Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Passion Flower: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.601.888 orang

Passion flower (passiflora incarnata) merupakan suplemen herbal yang biasanya  digunakan dalam mengobati kecemasan, insomnia, kejang, dan histeria. Tanaman merambat tahunan yang berasal dari Amerika Utara bagian tenggara, passion flower sekarang tumbuh di seluruh Eropa.

Suplemen herbal terdiri dari bunga, daun, dan batang tanaman. Ketika digunakan dalam pengobatan komplementer, passion flower tersedia dalam bentuk infus, teh, ekstrak cair, dan tingtur.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Mengenai Passion Flower

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Serbuk teh, ekstrak cair, infus dan tincture

Kandungan

Alkaloid, seperti harmine, harman, harmol, harmaline, harmalol, dan passaflorine.

Flavonoid, apigenin, berbagai glikosida, homoorientin, isovitexin, kaempferol, luteolin, orientin, quercetin, rutin, saponaretin, saponarin, dan vitexen.

Manfaat Passion Flower

Beberapa orang menggunakan passion flower secara oral untuk mengatasi masalah tidur (insomnia), kecemasan, gangguan penyesuaian, attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD), nyeri, fibromyalgia, menghilangkan gejala penarikan opioid, mengurangi kecemasan dan kegugupan sebelum operasi, dan gagal jantung.

Beberapa orang mengoleskan passion flower langsung ke kulit untuk mengatasi wasir, luka bakar, dan pembengkakan (peradangan).

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Dalam makanan dan minuman, ekstrak bunga markisa digunakan sebagai perasa. Zat kimia dalam passion flower memiliki efek menenangkan, merangsang tidur, dan menghilangkan kejang otot.

Dosis Passion Flower

Tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung penggunaan passion flower pada anak-anak. Selain itu, penting untuk menekankan bahwa dosis dibawah ini bukanlah sebuah resep, melainkan hanya pedoman yang disarankan.

  • Infus: 2,5 gram, 3 hingga 4 kali sehari
  • Serbuk Teh: Teh yang terbuat dari 4 hingga 8 gram ramuan kering, setiap hari
  • Ekstrak cair: 10 hingga 30 tetes, 3 kali sehari
  • Tingtur: 10 hingga 60 tetes, 3 kali sehari

Saran dan anjuran yang sama berlaku ketika menggunakan passion fruit seperti halnya untuk suplemen alami lainnya. Baca label produk dan diskusikan dengan dokter atau penyedia medis lainnya dosis apa yang cocok untuk Anda dan kebutuhan medis spesifik. 

Pastikan untuk memberi tahu dokter tentang obat lain yang Anda gunakan atau obat yang Anda gunakan, meskipun hanya sesekali.

Efek samping Passion Flower

  • Passion flower umumnya aman dikonsumsi ketika digunakan dalam penyedap makanan dan mungkin aman bagi ketika diminum sebagai teh setiap malam selama 7 malam, atau sebagai obat hingga 8 minggu.
  • Passion flower mungkin tidak aman ketika diminum dalam jumlah besar, seperti 3,5 gram ekstrak spesifik selama periode 2 hari. Passion flower dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti mengantuk, pusing, dan kebingungan.
  • Tidak ada informasi yang cukup untuk menilai keamanan passion flower ketika diterapkan pada kulit.

Interaksi Passion Flower dengan Obat Lain

Hati-hati penggunaan passion flower dengan obat dibawah ini:

  • Obat penenang (depresan SSP). Passion flower dapat menyebabkan rasa kantuk. Obat yang menyebabkan kantuk disebut obat penenang. Mengkonsumsi passion flower bersama dengan obat penenang dapat menyebabkan kantuk yang berlebih
  • Beberapa obat penenang termasuk pentobarbital (Nembutal), fenobarbital (Luminal), secobarbital (Seconal), clonazepam (Klonopin), lorazepam (Ativan), zolpidem (Ambien), dan lainnya.

Perhatian

  • Anak-anak: passion flower mungkin aman bagi sebagian besar anak ketika diminum dalam waktu singkat. Produk passion flower khusus telah digunakan dengan aman pada anak usia 6-13 tahun dengan dosis 0,04 mg per kg berat badan setiap hari hingga 8 minggu.
  • Kehamilan : passion flower mungkin tidak aman bila diminum selama masa kehamilan. Ada beberapa bahan kimia di tanaman passion flower yang dapat menyebabkan rahim berkontraksi. Jangan gunakan passion flower jika Anda sedang hamil.
  • Menyusui: Tidak cukup diketahui tentang keamanan meminum passion flower selama menyusui. Sebaiknya jangan mengkonsumsi passion flower dalam jumlah yang berlebihan kecuali ada saran dan anjuran dari dokter.
  • Pembedahan: passion flower dapat menyebabkan seseorang merasa ngantuk. Hal ini dapat meningkatkan efek anestesi dan obat lain pada otak selama dan setelah operasi. Bicaralah dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda mengkonsumsi passion flower dalam waktu 2 minggu dari jadwal operasi.

Sebelum Anda menggunakan passion flower ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau profesional kesehatan lainnya mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari suplemen herbal tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaannya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini