Kesehatan Fisik

Pengaruh Diabetes Kepada Kesehatan Bagian Tubuh Lainnya

Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pengaruh Diabetes Kepada Kesehatan Bagian Tubuh Lainnya

Diabetes adalah suatu kondisi terganggunya proses metabolisme dikarenakan ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin sehingga mempengaruhi tingkat glukosa dalam darah.
Diabetes yang tidak ditangani dengan tepat akan berakibat buruk apalagi bila telah menimbulkan komplikasi pada fungsi tubuh lainnya.

Beberapa kasus komplikasi yang kerap ditemukan, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Penyakit Jantung
Penyakit jantung adalah salah satu komplikasi diabetes yang paling umum. Perhatikan kadar kolesterol anda dan beberapa faktor pribadi yang meningkatkan resiko komplikasi diabetes dengan gangguan gagal jantung.

Tentunya orang dengan gaya hidup tidak sehat, semisal perokok aktif dan makan dengan pola tinggi kolesterol, akan lebih beresiko terserang gagal jantung.

Stroke
Mati rasa pada satu sisi wajah dan tubuh, lengan, maupun kaki, disertai gangguan mengsinkronisasi kedua bola mata adalah tanda-tanda atau gejala datangnya stroke. Komplikasi diabetes yang menyebabkan stroke biasanya karena terjadi gangguan pusat syaraf yang dikarenakan kacaunya metabolisme.


Nefropati Diabetik (Penyakit Ginjal)
Jika anda terserang penyakit diabetes,tes urin secara rutin dan berkala menjadi suatu kewajiban. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi kelainan fungsi ginjal.

Diabetes Neuropati (Kerusakan Saraf)
Bahkan luka yang kecil, dapat membawa dampak yang besar bagi penderita diabetes. Seiring berjalannya waktu, diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf yang menghasilkan gejala mati rasa atau malah kulit terapa melepuh.

Saat anda tidak lagi merasakan sesuatu pada kulit anda, hal ini akan membuat alarm tubuh anda mati. Sehingga kala kulit tergores sesuatu, anda tak akan menyadari hal itu dan justru telah terlambat saat anda menyadari keberadaan luka.

Retinopati Diabetik
Untuk memantau daya penglihatan, ada baiknya dilakukan pemeriksaan mata setidaknya setahun sekali. Pada saat tes mata, dokter akan memastikan tentang seberapa besar pengaruh diabetes pada retina mata. Biasanya diabetes akan menyebabkan kerusakan pada mata anda.

Gastroparesis
Diabetes meningkatkan resiko gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan menurunnya kinerja sistem pencernaan dan terganggunya saraf-saraf pada perut dan usus. Membuat lambung sulit untuk mencerna sari makanan sehingga meningkatkan kandungan gula darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!


Disfungsi Ereksi
Impoten sering kali dikaitkan dengan diabetes. Diabetes juga dipercaya turut menurunkan kualitas sperma. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat adalah salah satu cara untuk menanggulangi kondisi ini. Selain itu konsultasikan pada dokter untuk mengambil langkah yang diperlukan, semisal memberikan obat-obatan maupun langkah medis.

Masalah Kulit
Sebanyak sepertiga orang dengan diabetes akan memiliki kondisi kulit yang berhubungan dengan penyakit mereka pada suatu saat dalam kehidupan mereka.
Tingginya kadar glukosa dalam darah memberikan tempat berkembang biak yang sangat baik bagi bakteri dan jamur dan dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Untungnya, kondisi kulit yang paling dapat dicegah dan berhasil diobati jika lebih awal terdeteksi.

Infeksi
Diabetes tipe 2 memperlambat kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Glukosa darah yang tinggi menyebabkan gula tingkat tinggi dalam jaringan tubuh. Ketika ini terjadi, bakteri tumbuh dan infeksi dapat berkembang lebih cepat.

Tempat-tempat yangumum terinfeksi, ialah kandung kemih, ginjal, vagina, gusi, kaki, dan kulit

Masalah Gigi
Orang dengan diabetes menghadapi risiko masalah kesehatan gigi dan mulut lebih tinggi. Semakin tak terkendali gula darah, semakin meningkatkan kemungkinan kerusakan pada rongga mulut dan gigi.

Hal ini disebabkan karena tidak terkontrolnya sel-sel darah putih yang merupakan pertahanan tubuh terhadap infeksi.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit