HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Pupil Mata Tidak Sama - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 14, 2019 Update terakhir: Mar 10, 2020 Waktu baca: 3 menit

Anisocoria adalah suatu kondisi di mana pupil pada satu mata berbeda ukurannya dengan pupil mata sebelahnya nya. Pupil adalah lingkaran hitam di tengah mata Anda, dan mereka biasanya memiliki ukuran yang sama.

Anisocoria dapat disebabkan oleh beberapa hal. Anda dapat dilahirkan dengan kondisi ini atau kondisi ini bisa terjadi seiring bertambahnya usia. Anda mungkin memiliki kondisi ini secara permanen atau hanya sementara.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin dapat mendiagnosis kondisi medis yang mendasari atau penyebab anisocoria lainnya.

Gejala apa yang biasanya muncul bersamaan dengan anisocoria?

Bergantung pada penyebab yang mendasari terjadinya Anisocoria pada Anda, Anisocoria mungkin muncul bersamaan dengan gejala lain. Misalnya, Anda mungkin mengalami:

Apa yang menyebabkan anisokor?

Anisocoria dapat merupakan gejala klinis dari berbagai kondisi medis. Misalnya, kemungkinan penyebab anisocoria meliputi:

Bagaimana dokter anda mendiagnosis penyebab anisocoria?

Jika Anda melihat perbedaan ukuran antara pupil Anda, hubungi dokter Anda segera. Saat Anda periksa ke dokter, dokter Anda akan memeriksa mata Anda dan mengukur tanda-tanda vital Anda.

Anda juga harus mendiskusikan gejala lain yang pernah Anda alami. Misalnya, pastikan untuk menyebutkan jika Anda baru saja mengalami:

Tergantung pada gejala dan riwayat medis Anda, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk melakukan satu atau lebih tes untuk membantu mendiagnosis penyebab anisocoria yang Anda derita. Pemeriksaan yang mungkin Anda jalani meliputi :

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Tes penglihatan
  • hitung darah lengkap (complete blood count)
  • diferensial darah
  • Pemeriksaan cairan lumbal untuk pemeriksaan cairan serebrospinal
  • CT scan
  • MRI
  • Pemeriksaan sinar-X

Jika Anda mengalami cedera kepala sebelum Anda mendapati ukuran pupil Anda berubah, segera hubungi pusat layanan penyedia jasa layanan medis di kota Anda, atau segera pergi ke rumah sakit. Anda mungkin mengalami cedera mata, otak, atau leher yang serius yang membutuhkan perawatan darurat.

Apa yang dapat dilakukan untuk mengobati anisocoria?

Rencana perawatan yang direkomendasikan dokter Anda tergantung pada penyebab dasar anisocoria Anda. Sebagai contoh, jika Anda mengalami anisocoria akibat infeksi, maka dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik atau obat tetes mata antivirus.

Jika Anda memiliki kondisi medis yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan yang tidak normal, seperti tumor otak, dokter Anda mungkin menyarankan operasi untuk mengangkat tumor tersebut.

Opsi tambahan yang tersedia untuk mengobati kondisi dimana ukuran pupil yang tidak sama akibat tumor otak termasuk terapi radiasi dan kemoterapi. Terapi radiasi dan kemoterapi dilakukan dengan tujuan untuk mencegah dan mengecilkan pertumbuhan dari tumor tersebut.

Beberapa kasus yang menyebabkan ukuran pupil tidak sama, bersifat sementara atau dianggap normal dan tidak memerlukan perawatan khusus apapun.

Bagaimana anda dapat mencegah anisocoria?

Beberapa kasus anisocoria yang disebabkan oleh masalah kesehatan yang cukup serius tidak mungkin diprediksi atau dicegah. Tetapi Anda dapat melakukan beberapa langkah-langkah untuk mengurangi risiko mengalami kondisi dimana ukuran pupil menjadi tidak sama. Sebagai contoh:

  • Segera pergi ke dokter setiap kali Anda menemukan bahwa Anda atau orang terdekat Anda mengalami gangguan penglihatan.
  • Melindungi kepala Anda saat berkendara atau melakukan aktivitas yang mungkin dapat menyebabkan cedera pada kepala, contohnya mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor, melakukan olahraga kontak seperti rugby, bersepeda, atau menunggang kuda.
  • Pakailah alat pelindung saat bekerja di tempat-tempat yang rawan seperti proyek bangunan.
  • Kenakan sabuk pengaman Anda saat mengemudi.

Jika Anda melihat perbedaan pada ukuran pupil Anda sesaat setelah Anda mengalami trauma kepala, segera hubungi pusat penyedia layanan di kota Anda atau segera pergi ke Unit Gawat Darurat terdekat..

Dokter Anda dapat membantu mengidentifikasi dan mengobati penyebab kondisi Anda. Mengikuti rencana perawatan yang direkomendasikan oleh dokter dapat membantu mengurangi gejala , memperbaiki kondisi Anda dan mencegah kondisi Anda memburuk.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Your Pupils and Eye Disorders, Nerve Problems, Concussion. WebMD. (https://www.webmd.com/eye-health/eye-pupils-health)
Asymmetrical Eyes: Causes and Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/asymmetrical-eyes)
Pupils different sizes: Causes and when to see a doctor. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325426.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app