Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Fisik

Berbagai Penyebab Demam atau Badan Panas

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.556.112 orang

Berbagai Penyebab Demam atau Badan Panas

Berbagai Penyebab Demam / Panas  - Seseorang disebut demam ketika suhu tubuhnya 37.5 C atau lebih. Demam ini terjadi sebagai hasil dari respon kekebalan tubuh terhadap penjajah. Penjajah tersebut termasuk virus, bakteri, jamur, obat-obatan, atau racun lainnya.

Reaksi tersebut menghasilkan zat yang disebut pyrogen, yang memicu respon kekebalan tubuh. Pyrogen dalam jumlah banyak di jaringan akan memacu hipothalamus untuk meningkatkan pengaturan suhu dalam rangka untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Demam merupakan gejala umum dari infeksi. Pada anak-anak, imunisasi atau tumbuh gigi dapat menyebabkan demam ringan. Gangguan autoimun, reaksi obat, kejang, atau kanker juga dapat menyebabkan demam / panas.

Demam biasanya disertai dengan gejala-gejala sebagai berikut :

  • Menggigil, gemetar
  • Sakit otot dan sendi
  • Sakit kepala
  • Terkadang Berkeringat
  • Jantung berdetak kencang atau palpitasi (berdebar)
  • Kulit memerah
  • Merasa pingsan, pusing
  • kelemahan
  • Dengan suhu yang sangat tinggi (> 104 F/40 C), kejang-kejang, halusinasi, atau kebingungan mungkin aja terjadi. Jika terjadi, Carilah perawatan medis.

Demam dengan gejala lain dapat menunjukkan ke arah penyakit tertentu, misalnya:

Meningitis (Radang selaput otak) Demam disertai sakit kepala, leher kaku (kaku kuduk), kebingungan, biasanya pasien masih dalam keadaan sadar.

Infeksi Saluran Kemih  Demam disertai menggigil, rasa panas saat kencing, nyeri pinggang, perasaan tidak puas saat berkemih, anyang-anyangan.

Pneumonia (Paru-paru basah) Demam disertai sesak napas, batuk kronis, nyeri dada.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Gejala lain yang mungkin merupakan indikasi dari penyakit parah meliputi muntah berulang, diare berat, atau ruam kulit (bisa menjadi tanda Demam BerdarahRocky Mountain spotted fever, demam rematik, radang tenggorokan, atau cacar air).

Demam lepuh (Herpangina) merupakan lepuh kecil yang berubah menjadi luka (ulkus), biasanya pada bibir, langit-langir rongga mulut atau lidah, yang disebabkan oleh virus. Demam pada penyakit ini biasanya sangat tinggi. Ketika seorang anak tertular virus ini untuk pertama kalinya, gejala dan lepuh demam dapat cukup parah. Jika anak tidak dapat makan atau minum, hubungi dokter.

Beberapa vaksin yang diberikan dalam masa kanak-kanak dapat menyebabkan demam ringan dalam satu atau dua hari setelah suntikan. Jika reaksinya parah atau tampak kulit di tempat suntikan berwarna merah, panas, dan menyakitkan, hubungi dokter.

Itulah Berbagai Penyebab Demam / Panas, tapi kalau masih bingung dengan demam yang anda alami berkunjung saja ke Dokter.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini