Oregano: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 19, 2019 Update terakhir: Mei 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Oregano adalah ramuan kuliner dan obat dari mint, atau keluarga Lamiaceae. Oregano telah digunakan dalam pengobatan dan kuliner selama ribuan tahun. Nama Oregano berasal dari kata Yunani "oros," yang berarti gunung, dan "ganos," yang berarti sukacita. 

Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 50 cm dan memiliki daun berwarna ungu dengan panjang sekitar 2 sampai 3 sentimeter. Oregano diyakini mengandung antioksidan kuat dan memiliki sifat anti-bakteri.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengenai Oregano

Golongan

Herbal

Kemasan

Serbuk, minyak

Kandungan

  • timol
  • pinene
  • limonene
  • carvacrol
  • ocimene
  • caryophyllene
  • serat
  • kalsium
  • besi
  • magnesium
  • mangan
  • kalium
  • vitamin E
  • vitamin K

Manfaat Oregano

Oregano telah digunakan dalam pengobatan herbal sejak dahulu kala oleh orang Yunani Kuno. Hippocrates menggunakan oregano sebagai antiseptik. Oregano dipercaya dapat digunakan untuk mengobati gangguan saluran pernapasan, gangguan gastrointestinal (GI), kram menstruasi, dan gangguan saluran kemih.

Oregano dalam bentuk minyak digunakan dengan cara dioleskan pada kulit untuk membantu merawat sejumlah kondisi kulit, seperti jerawat dan ketombe. Berikut beberapa manfaat oregano untuk kesehatan.

1. Sifat antibakteri

Minyak Oregano mengandung senyawa penting yang disebut carvacrol, yang memiliki sifat antimikroba.

2. sifat anti-inflamasi

Para ilmuwan dari Jerman dan Swiss mengidentifikasi bahan aktif di oregano, yang dikenal sebagai beta-caryophyllin (E-BCP), yang dapat membantu mengobati gangguan seperti osteoporosis dan arteriosklerosis.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

3. Melindungi dari kanker

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE pada tahun 2013 menyarankan bahwa oregano menunjukkan aktivitas antikanker. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa oregano dapat membantu mencegah dan mengobati kanker payudara dengan memperlambat atau mencegah perkembangannya.

Pada tahun 2014, para ilmuwan menemukan bahwa ramuan kuliner populer oregano, rosemary, dan marjoram mengandung senyawa yang mungkin memiliki potensi untuk mengelola diabetes tipe 2 dengan cara yang mirip dengan beberapa obat yang diresepkan saat ini.

Kemungkinan manfaat kesehatan lainnya

Menurut Basis Data Komprehensif Obat Alami, oregano dapat digunakan untuk penyakit dan kondisi berikut:

Minyak atsiri Oregano, terbuat dari Origanum vulgare atau Thymus capitatus, dapat membantu mengatasi masalah berikut:

Walaupun oregano diyakini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan, namun hingga saat ini belum banyak penelitian yang membuktikan manfaat-manfaat oregano seperti yang disebutkan sebelumnya. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan efektivitas oregano sebagai pengobatan.

Dosis Oregano

Walaupun begitu banyak manfaat kesehatan dari oregano, hingga saat ini, tidak ada informasi lengkap mengenai dosis penggunaan oregano secara klinis. Hingga saat ini, informasi klinis yang terpercaya mengenai penggunaan oregano hanya mencakup penggunaan oregano untuk mengatasi parasit usus: 200 mg minyak oregano yang diminum tiga kali sehari selama 6 minggu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Efek samping Oregano

Daun Oregano secara umum aman digunakan bila digunakan dalam jumlah yang normal seperti yang terkandung di dalam makanan dan aman bila diminum atau dioleskan ke kulit dalam jumlah tertentu.

Efek samping ringan yang ditimbulkan dari penggunaan oregano meliputi sakit perut. Oregano juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang memiliki alergi terhadap tanaman dalam keluarga Lamiaceae.

Interaksi Oregano

Lithium

Oregano mungkin memiliki efek seperti pil air atau "diuretik." Mengkonsumsi oregano mungkin mengurangi kemampuan tubuh untuk mengeluarkan lithium. Sehingga dapat meningkatkan jumlah lithium dalam tubuh dan menghasilkan efek samping yang serius.

Perhatian

  • Kehamilan dan menyusui: Oregano mungkin tidak aman ketika diminum dalam jumlah yang banyak selama kehamilan. Ada kekhawatiran bahwa mengkonsumsi oregano dalam jumlah yang lebih besar dari jumlah normal yang terdapat pada makanan dapat menyebabkan keguguran. Tidak ada cukup informasi mengenai keamanan penggunaan oregano bila digunakan dalam jumlah besar saat menyusui.
  • Gangguan pendarahan: Oregano dapat meningkatkan risiko perdarahan pada orang dengan gangguan pendarahan.
  • Alergi: Oregano dapat menyebabkan reaksi pada orang yang alergi terhadap tanaman keluarga Lamiaceae, termasuk kemangi, hisop, lavender, marjoram, mint, dan sage.
  • Diabetes: Oregano dapat menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes harus menggunakan oregano dengan hati-hati.
  • Pembedahan: Oregano dapat meningkatkan risiko pendarahan. Orang yang menjalani pengobatan menggunakan oregano harus menghentikan pengobatan 2 minggu sebelum operasi.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Oregano: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/oregano/supplements.htm)
Oregano Uses, Benefits & Side Effects Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/oregano.html)
Oregano . National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30000904)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app