Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Obstruksi Jalur Nafas Bagian Atas Akut: Penyebab,Gejala,dan Pengobatannya

Update terakhir: DEC 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 975.915 orang

Acute Upper Airway Obstruction (UAO akut) adalah sumbatan yang terjadi pada jalur nafas bagian atas Anda. Jalur nafas bagian atas sistem pernafasan Anda terdiri dari trakea, laring atau kotak suara, dan tenggorokan. Sumbatan pada jalur nafas dapat mengurangi jumlah oksigen yang dapat diserap tubuh Anda.

Kekurangan oksigen dapat menyebabkan kerusakan otak , dan juga serangan jantung dalam beberapa menit. Sumbatan apapun pada jalur nafas bagian atas memiliki potensi untuk mengancam nyawa. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Segera dapatkan perhatian medis jika Anda mencurigai jika Anda, atau seseorang yang Anda kenal, mengalami sumbatan pada jalur nafas bagian atas.

Apa yang menyebabkan sumbatan?

Tiga hal yang paling umum yang dapat menyebabkan UAO akut adalah:

Anaphylaxis

Anaphylaxis adalah reaksi alergi yang parah yang dapat terjadi semenit setelah kontak dengan alergen. Alergen adalah senyawa yang memicu reaksi alergi pada tubuh. 

Anaphylaxys bisa fatal. Selama reaksi anaphylaktik, jalur nafas Anda akan membengkak dan menyumbat pernafasan Anda. Kacang dan sengatan lebah adalah alergen penyebab anaphylaxis yang paling umum. 

Beberapa orang memiliki alergi terhadap obat tertentu seperti penisilin, yang menyebabkan reaksi yang berbahaya.

Croup

Croup adalah kondisi yang menyebabkan batuk yang kasar. Batuk yang kasar disebabkan oleh tenggorokan dan pita suara yang terinflamasi. Tenggorokan yang membengkak menyebabkan getaran pada pita suara Anda sehingga menghasilkan suara yang berbeda. 

Croup tidak dianggap sebagai kondisi yang berbahaya, dan dapat disembuhkan di rumah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Epiglotitis

Epiglotitis adalah kondisi yang terjadi akibat pembengkakan epiglotitis. Epiglotis adalah kartilago yang menutupi bukaan tenggorokan. Pembengkakan dapat disebabkan apapun mulai dari infeksi hingga minum kopi yang terlalu panas. Epiglotitis dapat menyumbat aliran udara ke paru-paru Anda, dan dapat bersifat membahayakan nyawa.

Benda asing

Menghirup benda asing, seperti kacang atau benih, dapat menyebabkan UAO akut. Benda asing dapat tersangkut ke tenggorokan Anda dan jalur udara lainnya, menyebabkan sumbatan. Benda asing yang tersumbat umum terjadi pada anak-anak yang masih kecil.

Jalur nafas Anda juga dapat tersumbat jika Anda menghirup benda asing atau makanan.

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter?

Anda harus segera mendapatkan bantuan medis seketika Anda mencurigai Anda mengalami UAO akut. Gejala dapat bermacam-macam, tetapi beberapa umum apapun penyebab sumbatannya. Beberapa gejala umum penyumbatan, mulai dari yang kurang parah:

  • Kecemasan
  • Kebingungan
  • Panik
  • Mengeluarkan air liur
  • Pembengkakan wajah dan lidah
  • Kesulitan bernafas
  • Nafas berdecit dan suara nafas yang tidak normal
  • Tersedak
  • Tidak sadarkan diri

Sianosis juga dapat muncul sebagai tanda UAO akut, bergantung pada keparahan dan durasi sumbatan. Sianosis terjadi ketika tidak cukup oksigen dalam darah. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan kebiruan pada kulit, bibir,dan kuku. Jika Anda menyadari kebiruan pada bagian tubuh tersebut, segera bawa ke gawat darurat.

Perawatan gawat darurat sumbatan jalur nafas bagian atas

Pengobatan UAO Anda akan bergantung pada penyebabnya. Tidak penting penyebab sumbatannya, mendapatkan bantuan medis merupakan hal yang sangat penting.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Anaphylaxis

Karena berpotensi membahayakan nyawa, anaphylaxis memerlukan bantuan medis. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami anaphylaxis, segera hubungi ambulans. 

Pengobatan anaphylaxis dapat melibatkan penggunaan oksigen, bersamaan dengan penggunaan antihistamin dan obat anti-inflamasi untuk membantu Anda bernafas dan mengurangi pembengkakan.

Jika Anda mengetahui bahwa Anda berisiko anaphylaxis, dokter akan memberikan Anda auto-injektor. Auto-injektor adalah suntikan yang mengandung dosis epinephrine atau adrenaline yang sudah diukur dosisnya. Epinephrine efektif untuk menghentikan anaphylaxis, dan dapat menyelamatkan nyawa Anda.

Epiglotitis

Untuk mengobati epiglotitis, dokter akan memastikan apakah Anda bisa bernafas. Hal ini biasanya dilakukan dengan memberi oksigen menggunakan masker atau tabung pernafasan. Jika Anda mengalami epiglotitis karena infeksi, Anda akan diberi resep antibiotik.Croup

Croup biasanya dapat dirawat di rumah. Menghirup udara yang lembab dengan bantuan humidifier dan meminum banyak air dapat mempercepat penyembuhan. 

Jika gejala semakin memburuk. Dokter akan memberikan kortikosteroid, yaitu obat yang dapat mengurangi inflamasi. Untuk croup akibat infeksi, dokter juga akan meresepkan antibiotik.

Anak-anak memiliki jalur nafas yang kecil dan sangat berisiko terhadap komplikasi pembengkakan jalur nafas. Jika anak-anak dengan croup mulai membuat suara berdecit saat menghirup atau menghembuskan nafas, merasa cemas, atau kesulitan bernafas, segera dapatkan bantuan medis.

Benda asing

Jika anak Anda menghirup benda asing, dan tidak dapat membatukkan, berbicara atau bernafas, segera hubungi ambulans. Untuk anak-anak berumur 12 bulan keatas, palang merah merekomendasikan Anda memukul punggung, pada bagian bawah pundak dengan tangan. 

Pukulan harus keras, tapi tidak boleh menyakiti. Lalu berikan tekanan pada perut, yang disebut dengan Heimlich maneuver.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit