PCOS Bikin Rambut Rontok? Begini Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Mei 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
PCOS Bikin Rambut Rontok? Begini Cara Mengatasinya

Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS adalah kelainan hormon yang umum terjadi pada wanita, tapi seringnya tidak disadari. Salah satu gejala PCOS yang mudah diamati adalah tumbuhnya rambut pada wajah dan tubuh secara berlebihan, atau disebut dengan hirsutisme. Namun berkebalikan dengan itu, ternyata ada juga beberapa wanita yang justru mengalami penipisan rambut dan rambut rontok. Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut rontok karena PCOS? Berikut ulasan lengkapnya.

Mengapa PCOS menyebabkan rambut rontok?

Tubuh wanita menghasilkan hormon pria (androgen), hal ini termasuk testosteron. Androgen berperan dalam memicu pubertas dan merangsang pertumbuhan rambut di ketiak dan daerah kemaluan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

PCOS terjadi ketika hormon androgen diproduksi secara berlebihan, sehingga memicu perubahan tubuh yang lebih maskulin. Hal ini ditandai dengan munculnya rambut berlebih di tempat-tempat di mana biasanya tidak tumbuh, seperti leher, dada, dan perut.

Di sisi lain, peningkatan hormon androgen ini juga bisa membuat rambut Anda menipis, terutama di kepala bagian depan. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan androgenic alopecia atau kerontokan rambut pada wanita.

Baca Juga: 8 Tanda Wanita Sedang Menderita PCOS

Bisakah rambut rontok tumbuh kembali?

Sayangnya, rambut di bagian tubuh manapun yang rontok karena PCOS tidak dapat tumbuh kembali dengan sendirinya. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa perawatan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut baru. 

Pengobatan untuk mengatasi rambut rontok karena PCOS

Rambut rontok karena PCOS disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Oleh karena itulah, pengaturan hormon menjadi faktor paling penting.

Salah satu cara mengatur hormon agar kembali normal adalah dengan pemberian obat-obatan. Anda mungkin perlu mencoba berbagai jenis obat sebelum menemukan obat yang cocok untuk Anda, tentunya di bawah pengawasan dokter. Dan kebanyakan orang mendapatkan hasil terbaik dengan kombinasi obat-obatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Berikut ini berbagai pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok karena PCOS, antara lain:

1. Pil KB

Untuk mengatasi rambut rontok akibat PCOS, Anda dapat mengonsumsi Pil KB. Tak hanya bermanfaat sebagai alat kontrasepsi, pil KB juga dapat menurunkan kadar androgen dalam tubuh. Hal ini bisa membantu mengurangi pertumbuhan rambut berlebih dan memperlambat kerontokan rambut. 

Konsumsi pil KB juga dapat membantu mengatasi gejala PCOS lainnya, seperti haid tidak teratur hingga jerawat. Pil KB ini bisa diminum secara tunggal atau dikombinasikan dengan obat anti-androgen untuk mengatasi rambut rontok karena PCOS.

Baca Selengakpnya: Pil KB Bisa Jadi Obat Jerawat, Memangnya Ampuh?

2. Spironolakton (Aldakton)

Spironolakton adalah obat minum yang termsauk golongan antagonis reseptor aldosteron. Obat ini bekerja dengan cara memblokir efek androgen pada kulit, biasanya diresepkan bersama dengan pil KB.

Spironolakton telah disetujui oleh FDA di Amerika Serikat, setara Badan POM, sebagai diuretik untuk mengobati retensi cairan. Tak hanya itu, spironolakton juga efektif untuk mengobati androgenic alopecia atau rambut rotntok, terutama karena PCOS.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

3. Minoxidil (Rogaine)

Minoxidil merupakan satu-satunya jenis obat yang disetujui FDA di Amerika Serikat untuk mengatasi kebotakan pada wanita. Obat ini bekerja dengan meningkatkan pertumbuhan rambut dan bahkan bisa membantu menebalkan rambut. Minoxidil digunakan dengan cara dioleskan ke kulit kepala setiap hari.

4. Finasteride (Propecia) dan dutasteride (Avodart)

Finasteride dan dutasteride adalah dua obat yang disetujui untuk mengobati kerontokan rambut pada pria. Namun sayangnya, kedua obat tersebut belum disetujui untuk mengatasi kerontokan rambut pdda wanita, meski beberapa dokter juga meresepkan obat tersebut pada wanita yang menderita PCOS.

Meskipun ada beberapa bukti bahwa obat ini dapat membantu mengatasi kerontokan rambut pada wanita, banyak ahli tidak menganggapnya sebagai pilihan yang baik berdasarkan hasil yang beragam dalam penelitian lain dan efek samping yang diketahui pada wanita.

5. Transplantasi rambut

Transplantasi rambut adalah prosedur bedah yang digunakan untuk menanamkan rambut di kulit kepala. Rambut dan folikel rambut dikeluarkan dari satu daerah dengan banyak rambut, kemudian ditransplantasikan ke area kepala yang mengalami penipisan atau kebotakan

Cara alami mengatasi rambut rontok karena PCOS

Selain dengan pengobatan medis, Anda juga dapat mengatasi rambut rontok karena PCOS dengan beberapa cara alami berikut ini:

1. Konsumsi suplemen zinc

Konsumsi suplemen yang mengandung zinc dapat membantu mengatasi rambut rontok karena PCOS. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan untuk melihat efek suplementasi zinc pada wanita PCOS di tahun 2016. Hasil penelitian menemukan bahwa konsumsi 50 mg suplemen zinc setiap hari selama 8 minggu memiliki efek menguntungkan pada kerontokan rambut. 

2. Menurunkan berat badan

Wanita PCOS sering kali dianjurkan untuk mengendalikan berat badannya. Bukan tanpa sebab, hal ini salah satunya berfungsi untuk menurunkan kadar androgen berlebih. Semakin hormon androgen bisa ditekan, maka semakin berkurang pula masalah rambut rontok karena PCOS. Bonusnya, gejala PCOS lainnya juga dapat dikendalikan.

3. Konsumsi suplemen biotin

Biotin adalah suplemen populer yang sering digunakan untuk menjaga kesehatan sekaligus menjaga pertumbuhan rambut. Tidak ada banyak bukti bahwa itu membantu secara khusus dengan kerontokan rambut yang berhubungan dengan PCOS, tetapi mungkin patut dicoba.

Baca Juga: Wanita POCS Bisa Hamil dengan Konsumsi Makanan Ini

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Van Zuuren EJ, et al. (2016). Interventions for female pattern hair loss. DOI: (https://doi.org/10.1002/14651858.CD007628.pub4)
Sonthalia S, et al. (2016). Hair restoration in androgenetic alopecia: Looking beyond minoxidil, finasteride and hair transplantation. DOI: (https://www.researchgate.net/publication/296848121_Hair_Restoration_in_Androgenetic_Alopecia_Looking_Beyond_Minoxidil_Finasteride_and_Hair_Transplantation)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app