Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Prunella Vulgaris: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 503.347 orang

Prunella vulgaris adalah ramuan obat herbal milik keluarga mint.

Beberapa mengklaim bahwa prunella vulgaris dapat membantu melindungi virus, infeksi, dan penyakit kronis, termasuk diabetes dan kanker.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Namun, hampir semua penelitian tentang Prunella vulgaris terbatas pada penelitian pada hewan dan tabung percobaan.

Artikel ini memberikan informasi terperinci mengenai Prunella vulgaris, termasuk kegunaannya, manfaat potensial, dan efek samping.

Apa itu prunella vulgaris?

Prunella vulgaris adalah ramuan yang telah digunakan untuk mengobati penyakit selama berabad-abad.

Ramuan herbal ini merupakan anggota keluarga mint dan memiliki daun hijau besar dan bunga berwarna ungu. Tumbuh di seluruh dunia, termasuk Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Prunella vulgaris juga dikenal sebagai "menyembuhkan semua" karena penggunaan tradisional tanaman ini dalam penyembuhan luka, infeksi tenggorokan, dan beberapa penyakit lainnya.

Kemungkinan manfaat kesehatan tanaman ini dikaitkan dengan beberapa senyawanya. Ini termasuk flavonoid, tanin, dan asam ursolat, rosmarinat, dan oleanolik, yang mungkin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Secara khusus, senyawa ini dapat membantu mencegah komplikasi yang berhubungan dengan diabetes, melindungi terhadap herpes, dan memiliki efek antikanker.

Setiap bagian dari tanaman ini dapat dimakan. Anda dapat menambahkan daunnya ke salad atau resep lainnya.

Tanaman herbal ini juga dijual dalam bentuk suplemen pil dan ekstrak cair, serta dalam balm dan salep yang dapat dioleskan langsung ke kulit Anda. Anda dapat menemukan suplemen ini secara online atau di toko suplemen.

Potensi manfaat kesehatan

Beberapa penelitian pada hewan dan tabung menunjukkan bahwa Prunella vulgaris mungkin memiliki manfaat kesehatan. Namun, sangat sedikit penelitian pada manusia yang menganalisis efek ramuan ini.

Diperlukan penelitian yang lebih luas untuk memahami sepenuhnya kemungkinan manfaat dan kerugiannya.

1. Dapat membantu mengatasi komplikasi diabetes

Prunella vulgaris dapat membantu mencegah komplikasi yang berhubungan dengan diabetes, penyakit yang ditandai oleh kadar gula darah tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Studi dalam tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam ramuan ini dapat menghambat enzim yang memecah dan memetabolisme karbohidrat dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dan mengontrol diabetes.

Selain itu, Prunella vulgaris juga dapat melindungi dari aterosklerosis, pengerasan pembuluh darah yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Penderita diabetes lebih mungkin mengembangkan faktor risiko aterosklerosis, termasuk kerusakan arteri akibat gula darah tinggi, trigliserida tinggi, dan kolesterol total dan LDL (kolesterol buruk) yang tinggi.

Suatu studi 8 minggu memberi makan tikus diabetes dengan diet tinggi lemak dan kolesterol dan memberi beberapa di antaranya ekstrak Prunella vulgaris.

Tikus yang diberi Prunella vulgaris memiliki kolesterol darah total, kolesterol LDL (jahat), dan trigliserida yang lebih rendah. Ekstrak juga menyebabkan peningkatan fungsi jantung.

Sementara hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prunella vulgaris dapat membantu menurunkan gula darah dan mencegah aterosklerosis yang berhubungan dengan diabetes, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah itu akan memiliki efek yang sama pada manusia.

2. Mungkin memiliki sifat melawan kanker

Senyawa tertentu dalam Prunella vulgaris mungkin memiliki efek antikanker.

Karbohidrat spesifik dalam tanaman ini telah terbukti menginduksi kematian sel kanker dan mencegah pertumbuhan tumor.

Suatu penelitian juga menunjukkan bahwa asam caffeic, asam rosmarinic, dan senyawa tanaman lain dalam ramuan ini dapat bertindak sebagai antioksidan yang melawan kerusakan sel yang mendasarinya. 

Kerusakan ini disebabkan oleh molekul reaktif yang disebut radikal bebas, yang terkait dengan perkembangan kanker.

Satu studi dalam sel kanker hati manusia menemukan bahwa Prunella vulgaris menghentikan penyebaran kanker dengan menghambat enzim tertentu yang mendorong pertumbuhan kanker.

Lebih lanjut, sebuah penelitian pada 424 orang dengan kanker payudara menemukan bahwa mereka yang menggunakan ramuan tersebut bersama dengan obat anti kanker hidup secara signifikan lebih lama daripada mereka yang menggunakan obat itu sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini masih dalam tahap awal. Diperlukan lebih banyak penelitian manusia untuk memahami sepenuhnya peran Prunella vulgaris sebagai terapi kanker pelengkap.

3. Dapat membantu mengobati herpes

Prunella vulgaris sering disebut-sebut sebagai pengobatan yang mungkin bermanfaat untuk virus herpes simpleks (HSV), yang ditandai dengan luka menular di sekitar mulut atau alat kelamin Anda.

Secara khusus, jenis karbohidrat di Prunella vulgaris telah terbukti memblokir replikasi sel HSV. 

Selain menghalangi penyebaran virus, Prunella vulgaris dapat melindungi terhadap serangan herpes dengan merangsang aktivitas sel-sel kekebalan seperti makrofag, yang membantu tubuh Anda melawan infeksi.

Sementara hasil ini menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami apakah perawatan yang mengandung Prunella vulgaris dapat membantu mengobati herpes.

4. Mungkin memiliki aktivitas anti-inflamasi

Prunella vulgaris juga dapat membantu melawan peradangan di tubuh dan dengan demikian memiliki potensi untuk membantu mengobati penyakit radang.

Satu penelitian pada sel otot jantung manusia menemukan bahwa ekstrak Prunella vulgaris menekan aktivitas protein inflamasi yang diketahui mengarah pada perkembangan penyakit jantung dan stroke.

Prunella vulgaris juga telah terbukti dapat melawan peradangan usus. Tanaman ini dapat melindungi terhadap penyakit seperti kolitis, suatu kondisi peradangan usus besar yang dapat menyebabkan diare, sakit perut, dan pendarahan dubur.

Kemungkinan efek samping dan dosis

Mengingat bahwa sangat sedikit penelitian yang meneliti efek Prunella vulgaris pada manusia, ada sedikit informasi tentang dosis yang direkomendasikan dan kemungkinan efek samping.

Satu studi pada orang dengan kanker payudara menemukan bahwa mengkonsumsi sekitar 7 ons (207 ml) ekstrak Prunella vulgaris per hari adalah aman dan tidak menyebabkan efek samping apapun.

Namun, beberapa jenis Prunella vulgaris tersedia, termasuk ekstrak cair, pil kering, dan salep topikal, beberapa di antaranya mungkin memiliki efek samping yang tidak diketahui.

Selain itu, belum ada penelitian tentang Prunella vulgaris pada anak-anak atau wanita hamil atau menyusui. Oleh karena itu, keamanan ramuan ini untuk wanita hamil atau menyusui dan anak-anak tidak dianjurkan. 

Jika Anda tertarik menggunakan Prunella vulgaris untuk membantu mengelola diabetes, herpes, atau kondisi lain, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp