Selain Nasi Putih, Ternyata 8 Jenis Karbohidrat Ini Lebih Menyehatkan

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 4, 2019 Waktu baca: 2 menit
Selain Nasi Putih, Ternyata 8 Jenis Karbohidrat Ini Lebih Menyehatkan

Bagi orang Indonesia, kalau belum makan nasi rasanya belum afdol dan menjadikan perut tidak kenyang, sehingga merasa kurang berenergi. Nasi terkenal sebagai jenis makanan yang berkarbohidrat tinggi. Namun tahukah Anda? Bahwa selain nasi, Anda masih bisa menemukan 8 jenis makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi akan jauh lebih menyehatkan.

Apabila Anda mengkonsumsi nasi putih, maka kadar gula darah yang akan Anda dapatkan pun juga akan semakin tinggi juga. Hal ini dikarenakan karbohidrat yang ada di dalam nasi akan secara langsung diubah menjadi gula di dalam tubuh. Mengkonsumsi banyak nasi putih ternyata dapat berisiko terhadap kenaikan berat badan, diabetes, obesitas dan kolesterol yang cukup tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Untuk mengatasi berbagai jenis dampak buruk dari mengkonsumsi nasi, Anda bisa saja menggantikan nasi dengan karbohidrat yang lain, diantaranya yaitu:

Kentang, karbohidrat dengan kalori yang rendah

Kentang terkenal sebagai karbohidrat yang memiliki kalori rendah dibandingkan dengan nasi putih. Selain rendah kalori, kentang juga memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin B6, folat, riboflavin, dan vitamin C. Wajar saja bila banyak orang yang menjadikan kentang sebagai pengganti nasi di dalam diet nya.

Singkong, sumber karbohidrat kompleks

Meskipun singkong dianggap sebagai makanan kelas bawah, namun ternyata singkong menjadi sumber karbohidrat kompleks yang dilengkapi dengan Gl yang terendah, yaitu di bawah 55. Singkong bisa menurunkan kadar kolesterol baik dan jahat karena singkong memiliki kandungan serat yang cukuplah tinggi.

Talas, rendah Gl dan kaya nutrisi

Pengganti nasi yang lebih menyehatkan yaitu talas, sebagai karbohidrat yang kaya dengan nutrisi dan kandungan Gl yang rendah yaitu 54. Kandungan paling besar yang ada di dalam talas yaitu protein dan karbohidratnya. Karbohidrat yang ada di dalam talas berupa kandungan pati hingga 77.9% dengan sifat yang mudah untuk dicerna. Talas dapat mencegah gangguan jantung maupun tekanan darah tinggi.

Oat, pengganti nasi yang kaya akan protein

Oat tidak hanya jenis makanan yang dapat menggantikan nasi saja, akan tetapi oat juga dapat menurunkan risiko tekanan darah yang tinggi, diabetes kolesterol tinggi, jantung, kanker maupun obesitas. Oat memang lebih rendah karbohidrat dan kalori, akan tetapi oat memiliki kandungan protein yang lebih tingi dibanding nasi putih.

Nasi merah, memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama

Nasi merah memiliki kandungan serat yang cukuplah tinggi, sehingga wajar saja bila nasi merah mampu memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Wajar saja bila nasi merah sering kali dijadikan sebagai pengganti nasi putih selama diet. Karena memang nasi merah tidak cepat memberikan rasa lapar. Penderita diabetes pun juga tepat mengkonsumsi nasi merah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ubi Jalar, dengan nutrisi yang tinggi

Ubi jalar memiliki kandungan berupa karbohidrat yang lebih lambat dalam meningkatkan gula darah karena kadar Gl yang rendah, yaitu 54. Ubi mudah dicerna sehingga mampu mencegah sembelit.

Roti gandum

Makanan dengan karbohidrat tinggi pengganti nas yaitu roti gandum yang memiliki kalori lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih. Roti gandum memiliki kandungan magnesium, mineral kalsium, seng, fosfor, folat dan vitamin.

Jagung

Jagung memiliki kandungan vitamin A, E da B yang rendah glikemik, sehingga tidak akan membuat Anda cepat lapar.

Masyarakat memang sudah ketergantungan terhadap nasi putih, karena memang sejauh ini, nasi putih dianggap sebagai makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Sedangkan selain nasi, ke 8 jenis makanan di atas pun dapat dijadikan sebagai penggantinya.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Foods to avoid with diabetes: Carbohydrates, grains, proteins, tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317718.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Karbohidrat?
Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Karbohidrat?

Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian Anda untuk mencegah efek samping yang mungkin dapat muncul jika Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat sesuai dengan RDA. Diet rendah karbohidrat, bila ditambah dengan peningkatan asupan protein, seringkali efektif untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Karbohidrat Kompleks Yang Tak Banyak Orang Tahu
Manfaat Karbohidrat Kompleks Yang Tak Banyak Orang Tahu

Ditinjau dari komponen penyusun maupun jenisnya, berikut ini adalah manfaat karbohidrat kompleks bagi kesehatan:

Buka di app