Pradaxal: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Apr 24, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 7 menit

Dabigatran digunakan untuk mencegah stroke dan gumpalan darah yang berbahaya (seperti pada kaki atau paru-paru) jika Anda menderita detak jantung tidak teratur (atrial fibrilasi). 

Dabigatran juga digunakan untuk mengobati pembekuan darah di pembuluh darah kaki Anda (trombosit vena dalam) atau paru-paru (pulmonary embolism) dan untuk mengurangi risiko penyakit tersebut kambuh lagi. 

Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah pembentukan gumpalan darah setelah operasi penggantian pinggul. Dabigatran merupakan antikoagulan yang bekerja dengan memblokir zat tertentu (protein pembekuan yang disebut trombin) dalam darah Anda. Obat ini membantu menjaga darah mengalir lancar di tubuh Anda.

Dabigatran tidak boleh digunakan untuk mencegah pembentukan gumpalan darah setelah penggantian katup jantung buatan. Jika Anda menjalani operasi katup jantung, diskusikan dengan dokter tentang obat yang bisa Anda gunakan. 

Jangan berhenti minum obat apa pun, termasuk dabigatran, tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Pradaxa

Lihat juga bagian Peringatan.

Baca Panduan Obat dan, jika tersedia, Brosur Informasi Pasien yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan dabigatran dan setiap kali Anda membeli isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya dua kali sehari. Untuk mencegah pembekuan darah setelah operasi pinggul atau lutut, lakukan sesuai petunjuk dokter Anda, biasanya sekali sehari. 

Hindari antasida dalam waktu 24 jam setelah operasi, atau dabigatran tidak dapat berfungsi dengan baik.

Telan kapsul secara utuh dengan segelas penuh air (8 ons/240 mililiter). Jangan menghancurkan, mengunyah, atau menghancurkan kapsul. Melakukan hal tersebut dapat melarutkan semua obat sekaligus, meningkatkan risiko efek samping. Jangan menaruh obat ini di dalam kotak pil atau kotak pengingat obat. 

Obat ini harus disimpan dalam keadaan tertutup rapat di dalam botol (atau kemasan blister) untuk melindunginya dari kelembaban. Lihat juga bagian Penyimpanan untuk perincian yang lebih penting.

Dosis ditentukan berdasarkan kondisi medis Anda, fungsi ginjal, respons terhadap pengobatan, dan obat lain yang mungkin Anda gunakan. Pastikan untuk memberi tahu dokter dan apoteker Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Minum obat ini secara teratur agar tubuh dapat menyerap manfaatnya lebih banyak. Untuk membantu Anda mengingat, ambillah pada waktu yang sama setiap hari.

Sangat penting untuk meminumnya sesuai dengan yang diarahkan. Jangan menambah dosis atau meminumnya lebih sering daripada yang diarahkan. Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Efek Samping

Lihat juga bagian Peringatan.

Mudah mengalami memar atau pendarahan ringan (seperti mimisan, pendarahan akibat luka). Jika salah satu dari efek ini berlanjut atau memburuk, segera hubungi dokter atau apoteker.

Ingat bahwa dokter meresepkan obat ini karena menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak mengalami efek samping yang serius.

Obat ini dapat menyebabkan perdarahan serius jika terlalu banyak dikonsumsi karena obat ini mempengaruhi protein pembekuan darah Anda. 

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami tanda-tanda pendarahan serius, termasuk: rasa sakit/bengkak/tidak nyaman yang tidak biasa, mudah memar, pendarahan berkepanjangan akibat luka gores atau luka pada gusi, mimisan terus-menerus/sering, aliran menstruasi terlalu banyak/berkepanjangan, urin berwarna merah muda/gelap, batuk darah, muntah yang berdarah atau terlihat seperti ampas kopi, sakit kepala parah, pusing/pingsan, kelelahan/kelemahan yang tidak biasa atau tidak menghilang, tinja berdarah/hitam/lembek.

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping serius, termasuk: sakit perut/abdomen perut, mulas/mual/muntah yang hebat, kelelahan yang tidak biasa, urin gelap, mata/kulit menguning.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera hubungi bantuan medis jika Anda menemukan gejala-gejala reaksi alergi serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda menemukan efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Di Amerika - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke FDA di 1-800-FDA-1088 atau di www.fda.gov/medwatch.

Di Kanada - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke Health Canada di 1-866-234-2345.

Pencegahan dan Peringatan

Sebelum minum dabigatran, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi pada obat tersebut; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Diskusikan dengan apoteker Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama yang berkaitan dengan: katup jantung buatan, penyakit ginjal, masalah pendarahan (seperti pendarahan lambung/usus, pendarahan pada otak), gangguan darah (seperti anemia, hemofilia , trombositopenia), penyakit hati, cedera/luka karena baru menjalani operasi besar, stroke, sering jatuh/cedera.

Penting bahwa semua dokter dan dokter gigi Anda tahu bahwa Anda menggunakan dabigatran. Sebelum menjalani operasi atau prosedur medis/gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi Anda bahwa Anda menggunakan obat ini dan tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non-resep, dan produk herbal). Dokter Anda akan memberi tahu Anda untuk menghentikan obat ini sebelum operasi. Ikuti petunjuk dokter Anda dengan cermat.

Hindari suntikan ke dalam otot. Jika Anda harus mendapat suntikan melalui otot (misalnya, suntikan flu), minta dokter untuk menyuntiknya di lengan. Dengan cara ini, akan lebih mudah untuk memeriksa perdarahan dan/atau menggunakan perban.

Obat ini dapat menyebabkan pendarahan lambung. Penggunaan alkohol setiap hari saat menggunakan obat ini dapat meningkatkan risiko pendarahan lambung. Batasi konsumsi minuman beralkohol. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda tentang seberapa banyak alkohol yang dapat Anda minum dengan aman.

Obat ini dapat menyebabkan pendarahan hebat. Untuk mengurangi kemungkinan tergores, memar, atau terluka, berhati-hatilah saat menggunakan benda tajam seperti pisau cukur dan pemotong kuku, dan hindari kegiatan seperti olahraga fisik. 

Gunakan pisau cukur listrik saat bercukur dan sikat gigi lembut saat menyikat gigi. Jika Anda jatuh atau melukai diri Anda sendiri, terutama jika mengenai kepala Anda, segera hubungi dokter Anda. Dokter Anda mungkin perlu memeriksa Anda.

Orang dewasa yang lebih tua mungkin berisiko lebih besar mengalami pendarahan saat menggunakan obat ini.

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

Tidak diketahui apakah obat ini dapat masuk ke ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi

Lihat juga bagian Peringatan.

Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko Anda terkena efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua kemungkinan interaksi obat. 

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/nonresep dan produk herbal) dan bagikan dengan dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini meliputi: mifepristone.

Obat lain dapat menghilangkan dabigatran dari tubuh Anda, yang dapat memengaruhi cara kerja dabigatran. Contohnya antara lain cobicistat, cyclosporine, dronedarone, ketoconazole, rifampin, dan St. John's wort.

Aspirin, obat yang menyerupai aspirin (salisilat), dan obat anti radang nonsteroid (NSAID seperti ibuprofen, naproxen, celecoxib) kemungkinan memiliki efek yang mirip dengan dabigatran. 

Obat-obatan ini dapat meningkatkan risiko masalah pendarahan jika dikonsumsi selama perawatan dengan dabigatran. Periksa dengan hati-hati semua label produk yang diresepkan/tidak diresepkan (termasuk obat yang dioleskan pada kulit seperti krim penghilang rasa sakit) karena produk tersebut mungkin mengandung NSAID atau salisilat. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang menggunakan obat yang berbeda (seperti asetaminofen) untuk mengobati rasa sakit/demam. 

Jika Anda telah diresepkan aspirin dosis rendah dan obat-obatan terkait (seperti clopidogrel, ticlopidine) untuk alasan medis tertentu seperti serangan jantung atau pencegahan stroke, tanyakan pada dokter apakah Anda harus terus meminumnya atau resep Anda harus diubah. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk keterangan lebih lanjut.

Overdosis

Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Jika tidak, segera hubungi pusat pengendalian racun. 

Warga AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Warga Kanada dapat menghubungi pusat kendali racun provinsi. Gejala overdosis dapat berupa tinja berdarah/berwarna hitam/lembab, urin berwarna merah muda/gelap, pendarahan yang tidak biasa/berkepanjangan.

Catatan

Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.

Pemeriksaan laboratorium dan/atau tes medis (seperti fungsi ginjal/hati, waktu pembekuan darah) dapat dilakukan secara berkala untuk memantau kemajuan Anda atau memeriksa efek samping. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk perincian lebih lanjut.

Dosis terlewatkan

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum setelah Anda ingat. Jika kurang dari 6 jam hingga dosis berikutnya, jangan minum dosis yang sudah terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis seperti biasa. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar ketinggalan.

Penyimpanan

Lihat juga bagian Cara Menggunakan.

Simpan pada suhu kamar, jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Simpan obat ini dalam botol aslinya. Jangan menaruh obat ini di kotak pil atau kotak pengingat obat. 

Buka hanya satu botol pada satu waktu, dan setelah botol dibuka, obat harus dibuang setelah 4 bulan. Jika kapsul Anda dalam kemasan blister, simpan kapsul dalam kemasan tersebut sampai Anda siap untuk minum obat. Jauhkan obat dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diinstruksikan untuk melakukannya. Buang produk ini ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. 

Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat. Informasi terakhir direvisi Mei 2018. Hak Cipta (c) 2018 First Databank, Inc.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
FDA Drug Safety Communication: Pradaxa (dabigatran etexilate mesylate) should not be used in patients with mechanical prosthetic heart valves. U.S. Food and Drug Administration (FDA). (https://www.fda.gov/drugs/drug-safety-and-availability/fda-drug-safety-communication-pradaxa-dabigatran-etexilate-mesylate-should-not-be-used-patients)
Pradaxa (Dabigatran Etexilate Mesylate): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning. RxList. (https://www.rxlist.com/pradaxa-drug.htm)
Pradaxa Uses, Dosage & Side Effects. Drugs.com. (https://www.drugs.com/pradaxa.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app