HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Perawatan Untuk Osteoartritis Lutut: Apa Sajakah?

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 26, 2020 Waktu baca: 5 menit
Perawatan Untuk Osteoartritis Lutut: Apa Sajakah?

Osteoartritis (OA) adalah gangguan kronis paling umum yang menyerang sendi. OA lutut terjadi ketika tulang rawan, atau bantalan, di antara sendi lutut rusak. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit, kaku, dan bengkak.

Dokter Anda akan merekomendasikan pilihan perawatan yang dapat membantu mengatasi nyeri dan pembengkakan sendi. Perawatan ini dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan membantu mempertahankan aktivitas sehari-hari. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Tidak ada obat khusus untuk kondisi osteoartritis, oleh karena itu manajemen yang efektif sangatlah penting.

Pilihan perawatan Anda akan tergantung pada sejumlah faktor unik dan kebutuhan kesehatan Anda. Ini termasuk riwayat medis Anda, tingkat rasa sakit, dan dampak osteoartritis pada kehidupan sehari-hari Anda.

Dalam kebanyakan kasus, perawatan termasuk kombinasi terapi, serta perubahan gaya hidup sehat. Inilah yang harus Anda ketahui tentang setiap pilihan perawatan. Pastikan untuk membicarakan dengan dokter Anda sebelum melakukan rencana perawatan yang Anda tentukan.

Kebiasaan sehat

Kebiasaan gaya hidup sehat dapat sangat membantu penderita osteoartritis lutut. Dokter dapat menyarankan memasukkan perubahan berikut ke dalam rencana perawatan Anda.

  • Olahraga teratur

Olahraga secara teratur adalah tindakan paling penting untuk membantu kondisi Anda. Dengan melakukan kebiasaan ini, orang-orang dengan kondisi ini dapat sangat diuntungkan dari manfaat olahraga teratur dan sedang.

Olahraga teratur dapat membantu:

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Kebanyakan ahli merekomendasikan latihan aerobik atau olahraga berisiko rendah, seperti bersepeda, berjalan, atau berenang. Aerobik adalah pilihan olahraga lain yang baik. Jenis latihan ini dapat mengurangi tekanan pada sendi serta Anda juga dapat mendapatkan semua manfaat dari latihan aerobik.

Mengendarai sepeda stasioner adalah pilihan lain yang baik, karena jenis olahraga ini mengambil tekanan dari sendi lutut. Selain itu, dapat juga membantu mempertahankan kekuatan di paha depan dan kelompok otot hamstring

Kelompok-kelompok ini digunakan ketika bergerak dari posisi duduk ke berdiri, dan membantu menstabilkan lutut.

Jika kondisi lutut Anda parah, Anda mungkin ingin menghindari olahraga berisiko tinggi seperti berlari atau menaiki aerobik. Pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang regimen latihan terbaik untuk Anda.

  • Pertahankan berat badan yang sehat

Jika Anda kelebihan berat badan, mengurangi berat badan dapat bermanfaat bagi kondisi Anda. Penurunan berat badan dapat mengurangi ketegangan pada sendi dan mengurangi gejala Anda.

Untuk mempertahankan berat badan yang sehat, lakukan olahraga rutin secara teratur selain makan sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk diet seimbang:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1
  • Pastikan diet Anda terdiri dari buah-buahan, sayuran, protein, karbohidrat, dan lemak.
  • Batasi asupan gula, lemak jenuh, dan garam.
  • Cobalah untuk mendapatkan dua porsi ikan per minggu.
  • Hindari makanan yang digoreng.
  • Makanlah daging merah tidak lebih dari dua kali seminggu.

Over-the-counter (OTC) dan obat resep untuk menghilangkan rasa sakit

Banyak orang dengan osteoartritis minum obat untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi gejala. 

Beberapa pilihan OTC dapat meredakan nyeri ringan, seperti:

  • Asetaminofen. Merupakan pengobatan lini pertama bagi mereka yang mengalami nyeri OA ringan hingga sedang. Efek samping yang umum termasuk mual dan sakit perut bagian atas.
  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Jika acetaminophen tidak memberikan bantuan, Anda dapat mempertimbangkan NSAID seperti naproxen atau ibuprofen. Obat-obatan OTC ini kadang-kadang dapat menyebabkan masalah perut.

Jika gejala Anda parah, dokter mungkin akan meresepkan:

  • Inhibitor COX-2.  Celecoxib (Celebrex) adalah salah satu pilihan umum dari golongan obat ini. Inhibitor COX-2 memiliki risiko lebih kecil dalam gangguan lambung, tetapi dapat menyebabkan masalah jantung yang serius.
  • Asam hialuronat: Asam ini digunakan sebagai jenis cairan pengganti sendi. Karena berfungsi sebagai pelumas, dokter dapat menyuntikkan asam hialuronat ini. Pastikan untuk mendiskusikan potensi manfaat dan risiko injeksi ini dengan dokter Anda.

Terapi fisik dan alternatif untuk bantuan dan rehabilitasi

Ada beberapa pilihan terapi untuk osteoartritis, termasuk terapi fisik, terapi okupasi, dan alternatif. 

Terapi fisik menggunakan latihan untuk melatih otot dan meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas sendi. Terapi okupasi berfokus untuk membantu Anda mengelola aktivitas normal dengan lebih baik, seperti berjalan, mandi, dan berpakaian. 

Terapi alternatif dapat mencakup pijat, hidroterapi, dan terapi relaksasi. Akupunktur juga bermanfaat. Bukti menunjukkan bahwa akupunktur mungkin efektif dalam mengurangi gejala ketika digunakan dengan obat-obatan lain.

Steroid injeksi untuk mengurangi Peradangan

Glukokortikoid atau kortikosteroid yang dapat disuntikkan adalah steroid yang dapat disuntikkan langsung ke dalam sendi. 

Suntikan steroid digunakan untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan sementara. Mungkin ada risiko kerusakan pada tulang rawan Anda, sehingga sebagian besar dokter membatasi suntikan steroid hingga tiga atau empat kali setahun per sendi.

Viscosupplements untuk bantalan sendi

Pada penderita osteoartritis, cairan di dalam sendi lutut yang menyediakan pelumasan dan bantalan untuk sendi bisa menjadi rusak. 

Viscosupplements disuntikkan langsung ke lutut. Injeksi ini bertujuan untuk mengganti cairan lutut yang sakit dengan zat seperti gel yang mirip dengan cairan yang ditemukan pada sendi yang sehat. Selain itu, dapat memberikan bantalan dan pelumasan untuk sendi, dan dapat menghilangkan rasa sakit.

Operasi untuk memperbaiki sendi

Jika Anda mengalami nyeri sendi yang parah dan belum menemukan kelegaan dengan terapi lain, pembedahan mungkin menjadi pilihan Anda berikutnya. Dokter akan membantu Anda memutuskan apakah Anda seorang kandidat untuk operasi, terutama jika pilihan pengobatan lainnya tidak membantu. 

Pilihan bedah yang paling umum untuk mengobati OA lutut adalah:

  • Pembedahan Arthroscopic

Ini adalah prosedur invasif minimal yang digunakan untuk memperbaiki cedera pada atau membersihkan puing-puing dari sendi. Orang di bawah usia 40 tahun umumnya merupakan kandidat terbaik untuk artroskopi. 

Dalam kebanyakan kasus, tindakan pembedahan ini akan meringankan gejala menyakitkan segera setelah prosedur. Kekurangannya, bagaimanapun, adalah bahwa studi belum menunjukkan apakah operasi dapat mencegah kerusakan sendi lebih lanjut.

  • Osteotomi

Prosedur ini melibatkan pemotongan tulang untuk mengambil tekanan dari bagian yang terluka pada sendi dan memperbaiki keselarasan tulang. Perawatan ini biasanya diperuntukkan bagi orang yang lebih aktif di bawah usia 40 yang tulangnya tidak terletak pada sudut yang benar. Jenis operasi ini biasanya efektif dalam menghentikan kerusakan sendi.

  • Penggantian sendi

Ini adalah prosedur kompleks yang melibatkan penggantian bagian lutut yang terluka atau rusak dengan bagian buatan. 

Penggantian sendi telah dipelajari secara luas dan terbukti mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas dan fungsi sehari-hari. Tergantung pada usia Anda, operasi penggantian sendi lain mungkin diperlukan. 

Penggantian sendi total umumnya tidak dianjurkan jika Anda kelebihan berat badan atau memiliki tulang yang lemah.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Deveza, LA. Overview of the management of osteoarthritis. https://www.uptodate.com/contents/search.
Rakel D, ed. Osteoarthritis. In: Integrative Medicine. 4th ed. Philadelphia, Pa.: Elsevier; 2018. https://www.clinicalkey.com.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app