Cara Paling Efektif Mengatasi Rambut Rontok

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Cara Paling Efektif Mengatasi Rambut Rontok

Rambut ontok merupakan suatu kondisi masalah pada rambut di mana kondisi ini membuat rambut lepas dari kulit kepala dalam jumlah banyak atau berlebihan. Masalah kerontokan rambut sendiri menjadi masalah yang cukup pelik bagi setiap orang baik pria dan wanita. Kondisi ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang terutama ketika sudah mengalami kebotakan.

Rambut sendiri mengalami masa pertumbuhan (fase anagen) selama 2-3 bulan setelah mengalami kerontokan (fase telogen). Sebelum rontok, rambut akan mengalami masa transisi sekitar 2-3 minggu (fase katagen). Pertumbuhan rambut yang sehat biasanya akan bertahan selama 2-6 tahun. Agar tak semakin menipis hingga berujung pada kebotakan, ada beragam cara yang dapat membantu mengatasi rambut rontok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Masalah Rambut Rontok

Rambut yang tebal dan sehat pasti menjadi idaman bagi semua orang tanpa terkecuali. Normalnya, pada kepala orang dewasa terdapat 100 ribu hingga 150 ribu helai rambut dengan jumlah kerontokan alami yang normal sebesar 50 hingga 100 helai rambut setiap harinya. Kerontokan yang dialami rambut setiap harinya merupakan suatu kewajaran sebagai suatu siklus kehidupan pada rambut. Selama tingkat kecepatan pertumbuhan rambut masih normal, maka kerontokan yang terjadi tak perlu dikhawatirkan.

Yang menjadi masalah bila kerontokan rambut tersebut tak diimbangi dengan kecepatan pertumbuhannya, alhasil rambut akan mengalami penipisan di luar kewajaran hingga menyebabkan kulit kepala nampak botak. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terciptanya kondisi tersebut, di antaranya gaya hidup, faktor genetik, perubahan hormonal, perlakuan pada rambut yang salah, hingga kondisi medis tertentu seperti penyakit autoimun.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Ada beberapa perawatan yang diketahui dapat membantu mengatasi kerontokan rambut berlebih, mulai dari penggunaan shampo khusus, minyak esensial dengan bahan alami yang baik untuk rambut, obat-obatan tertentu, hingga prosedur operasi seperti cangkok atau tanam rambut. Tetapi sebelum melakukan perawatan rambut tersebut, perhatikan pula efek samping yang mungkin saja terjadi. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok yang bisa diterapkan, antara lain:

1. Gunakan Produk Shampo Tertentu

Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan jenis shampo atau kondisioner dengan kandungan biotin dan kolagen di dalamnya. Hal ini disebabkan karena kedua zat tersebut berperan besar terhadap kesehatan dan pertumbuhan rambut. Jenis shampo lain dengan kandungan DHT-blocker pun dapat dicoba sebagai solusi efektif mengatasi rambut rontok lainnya.

Baca juga: Manfaat Kolagen dan Cara Meningkatkan Kolagen Secara Alami

2. Aplikasikan Minyak Esensial Alami

Beberapa jenis minyak esensial yang dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di antaranya minyak atsiri, minyak lavender, minyak rosemary, dan minyak peppermint. Oleskan 1-2 sendok makan minyak esensial ke kulit kepala disertai dengan pijatan lembut selama 20-30 menit, lakukan satu atau dua kali sehari setiap hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Baca juga: Fungsi Minyak Lavender untuk Rambut

3. Obat-Obatan

Salah satu jenis obat yang terbukti efektif dalam mengatasi rambut rontok adalah minoxidil. Obat ini termasuk dalam golongan vasodilator yang mampu melancarkan aliran darah, tersedia dalam bentuk larutan dan busa yang dapat langsung diterapkan ke kulit kepala 2 kali sehari. Hasil maksimal untuk mengatasi kerontokan rambut biasanya dapat terlihat dalam kurun waktu 16 minggu dan harus terus digunakan secara konsisten.

Obat anti kebotakan yang dikenal lainnya yakni propecia dan aldactone. Propecia tersedia dalam bentuk pil dan hanya boleh digunakan oleh pria, sementara aldactone diresepkan untuk masalah penipisan rambut yang terkait dengan produksi androgen. Tetapi sebelum menggunakan obat-obatan tersebut untuk mengatasi rambut rontok ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

4. Jauhi Stres

Stres memiliki pengaruh besar terhadap kondisi kesehatan keseluruhan, termasuk masalah kerontokan rambut. Pengelolaan stres yang baik terbukti memiliki dampak positf secara langsung terhadap kesehatan rambut dan tubuh keseluruhan. Olahraga secara rutin dan melakukan hal-hal positif yang menyenangkan dapat membantu menjauhi diri dari stres.

5. Perhatikan Asupan Makanan Harian

Tambahkan asupan makanan padat nutrisi ketika harus berhadapan dengan masalah kerontokan rambut. Beberapa makanan terbaik yang disarankan yakni ikan salmon yang kaya akan asam lemak omega 3, kuning telur, dan kacang-kacangan yang kaya biotin, protein, dan zat besi seperti daging sapi tanpa lemak. Berbagai buah dan sayura juga sangat baik bagi kesehatan, termasuk pertumbuhan rambut.

Beberapa jenis makanan yang harus diperhatikan dan dikurangi adalah makanan alergen, gorengan, dan junk food yang tinggi lemak trans, makanan olahan yang tinggi gula, kafein, dan minuman beralkohol. Pertimbangkan juga untuk mengonsumsi suplemen tertentu bila merasa perlu.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

6. Batasi Mandi Air Panas

Keseringan mandi dengan air panas diketahui dapat merusak kesehatan rambut yang ditandai dengan rambut kering, rapuh, dan mudah rontok. Maka dari itu, jagalah kebersihan badan juga rambut dengan lebih banyak mandi menggunakan air dingin karena lebih dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit, termasuk kulit kepala.

Baca juga: 9 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

7. Rawat Kulit Kepala dan Rambut Sebaik Mungkin

Cara mengatasi rambut rontok yang begitu sederhana dan mudah untuk diterapkan adalah dengan rutin memijat kulit kepala setiap kali keramas selama 5 menit dan sebisa mungkin tidak terburu-buru mengeringkannya dengan hair dryer atau pengering rambut lainnya. Perhatikan pula pemakaian cat rambut dengan sejumlah bahan kimia yang terkandung di dalamnya karena dampaknya tak hanya berisiko pada kerusakan rambut saja namun dapat memicu timbulnya reaksi alergi, gangguan hormonal hingga terkait dengan sejumlah penyakit tertentu, seperti kanker.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Seharusnya Tidak dilakukan Saat Keramas

8. Pembedahan

Bila kerontokan rambut sudah cukup parah hingga menyebabkan kebotakan dan penerapan cara-cara di atas pun tak cukup efektif dalam mengatasi rambut rontok, maka tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter demi mendapatkan prosedur penanganan yang tepat, termasuk mempertimbangkan prosedur melalui operasi atau pembedahan.

Beberapa jenis operasi yang dapat dilakukan, yakni cangkok atau tanam rambut dan scalp reduction. Beberapa tokoh dunia dengan masalah kebotakan pun tak sedikit yang melakukan operasi seperti ini, meski membutuhkan biaya yang cukup besar namun hasil yang didapat akan terasa memuaskan.

Terlepas dari cara apapun yang dipilih, penting untuk diingat bahwa perubahan tidak serta merta terjadi hanya dalam semalam. Konsistensi dan kedisiplinan diri menjadi kunci guna memperoleh hasil maksimal dalam mengatasi rambut rontok. Konsultasikan selalu dengan dokter ahli sebelum menjalani perawatan rambut tertentu, terutama jika terdapat efek samping yang mengganggu akibat penggunaan obat-obatan.

27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD (2018). Essential Oils for Your Hair. (https://www.webmd.com/beauty/natural-oils)
Scott, E. Verywell Mind (2017). Stress and Hair Loss: What are the Causes of Hair Loss? (https://www.verywellmind.com/is-stress-a-cause-of-hair-loss-3144822)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app