Roccutane, Obat Jerawat Yang Ampuh Atasi Jerawat

Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 18, 2020 Waktu baca: 3 menit
Roccutane, Obat Jerawat Yang Ampuh Atasi Jerawat

Mengenai Jerawat

Jerawat atau acne vulgaris adalah suatu peradangan pada daerah wajah karena pori-pori pada kulit tertutup oleh debu dan kuman, peningkatan sebum(minyak) di wajah, dan proses inflamasi.  

Pori-pori wajah terhubung oleh kelenjar sebum di folikel rambut. Kelenjar sebum membentuk minyak di wajah. Jerawat tidak hanya muncul di wajah, peradangan ini juga dapat muncul di leher, dada, punggung, dan lengan anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Adanya jerawat tidak hanya sebatas faktor luar. Pada beberapa orang, munculnya jerawat bisa diakibatkan faktor genetik dari orang tua. Jerawat yang diturunkan dari orang tua ke anaknya mencapai 45%. 

Faktor lain yang dominan adalah hormon. Pada wanita, ketidakseimbangan hormon pada menstruasi mengundang timbulnya jerawat, tepatnya pada sebelum menstruasi. Faktor lainnya seperti stres, lingkungan, dan makanan juga berpengaruh.

Tahap pembentukan jerawat dimulai dari munculnya blackheads atau yang kita sering sebut komedo. Komedo masih membentuk pori terbuka dan belum menyebabkan peradangan. 

Bakteri yang menetap lama di komedo akan menjadi whiteheads atau closed comedo, peradangan dimulai dengan pembentukan pus berwarna putih yang telah masuk ke dalam pori-pori kulit. 

Jerawat yang telah mengalami peradangan kronis dinamakan pustul. Bentuknya bintik besar dengan pus putih ditengah ditambah terdapat kemerahan di sekitarnya. Pustul bisa berkelompok atau menyebar dan terkadang terasa nyeri.

Pustul yang tidak diobati dapat menjadi nodul. Nodul berbentuk bulat, licin, berukuran sekitar lebih dari 10 milimeter yang didalamnya terdapat pus akibat peradangan yang tidak diobati. Nodul dapat juga tumbuh sendiri tanpa pembentukan pustul atau komedo sekalipun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Apa itu Roaccutane?

Roaccutane mengandung bahan aktif isotretinoin yang banyak digunakan untuk mengobati jerawat. Roaccutane termasuk dalam kelompok obat yang disebut retinoid, yang mirip dengan vitamin A.

Retinoid bekerja dengan mengurangi jumlah zat berminyak yang dibuat oleh kelenjar di kulit Anda, mengurangi bakteri dan peradangan dan membuka pori-pori yang tersumbat. 

Ada banyak jenis obat yang digunakan untuk mengobati jerawat. Roaccutane digunakan untuk kasus jerawat yang parah.

Vitamin A pada Roaccutane

Roaccutane adalah turunan dari vitamin A dan bagian dari keluarga yang sama dengan retinol, dan hanya dapat diresepkan oleh dokter spesialis kulit. 

Jenis obat ini digunakan dalam kasus jerawat yang parah ketika pengobatan lini pertama dan kedua termasuk retinoid topikal, antibiotik topikal dan oral, dan hal-hal seperti pil kontrasepsi tidak memberikan dampak baik.

Mengurangi produksi kelenjar minyak

Roaccutane adalah obat anti-inflamasi yang menyerang kelenjar sebasea di kulit dan mengurangi produksi minyak. Selain itu, obat ini juga membantu mengurangi jumlah bakteri yang hidup di kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Efek kombinasi dari berkurangnya produksi minyak alami, berkurangnya jumlah bakteri penyebab jerawat dan berkurangnya peradangan semua membantu mencegah jerawat.

Kontraindikasi pemberian roaccutane

Kapsul isotretinoin disarankan untuk digunakan remaja dan orang dewasa dengan jerawat parah. Jangan memberikan kapsul isotretinoin kepada anak-anak di bawah usia 12 tahun atau sebelum pubertas.

Jangan megonsumsi kapsul isotretinoin apabila:

  • Memiliki reaksi alergi terhadap isotretinoin, kedelai (kapsul mengandung kedelai) atau obat lain di masa lalu
  • Memiliki kelainan pencernaan bawaan yang disebut intoleransi fruktosa  karena kapsul roaccutane mengandung sorbitol
  • Memiliki penyakit hati
  • Memiliki kadar lemak darah yang sangat tinggi (mis. Kolesterol tinggi atau trigliserida)
  • Memiliki tingkat vitamin A yang sangat tinggi dalam tubuh Anda (hypervitaminosis A)
  • Dalam pengobatan dengan tetrasiklin  secara bersamaan
  • Jika Anda sedang hamil atau menyusui

Roaccutane tersedia dalam dosis 10 miligram dan 20 miligram kapsul.

Efek samping Roaccutane

Obat ini juga memberikan beberapa efek samping, namun tidak semua orang dapat mengalaminya.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cunliffe, W & Kerkhof, P & Caputo, R & Cavicchini, Stefano & Cooper, A & Fyrand, O & Gollnick, Harald & Layton, Alison & Leyden, J & Mascaro, Jose & Ortonne, J & Shalita, A. (1997). Roaccutane Treatment Guidelines: Results of an International Survey. Dermatology (Basel, Switzerland). 194. 351-7. 10.1159/000246134. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/13966906_Roaccutane_Treatment_Guidelines_Results_of_an_International_Survey)
Isotretinoin capsules (Roaccutane): medicine to treat acne. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/medicines/isotretinoin-capsules/)
ROACCUTANE 10MG SOFT CAPSULES. Drugs.com. (https://www.drugs.com/uk/roaccutane-10mg-soft-capsules-leaflet.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app