Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Pembesaran Limfa - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.196.866 orang

Apa penyebab pembesaran limpa?

Splenomegaly adalah suatu kondisi yang terjadi ketika limpa Anda membesar. Limpa adalah bagian dari sistem limfatik Anda. Limpa berfungsi untuk membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyimpan sel darah putih dan membantu dalam pembuatan antibodi.

Limpa terletak pada sisi kiri tubuh Anda, di bawah tulang rusuk Anda. Dan berfungsi untuk:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • menyaring bakteri yang telah ditangkap oleh antibodi
  • memproses ulang sel darah merah yang sudah tua
  • mendaur ulang zat besi dalam hemoglobin

Limpa Anda sangat dibutuhkan tubuh Anda untuk melawan infeksi karena limpa adalah sumber dari dua jenis sel darah putih, sel B dan sel T. Sel darah putih melindungi tubuh Anda dari bakteri dan infeksi.

Limpa biasanya berukuran sebesar kepalan tangan Anda, tetapi ketika ketika terjadi splenomegaly, ukurannya bisa menjadi jauh lebih besar.

Apa yang harus saya perhatikan?

Beberapa orang dengan limpa yang membesar tidak mengalami gejala, dan kondisi ini hanya ditemukan saat pemeriksaan fisik rutin. Jika Anda sangat langsing, Anda dapat merasakan adanya pembesaran limpa dengan perabaan.

Gejala umum dari limpa yang membesar adalah perasaan sakit atau tidak nyaman di sisi kiri perut bagian atas, di mana limpa berada. Anda mungkin juga mengalami perasaan cepat kenyang walau hanya makan dalam jumlah sedikit.

Gejala-gejala tersebut biasanya terjadi ketika limpa membesar pada suatu titik dimana limpa mulai menekan lambung. Jika limpa Anda mulai menekan organ-organ lain, maka hal tersebut dapat mempengaruhi aliran darah ke limpa. Sehingga dapat menyebabkan limpa Anda tidak dapat menyaring darah Anda dengan benar.

Jika limpa Anda menjadi terlalu besar, maka limpa Anda akan mulai merombak sel darah merah Anda dalam jumlah yang berlebihan. Jika hal ini terjadi, maka sel darah merah dalam darah akan berkurang dan dapat menyebabkan kondisi yang disebut anemia.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika limpa Anda tidak dapat membuat cukup sel darah putih akibat splenomegaly, Anda mungkin juga akan lebih mudah terkena infeksi.

Kapan harus ke dokter

Jika Anda mengalami gejala pembesaran limpa, Sangat disarankan untuk segera pergi ke dokter. Jika Anda mengalami rasa sakit yang parah di sisi kiri perut bagian atas, atau jika rasa sakit memburuk saat Anda bernapas, segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Apa yang bisa menyebabkan splenomegaly?

Limpa yang membesar dapat disebabkan oleh sejumlah penyakit dan kondisi medis. Infeksi, seperti mononukleosis , adalah salah satu penyebab splenomegaly yang paling umum. Masalah dengan hati Anda, seperti sirosis dan cystic fibrosis , juga dapat menyebabkan limpa membesar.

Kemungkinan lain penyebab splenomegaly adalah rematik artritis remaja. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan pada sistem getah bening. Karena limpa adalah bagian dari sistem getah bening, peradangan ini dapat menyebabkan limpa menjadi membesar.

Penyebab lain yang berpotensi menyebabkan limpa membesar meliputi:

  • malaria
  • penyakit Hodgkin
  • leukemia
  • gagal jantung
  • sirosis
  • tumor di limpa atau dari organ lain yang telah menyebar ke limpa
  • infeksi virus, bakteri, atau parasit
  • penyakit peradangan, seperti lupus atau rheumatoid arthritis
  • penyakit sel sabit

Menangani splenomegaly

Untuk mengobati limpa yang membesar, dokter Anda harus mengobati penyebab yang mendasarinya. Jika penyebab pembesaran limpa Anda adalah infeksi, dokter Anda mungkin akan meresepkan Anda antibiotik, tergantung pada organisme yang menyebabkan infeksi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika infeksi yang menyebabkan pembesaran limpa disebabkan oleh bakteri, antibiotik dapat membantu. Jika virus yang menyebabkan infeksi Anda, seperti halnya mononukleosis, antibiotik tidak akan membantu.

Dalam kasus yang serius, dokter Anda mungkin menyarankan agar limpa Anda diangkat, yang disebut splenectomy . Sangat mungkin untuk menjalani kehidupan yang normal dan sehat setelah limpa Anda diangkat. Mungkin risiko Anda terkena infeksi akan meningkat, tetapi Anda dapat mengurangi risiko terkena infeksi dengan mendapatkan vaksinasi yang sesuai.

Rencana ke depan

Jika Anda menderita splenomegaly, mencari cara untuk mencegah kerusakan pada limpa Anda yang telah membesar sangatlah penting. Ketika limpa Anda membesar, limpa Anda memiliki risiko lebih besar untuk pecah. Limpa yang pecah dapat menyebabkan perdarahan internal berat yang dapat mengancam jiwa.

Hindari bermain olahraga kontak, seperti sepak bola atau hoki, dan pastikan Anda mengenakan sabuk pengaman saat berada di dalam mobil. Jika Anda mengalami kecelakaan, sabuk pengaman Anda akan membantu melindungi organ Anda, termasuk limpa Anda, dan akan mengurangi kemungkinan terjadinya trauma pada organ dalam Anda.

Dengan pengobatan penyebab yang mendasari limpa Anda membesar, Anda dapat melanjutkan hidup normal dan sehat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini