Mitos Tentang Penyakit Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mitos Tentang Penyakit Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

Merawat penyakit diabetes memang dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang terus-menerus. Pasien tidak hanya dituntut untuk mencari informasi seputar penyakit diabetes dan perawatannya, tapi juga untuk menjaga kadar gula di dalam darah. Namun, perlu diingat banyaknya sumber informasi yang Anda baca belum seluruhnya dapat dikatakan benar. 

Beberapa informasi mungkin tidak terbukti secara ilmiah tapi hanya mitos belaka. Cobalah simak serangkaian mitos dan fakta di bawah ini agar Anda dapat tidak tersesat pada info yang salah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Mitos diabetes 1: Diabetes bukan penyakit yang serius

Fakta: Diabetes merupakan penyakit yang lebih mengancam nyawa ketimbang penyakit kanker payudara dan AIDS. Dua dari tiga penderita diabetes di kemudian hari dapat mengalami komplikasi penyakit hati dan stroke.

Mitos diabetes 2: Jika orangtua terkena diabetes, Anda pasti akan terkena diabetes melitus

Fakta: Memang ada faktor genetik pada penyakit diabetes, namun masih banyak faktor lainnya yang memainkan peran khususnya pola gaya hidup seseorang. Jika seseorang menjaga dengan baik kondisi gaya hidupnya dan rajin berolahraga, maka ia belum tentu mengalami diabetes.

Mitos diabetes 3: Orang dengan penyakit diabetes harus makan makanan khusus

Fakta: Menu sehat bagi penderita penyakit diabetes secara umum hampir sama dengan menu pada orang normal. Hindari lemak jenuh dalam menu Anda, jumlah asupan gula yang seimbang, dan banyak mengkonsumsi makanan yang berasal dari gandum, sayur, serta buah.

Mitos diabetes 4: Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan kaya karbohidrat

Fakta: Makanan mengandung karbohidrat merupakan salah satu aspek yang harus diatur dalam menu sehat Anda. Anda masih boleh mengkonsumsi 3-4 kali makanan mengandung karbohidrat, asal yang terpenting adalah porsi. Mungkin anda bisa mengganti nasi dengan: nasi merah, kentang, gandum.

Mitos diabetes 5: Penderita diabetes pantang makan makanan manis

Fakta: Bila makanan manis itu tergolong makanan yang menyehatkan, tidak ada pantangan untuk mengkonsumsinya asal diiringi dengan olahraga dan lagi, porsinya yang harus selalu dicermati agar tidak berlebih.

Mitos diabetes 6: Anda dapat terjangkit diabetes dari orang lain

Fakta: Penyakit diabetes tidak menular dari orang ke orang lain. Penyakit ini cenderung muncul akibat faktor genetik dan pola hidup.

Mitos diabetes 7: Buah adalah makanan sehat, Anda dapat memakannya sebanyak-banyaknya

Fakta: Jangan salah kaprah, buah juga mengandung karbohidrat, maka perlu mengatur jumlahnya dalam menu makanan. Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan biasanya memberikan efek yang kurang baik. 

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app