Untuk mendiagnosis kondisi Anda, dokter akan membicarakan gejala-gejala Anda, memeriksa mata, dan melakukan beberapa pemeriksaan. Dokter juga akan memeriksa bagian dalam hidung Anda untuk menentukan apakah ada gangguan struktural pada saluran hidung Anda yang menyebabkan penyumbatan. 

Jika dokter Anda mencurigai adanya saluran air mata yang tersumbat, dokter mungkin akan  meminta Anda menjalani pemeriksaan lain untuk menemukan lokasi penyumbatan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pemeriksaan yang digunakan untuk mendiagnosis saluran air mata yang tersumbat meliputi:

  • Tes drainase air mata
    Tes ini mengukur seberapa cepat air mata Anda mengalir. Satu tetes pewarna khusus ditempatkan pada permukaan setiap mata. Anda mungkin memiliki saluran air mata yang tersumbat jika setelah lima menit sebagian besar pewarna masih ada di permukaan mata Anda.
  • Irigasi mata 
    Dokter Anda mungkin akan menyiram larutan garam melalui sistem drainase air mata Anda untuk memeriksa seberapa baik aliranya. Atau dokter dapat memasukkan instrumen kecil (probe) melalui lubang drainase kecil di sudut mata Anda (puncta) untuk memeriksa adanya penyumbatan.
  • Tes pencitraan mata 
    Untuk prosedur ini, pewarna kontras dilewatkan dari puncta di sudut mata Anda melalui sistem drainase air mata Anda. Kemudian menggunakan X-ray, computerized tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI) untuk menemukan lokasi dan penyebab penyumbatan.

Pengobatan Saluran Air Mata yang Tersumbat

Perawatan Anda tergantung pada apa yang menyebabkan saluran air mata tersumbat. Jika tumor yang menyebabkan saluran air mata tersumbat, pengobatan akan fokus pada penyebab tumor tersebut. 

Pembedahan dapat dilakukan untuk mengangkat tumor, atau dokter Anda dapat merekomendasikan menggunakan pengobatan lain untuk mengecilkannya. Pengobatan tersebut meliputi:

  • Obat tetes mata antibiotik atau pil
  • Pelebaran, pemeriksaan dan pembilasan mata.
  • Pelebaran dengan kateter balon.
  • Stenting atau intubasi.

Operasi Saluran Air Mata yang Tersumbat

Operasi yang biasa digunakan untuk mengobati saluran air mata yang tersumbat disebut dacryocystorhinostomy.  Prosedur ini dilakukan dengan cara membuka saluran untuk mengeluarkan air mata dari hidung Anda. 

Langkah pertama, Anda akan diberikan bius total, atau bius lokal jika dilakukan sebagai prosedur rawat jalan. Langkah-langkah dalam prosedur ini bervariasi, tergantung pada lokasi yang tepat dan tingkat penyumbatan Anda, serta pengalaman dokter bedah Anda.

  • Prosedur eksternal
    Dengan dacryocystorhinostomy eksternal, dokter bedah Anda membuat sayatan di sisi hidung Anda, di dekat tempat kantong air mata berada.
  • Endoskopi atau endonasal
    Dengan metode ini, dokter bedah Anda menggunakan kamera mikroskopis dan instrumen kecil lainnya yang dimasukkan melalui lubang hidung ke sistem saluran air mata Anda. Metode ini tidak memerlukan sayatan sehingga tidak meninggalkan bekas luka. Tetapi tingkat keberhasilannya tidak setinggi prosedur eksternal.

Setelah operasi, Anda akan menggunakan semprotan hidung dan obat tetes mata untuk mencegah infeksi dan mengurangi peradangan. Setelah tiga hingga enam bulan, Anda dapat kembali ke dokter untuk menghilangkan stent yang digunakan untuk menjaga saluran air mata baru tetap terbuka selama proses penyembuhan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit