Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Postur Abnormal - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 12, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.254.390 orang

Postur yang tidak normal mengacu pada gerakan tubuh yang kaku dan posisi tubuh abnormal yang terjadi dalam waktu yang lama. Gejala ini tidak sama dengan postur yang buruk. 

Sebaliknya, kondisi ini adalah kecenderungan untuk mempertahankan posisi tubuh tertentu atau menggerakan satu atau lebih bagian tubuh secara abnormal. Kebanyakan terjadinya postur yang abnormal adalah hasil dari cedera sumsum tulang belakang yang serius atau cedera otak.

Ketika suatu otot berkontraksi, otot-otot di sisi lain dari persendian biasanya akan memberikan tahanan terhadap kontraksi otot tersebut. Namun jika Anda mengalami postur yang abnormal, kumpulan otot-otot tersebut akan gagal memberikan tahanan ketika otot berkontraksi. Sehingga menghasilkan gerakan atipikal pada kepala atau punggung, atau kaki kaku atau kaki yang melengkung.

Jenis Postur Abnormal

Ada tiga jenis postur utama yang mungkin terlihat pada orang -orang yang mengalami postur abnormal:

  • Opisthotonus adalah postur di mana leher mengarah ke belakang dan punggung kaku serta melengkung ke belakang.
  • Postur decorticate ditandai oleh tubuh yang kaku, kaki lurus, dan tangan yang mengepal.
  • Postur deserebrasi ditandai oleh anggota badan yang kaku, kaki yang lurus, dan kepala dan leher yang mendongak ke belakang.

Tergantung dari penyebab terjadinya postur abnormal, seseorang mungkin akan memperlihatkan terjadinya postur abnormal yang berbeda secara bergantian.

Kapan Anda perlu menghubungi Dokter Anda?

Segera hubungi 911 atau pergi ke Unit gawat darurat terdekat jika Anda menemukan seseorang mengalami postur abnormal. Gejala ini sering menjadi pertanda dari kondisi medis yang sangat serius yang membutuhkan perawatan segera. Beberapa orang dengan gejala ini mungkin tidak sadar, dan Anda harus mencari bantuan untuk menolong mereka.

Penyebab terjadinya Postur Abnormal

Postur yang tidak normal paling sering disebabkan oleh kerusakan otak atau sumsum tulang belakang. Jenis postur abnormal yang Anda alami akan tergantung pada area spesifik otak atau sumsum tulang belakang yang terpengaruh.

Kerusakan pada sistem saraf pusat dapat terjadi karena:

  • penumpukan cairan di dalam tengkorak
  • pembengkakan otak
  • pukulan langsung ke kepala
  • bekuan darah atau stroke
  • tumor otak
  • tekanan darah tinggi di otak akibat malaria
  • meningitis , yang merupakan kondisi peradangan yang disebabkan oleh virus atau infeksi bakteri
  • Sindrom Reye , yang merupakan kondisi serius yang menyebabkan pembengkakan tiba-tiba di hati dan otak, terutama pada anak-anak

Ada banyak kemungkinan penyebab terjadinya postur abnormal. Kebanyakan dari penyebab yang mendasarinya bisa sangat serius. Sangat penting untuk menghubungi 911 atau pergi ke Unit gawat darurat terdekat jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menunjukkan posture yang abnormal. Jika Anda tidak mencari pertolongan medis, Anda dapat mengakibatkan kerusakan otak permanen dan komplikasi yang mengancam jiwa.

Mendiagnosis dan Mengobati Postur yang Abnormal

Postur yang tidak normal tidak dapat ditangani di rumah. Seorang dokter di rumah sakit harus merawat kondisi ini. Perawatan untuk postur abnormal biasanya dilakukan dengan segera karena dianggap kondisi darurat.

Langkah pertama perawatan darurat biasanya dilakukan dengan memasukkan tabung pernapasan ke tenggorokan untuk membantu pernapasan. Kejang otot, trauma otak, dan penyebab postur abnormal lainnya dapat menyebabkan masalah pernapasan. Setelah kondisi Anda stabil, dokter dapat menentukan penyebab yang mendasarinya.

Untuk menemukan penyebab yang mendasarinya, dokter akan menanyakan berbagai pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda. Mereka juga akan menanyakan durasi gejala, jenis postur abnormal yang terjadi, cedera atau trauma yang baru-baru ini terjadi.

Setelah dokter mengumpulkan riwayat medis Anda, mereka kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik secara lengkap. Menentukan penyebab pasti terjadinya posisi tubuh yang abnormal membutuhkan waktu dan berbagai tes. Tes yang biasanya dilakukan meliputi:

  • Pemeriksaan electroencephalogram , yang memungkinkan dokter untuk mengukur aktivitas listrik di otak Anda dan mengidentifikasi masalah potensial yang terkait dengan hal ini
  • Pemeriksaan angiografi serebral , yang melibatkan penggunaan pewarna kontras untuk menentukan bagaimana aliran darah yang melalui otak Anda
  • tes pencitraan, seperti sinar-X dan CT scan, yang menghasilkan gambar detail otak untuk menunjukkan pembengkakan dan peradangan di dalam otak
  • pemantauan tekanan intrakranial, yang memungkinkan dokter Anda menilai jumlah tekanan di dalam tengkorak Anda

Anda harus dirawat di ICU sampai penyebab postur abnormal ditentukan dan distabilkan.

Mencegah Postur Abnormal

Postur yang tidak normal adalah gejala dari cedera, penyakit, atau kelainan yang terjadi. Mengabaikan gejala dapat menyebabkan kondisi yang mendasarinya menjadi lebih buruk. Pencegahan terletak pada penanganan yang tepat waktu. Langkah-langkah pencegahan lainnya termasuk:

  • mengenakan helm atau perlengkapan kepala saat berpartisipasi dalam olahraga atau kegiatan yang berisiko menyebabkan cedera pada kepala.
  • tidak pernah memberi anak aspirin tanpa persetujuan dokter
  • minum obat untuk mencegah malaria jika Anda bepergian ke daerah di mana penyakit ini sering ditemukan, seperti Afrika atau Amerika Selatan

Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya pembentukan gumpalan darah yang berpotensi menyebabkan stroke. Langkah-langkah ini meliputi:

  • mengendalikan tekanan darah
  • mengendalikan kadar gula darah
  • mengendalikan kadar kolesterol
  • berhenti merokok jika Anda merokok
  • berolahraga setidaknya tiga kali seminggu

Konsultasikan dengan dokter Anda tentang cara-cara menurunkan risiko terjadinya postur abnormal.

Ditinjau secara medis oleh Mark R Laflamme, MD pada 8 Maret 2016 - Ditulis oleh Suzanne Allen

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit