Ruam Kulit - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.029.457 orang

Ruma kulit adalah salah satu keluhan yang sering dialami. Ruam ditandai dengan munculnya kelainan pada kulit sperti perubahan warna dan tekstur, 

terkadang ruam juga dibarengi rasa gatal, panas, perih atau menyengat. Selain menimbulkan rasa tak nyaman, ruam juga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Untuk itu baiknya mengenal kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya ruam pada kulit dan apa saja tips ampuh untuk mengatasinya. Dengan harapan dapat membantu Anda untuk mengantisipasi dan mengambil tindakan saat ruam terjadi.

Kenali Terlebih Dahulu Apa itu Ruam Pada Kulit

Secara umum, ruam dapat dikatakan sebagai bentuk peradangan dan terjadinya perubahan warna pada kulit. Ada beberapa hal akan dirasakan saat Anda mengalami ruam, seperti benjol, terkelupas, bersisik, dan gatal-gatal.

Hal ini turut menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit Anda. Ruam pada kulit umumnya dapat terjadi karena kulit Anda mengalami reaksi alergi, terbentur atau terkena benda asing.

Selanjutnya, setelah mengenal apa itu ruam pada kulit, saatnya untuk Anda mengetahui beberapa penyebab terjadinya ruam kulit.

Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik merupakan kelainan yang terjadi pada kulit kepala maupun kulit pada bagian tubuh lainnya, dimana kulit banyak memiliki kelenjar minyak

Biasanya area-area yang dimaksud tidak lain adalah wajah, punggung dan dada bagian atas. Area tubuh yang terkena dermatitis seboroik akan mengalami kulit kemerahab dan terkelupas. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Namun, tidak perlu khawatir terhadap penderitanya, karena penyakit ini tidak menular. Namun, kondisinya bisa semakin parah apabila tidak ditangani segera.

Alergi Obat

Alergi pada obat-obatan memang dapat terjadi pada beberapa orang. Hal inilah yang kemudian menjadi pemicu munculnya ruam kulit. 

Pada beberapa orang, alergi pada obat dapat menimbulkan iritasi pada kulit, kulit menjadi kemerahan dan benjol. Ruam akan hilang sendiri ketika penggunaan obat pemicu ruam dihentikan, namun apabila ruam tidak kunjung hilang, Anda diharapkan untuk segera mengunjungi dokter.

Kurap

Tinea atau kurap ialah salah satu jenis penyakit kulit yang juga tergolong dalam ruam kulit. Kurap sendiri disebabkan oleh sejenis jamur, adapun bagian tubuh yang sering diserang adalah kepala, selangkangan, kuku dan juga kaki. 

Kurap juga dapat menyerang siapa saja, namun umumnya banyak ditemukan pada anak-anak. Bentuk ruam kurap dapat dikenali dengan ruam berbentuk bulat atau oval dengan garis pinggir yang tidak merata dan terasa gatal. Jika tidak ditangani dengan tepat, kurap dapat menyebar ke bagian lain.

Pengobatan Ruam Secara Alami

Pengobatan ruam dapat dilakukan dengan pengunaan obat oles, yang diresepkan oleh dokter. Namun apabila Anda ingin mencoba beberapa campuran alami, dibawah ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

  • Minyak zaitun, Anda tinggal gosokkan tanpa campuran ataupun dengan campuran madu pada kulit yang terkena ruam. Lakukan secara rutin hingga ruam benar-benar hilang.
  • Lidah buaya, Anda tinggal oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terkena ruam. Jangan lupa untuk mendiamkannya selama kurang lebih 20 menit. Lakukan secara rutin minimal tiga kali dalam sehari.
  • Lakukan pengompresan Dingin, hal ini bisa Anda lakukan saat ruam yang Anda alami diakibatkan oleh panas. Anda tinggal menggunakan air es untuk mengompres area yang terkena ruam. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Ingat, saat melakukannya, gunakan handuk kecil bersih sebagai pengompres.
  • Cuka apel, caranya cukup mudah, Anda tinggal celupkan cotton ball ke dalam cairan cuka apel, kemudian oleskan pada daerah yang terkena infeksi/ ruam. Diamkan beberapa menit dan angkat. Lakukan hal ini secara rutin untuk beberapa hari hingga ruam terlihat hilang. Namun, apabila saat pemakaian cuka apel secara langsung, Anda mengalami iritasi, maka lakukanlah pengenceran dengan air sebelumnya baru kemudian oleskan dengan cotton ball.

Seperti alergi kulit pada umumnya, ruam dapat timbul karena reaksi tubuh terhadap benda asing yang tidak dapat diterima tubuh sehingga tubuh mengeluarkan tanda bahaya. Umumnya ruam dapat diobati dengan mudah dan hilang tanpa bekas.

Namun jika ruam dibarengi dengan reaksi lain seperti demam, muntah atau reaksi negatif lainnya, dan apabila ruam tidak kunjung hilang dalam periode berkepanjangan, Anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit