Perawatan Wajah

Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Mei 8, 2019 Waktu baca: 1 menit
Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Jerawat merupakan suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh kelebihan produksi minyak dan ditandai oleh papula (berbintil)- pustula (bintil berisi nanah) pada permukaan kulit. 

Pustula bisa pecah menjadi luka terbuka, yang dapat menghasilkan bekas luka (bekas jerawat) jika tidak sembuh dengan baik.  Jadi walaupun kita telah berhasil mengobati atau menghilangkan jerawat tapi tidak selesai sampai disitu, tugas kita selanjutnya yaitu menghilangkan bekas jerawat baik berupa perubahan warna menjadi hitam, kering, berlubang atau menjadi jaringan parut yang keras.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b02 perawatan facial

Anda dapat meghilangkan bekas jerawat secara alami dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Tujuan menghilangkan bekas jerawat secara alami ini adalah untuk meminimalkan munculnya bekas jerawat dengan mengurangi perubahan warna bekas jerawat yang menghitam dan membuat jaringan parut menjadi lebih lembut.

Langkah menghilangkan bekas jerawat secara alami

Berikut langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat secara alami :

Langkah 1- Menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

Mengencerkan jus lemon dengan satu cangkir air. Oleskan campuran ke bekas luka jerawat dengan kain handuk yang bersih. Tahan kain ke bekas jerawat selama beberapa menit setiap hari. Asam sitrat dan vitamin C yang terkandung dalam jus lemon dapat menghapus beberapa pigmen kulit yang membuat bekas jerawat berwarna hitam.

Langkah 2 - Mengangkat sel kulit mati pada bekas jerawat

Oleskan dengan tipis madu di atas bekas luka jerawat dan biarkan mengering. Bersihkan madu dengan mencuci wajah menggunakan sabun lembut dan air hangat, dan tepuk kulit dengan handuk lembut untuk mengeringkannya. Perawatan ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit yang menimbulkan bekas jerawat yang jelas.

Langkah 3 - Melembabkan dan melembutkan bekas jerawat

Oleskan minyak zaitun lembut ke bekas jerawat. Perawatan ini dapat melembabkan kulit dan melembutkan bekas luka jerawat yang keras. Minyak zaitun relatif murah dan memiliki sedikit risiko efek samping, sehingga Anda dapat menggunakannya secara sering dan bebas sepanjang hari.

Langkah 4 - Menghilangkan bekas jerawat yang menjadi jaringan parut

Kapsul vitamin E. Oleskan minyak vitamin E pada bekas jerawat. Bukalah kapsul vitamin E dan oleskan isinya yang berbentuk minyak ke bekas jerawat sekali sehari. Vitamin E dapat membantu mempercepat memperbaiki jaringan parut pada kulit.

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Palmer, A. Very Well Health (2019). Do You Need an Acne Toner? (https://www.verywellhealth.com/should-i-use-a-toner-15596)
Palmer, A. Very Well Health (2019). How to Create the Best Skin Care Routine for Acne. (https://www.verywellhealth.com/how-to-create-the-perfect-skin-care-routine-15658)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app