Perawatan Rambut

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 18, 2020 Tinjau pada Mei 6, 2019 Waktu baca: 2 menit
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Mengatasi rambut rontok secara alami merupakan pilihan utama dalam mengatasi rambut rontok. Karena cara alami ini tergolong  aman dan tanpa efek samping namun cukup efektif dalam mengatasi rambut rontok.

Pada prinsipnya untuk mengatasi rambut rontok kita terlebih dahulu harus mengetahui apa yang menjadi penyebab rabut rontok tersebut. Ketika penyebabnya sudah diketahui, maka akan ditemukan cara yang tepat dan efektif untuk mengatasi rambut rontok tersebut.

Akan tetapi disini akan saya uraikan cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bersifat umum, dan dapat anda lakukan sendiri di rumah.

Macam-macam Pengobatan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Ada tiga macam pengobatan alami untuk mengatasi rambut rontok yakni dengan cara pemijatan, pengaturan nutrisi makanan dan mengendalikan stres.

1. Pemijatan

Pemijatan pada kulit kepala akan meningkatkan suplai darah ke folikel rambut yang merupakan tempat tumbuhnya rambut pada kulit kepala. Oleh karena itu pemijatan dapat membantu mengatasi rambut rontok dengan cara  merangsang pertumbuhan rambut baru. Lakukan pemijatan selama 3 menit perhari pada kulit kepala secara lembut. Jangan memijat dengan kasar karena malah akan membuat rambut bertambah rontok akibat tarikan dan gesekan.

2. Pengaturan Nutrisi Makanan

Protein dan Omega-3

Protein sangat penting untuk memperkuat rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Protein hewani terdapat pada daging, telor, susu, ikan, dll. Sedangkan protein nabati terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian.

Semua makanan tersebut merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3, yang membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit kepala sehat.

Diet rendah lemak

Menjalani diet rendah lemak dapat membantu memperlambat proses kebotakan. Diet tinggi lemak biasanya mengakibatkan kadar testosteron meningkat, yang mungkin terkait dengan pola kebotakan laki-laki. Sungguh menarik untuk diketahui bahwa sebelum Perang Dunia II terjadi, pria Jepang hampir tidak pernah mengalami kebotakan. Namun, sekarang karena pengaruh pola makan barat, sebagian besar mereka akan botak. Ini tentu tidak pasti bahwa diet rendah lemak akan menghentikan rambut rontok, tapi kemungkinan besar dapat memperlambat kerontokan rambut.

Zat Besi Anemia

dapat menyebabkan rambut rontok. Anemia defisiensi zat besi dapat menyebabkan kerontokan. Pemberian suplemen zat besi hanya dianjurkan jika Anda terbukti berdasarkan tes darah lengkap mengalami anemia defisiensi zat besi.

Seng dan biotin

Seng dan biotin ini diasumsikan untuk membantu pertumbuhan rambut karena orang-orang dengan gangguan kebotakan genetik (alopecia areata) . Pemberian suplementasi zinc telah terbukti memperbaiki pertumbuhan rambut pada pasien dengan kebotakan.

3. Mengendalikan Stres

Banyaknya rambut yang rontok dapat menimbulkan stres. Dan sayangnya, stres (fisik dan emosional) kadang-kadang dapat meningkatkan kerontokan rambut.

Sekali lagi, untuk mengasi rambut rontok dengan tepat harus disesuaikan dengan penyebabnya. Konsultasikan dengan dokter jika anda mengalami kerontokan rambut yang disertai dengan penyakit.

Cara Lain Mengatasi Rambut Rontok

Cara lain mengatasi rambut rontok secara alami ini dapat pula anda terapkan tanpa mengesampingkan petunjuk dokter yang merawat Anda.

  • Menjaga kebersihan rambut
  • Hindari penggunaan bahan-bahan kimia pada rambut seperti pewarna rambut, bahan untuk meluruskan atau mengeriting rambut
  • Gunakan minyak kemiri , urang-aring atau Aloe vera

 

23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gardner, SS. WebMD (2017). Understanding Hair Loss -- the Basics. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/understanding-hair-loss-basics)
Cole, GW. MedicineNet (2018). Hair Loss in Men and Women (Alopecia). (https://www.medicinenet.com/hair_loss/article.htm)
Watson, K. Healthline (2018). Routine Hair Shedding: Why It Happens and How Much to Expect. (https://www.healthline.com/health/how-much-hair-loss-is-normal)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app