Kebiasaan Sehat

Bingung Harus Pakai Kacamata Atau Lensa Kontak? Ini Pertimbangannya

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jul 1, 2019 Waktu baca: 2 menit
Bingung Harus Pakai Kacamata Atau Lensa Kontak? Ini Pertimbangannya

Kacamata atau lensa kontak sama-sama bisa memperbaiki penglihatan jadi lebih jernih dan jelas. Namun, Anda mungkin punya alasan tersendiri saat memilih salah satunya.

Ada yang lebih nyaman pakai kacamata, tapi ada juga yang justru merasa lebih modis dengan lensa kontak. Bingung harus memilih yang mana? Sebaiknya cari tahu dulu keuntungan dan kerugian keduanya supaya tidak salah pilih.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Kacamata atau lensa kontak, harus pakai yang mana?

Anda sebaiknya pakai kacamata kalau...

Bagi Anda yang tidak berani memasang lensa kontak langsung ke mata atau malas membersihkannya setiap hari, sebaiknya pilihlah kacamata. Anda hanya tinggal memakai kacamata dan bisa langsung beraktivitas, tanpa harus repot membersihkan dan memasang softlens setiap hari.

Penggunaan kacamata dapat meminimalisir terjadinya infeksi mata, sebab Anda tidak perlu menyentuh mata secara langsung. Mata Anda juga lebih terlindungi dari debu, asap, pasir, atau serpihan yang bisa mengiritasi mata.

Untungnya lagi, kacamata juga dapat mengukur jumlah cahaya yang masuk ke mata supaya penglihatan Anda terasa nyaman. Lensa kacamata bahkan dapat memblokir paparan sinar UV 100% sehingga ini tidak hanya melindungi bagian mata saja, tapi juga kelopak mata Anda.

Bagi Anda yang memiliki kondisi mata kering, kacamata cenderung lebih baik untuk Anda. Pasalnya, softlens dapat menghalangi jumlah oksigen yang memasuki mata sehingga bisa memperparah mata kering.

Dari segi harga, kacamata cenderung lebih murah daripada softlens. Ini karena softlens memiliki batas kedaluwarsa sehingga harus sering diganti supaya mata tidak terinfeksi. 

Anda lebih cocok pakai lensa kontak jika...

Bagi Anda yang merasa pandangannya terbatas karena terhalang frame kacamata, maka lensa kontak bisa jadi pilihan tepat. Permukaan softlens akan menempel secara penuh di bagian kornea mata, jadi mata Anda akan terlihat lebih natural. Softlens juga tidak akan menyisakan bekas-bekas frame di hidung atau tekanan berlebih di telinga seperti halnya kacamata.

Dengan memakai softlens, Anda dapat bebas beraktivitas atau berolahraga tanpa takut kacamata jatuh atau pecah. Anda pun bisa tampil modis dan fashionable dengan menggonta-ganti warna softlens setiap hari. Namun ingat, Anda wajib membersihkan softlens setiap hari dan menggantinya dengan rutin untuk mencegah infeksi mata.

Lagi-lagi, pemilihan kacamata atau lensa kontak memang tergantung dari kebutuhan pribadi. Bila nantinya Anda memilih lensa kontak, Anda tetap perlu siap sedia kacamata cadangan yang sesuai resep mata. Hal ini bisa menjadi pertolongan pertama kalau nantinya Anda mengalami iritasi atau infeksi mata karena softlens. 

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Contact lenses: a look at the risks and recommendations. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/298702.php)
Do I Need Glasses? Test, Reading, Headaches, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/do-i-need-glasses)
Contact Lenses: Get Facts About Different Types. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/contact_lenses_colored_soft_hard_toric_and_bifoc/article.htm)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app