6 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Paling Tokcer dan Manjur

Dipublish tanggal: Okt 25, 2019 Update terakhir: Jul 21, 2021 Tinjau pada Nov 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
6 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Paling Tokcer dan Manjur

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ibuprofen adalah nama yang paling populer untuk mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang.
  • Selain sebagai obat penurun panas, paracetamol juga bisa menjadi andalan untuk membantu mengatasi sakit gigi berlubang.
  • Asam mefenamat memiliki fungsi utama untuk mengurangi radang yang ditimbulkan karena gigi berlubang.
  • Natrium diklofenak adalah obat sakit gigi berlubang yang bekerja dengan cara memblokir akses produksi prostaglandin.
  • Naproxen sodium dan cataflam dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat gigi berlubang.
  • Klik untuk memesan paket tambal gigi atau perawatan gigi lainnya dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDmall.
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Anda pernah merasakan sakit gigi berlubang? Terkadang rasa nyerinya datang tiba-tiba dan sangat mengganggu aktivitas, apalagi sampai bikin susah tidur di malam hari. Kalau sudah begini, Anda tentu akan langsung mencari obat untuk meredakan nyerinya. Sudah tahu apa saja obat sakit gigi berlubang yang ampuh dan manjur? Cari tahu pada ulasan berikut ini.

Apa penyebab sakit gigi berlubang?

Rasa nyeri akibat gigi berlubang bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Penyebab utama terjadinya sakit gigi berlubang adalah timbunan plak dan bakteri dalam mulut.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi, Polishing dan Pemeriksaan Intraoral Camera At Tooth's Kingdom Dental Care

Karang Gigi merupakan penumpukkan plak yang sifatnya keras dan menempel pada gigi, bahkan akibat plak yang terlalu keras bisa melapisi gigi dengan lapisan berwarna kuning coklat hingga hitam . Pembersihan Karang Gigi biasanya di lakukan pada waktu 6 bulan sekali atau dalam 1 tahun 2 kali

Tentu kita semua sudah mengetahui bahwa ada banyak sekali bakteri yang secara alami tinggal di dalam rongga mulut. Bakteri tersebut akan memakan sisa-sisa makanan dan minuman yang tertinggal di dalam mulut. Jika pertumbuhan bakterinya berlebihan, maka bakteri akan menghasilkan plak gigi yang menjadi cikal bakal gigi berlubang.

Plak memiliki kandungan asam yang bisa melarutkan lapisan email gigi. Tidak hanya itu, plak juga bisa menyebabkan erosi gigi. Erosi gigi inilah yang memunculkan lubang kecil di lapisan enamel.

Semakin besar lubang pada lapisan enamel, bakteri akan semakin mudah untuk menembus lapisan gigi. Pada akhirnya, bakteri akan menyerang saraf dan pembuluh darah. Pada saat inilah, gigi akan merasakan sakit yang amat parah. 

Baca juga: Waspada, Ini 6 Bahaya Gigi Berlubang yang Tak Segera Diobati

Pilihan obat sakit gigi berlubang 

Biasanya, penyebab sakit gigi berlubang yang paling utama adalah makan makanan manis dan minum minuman yang panas atau dingin. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi obat sakit gigi berlubang berikut ini:

1. Ibuprofen 

Ibuprofen adalah nama yang paling populer untuk mengatasi rasa nyeri akibat sakit gigi berlubang. Tidak hanya pada sakit gigi, banyak nyeri penyakit lain yang bisa diredam menggunakan obat yang satu ini, misalnya saja sakit kepala. Bentuk obat yang mengandung ibuprofen ini juga sangat bervariasi. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Gigi di Brillo Dental Care (Buy 1 Get 1)

Pembersihan gigi rutin dilakukan untuk menghilangkan kotoran, plak, dan karang gigi agar lebih sehat dan kuat, menghilangkan noda, mengurangi bau mulut, dan mengurangi radang gusi. Paket ini tidak termasuk obat dan berlaku untuk 1x pemakaian.

2. Paracetamol 

Memang benar bahwa selama ini paracetamol dikenal sebagai obat penurun panas. Namun selain itu, paracetamol juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang. 

3. Asam mefenamat 

Cukup mudah untuk bisa mendapatkan obat sakit gigi berlubang yang satu ini di apotek-apotek terdekat. Asam mefenamat memiliki fungsi utama untuk mengurangi radang yang ditimbulkan karena gigi berlubang.

Jangan dulu menganggap bahwa asam mefenamat tidak mampu mengobati nyeri gigi berlubang, hanya karena efeknya tidak langsung terasa. Pasalnya, kerja asam mefenamat membutuhkan waktu pelarutan sehingga efeknya baru terasa beberapa saat setelahnya. 

Baca selengkapnya: Mengulas Manfaat Asam Mefenamat yang Ampuh Atasi Sakit Gigi

4. Natrium diklofenak 

Natrium diklofenak adalah obat sakit gigi berlubang yang bekerja dengan cara memblokir akses produksi prostaglandin. Meski terkadang tidak benar-benar mengatasi nyeri, natrium diklofenak setidaknya mampu meringankan sakit gigi berlubang.

5. Naproxen sodium 

Naproxen sodium adalah obat yang termasuk dalam golongan obat anti inflamasi non steroid (NSAID). Jenis obat ini juga memiliki fungsi untuk meredakan rasa sakit yang dikarenakan sakit gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi Dan Remove Stain 1 Kali di Fre DentalCare

1. Pembersihan karang gigi dan stain dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. 2. Tidak ada limit untuk pembelian

6. Cataflam

Fungsi cataflam adalah untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Tidak hanya rasa nyeri yang diakibatkan dari gigi berlubang, cataflam ini juga bisa membantu meringankan nyeri menstruasi, sakit punggung , hingga nyeri akibat cedera olahraga

Cara lain mengatasi sakit gigi berlubang

Meski ampuh mengatasi nyeri, berbagai obat sakit gigi berlubang di atas hanya bisa menangani rasa nyeri Anda untuk beberapa saat saja. Anda harus tetap melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan dokter untuk mengatasi sakit gigi berlubang, antara lain:

  • Pengobatan fluoride. Fungsi fluoride adalah untuk mengembalikan lapisan enamel gigi sehingga tidak terkikis lagi.
  • Menambal gigi. Ini adalah salah satu cara yang paling sering dipilih oleh pasien apabila pembusukan gigi sudah sampai di lapisan yang dalam. Caranya adalah dengan membuang bagian yang busuk dan menambalnya dengan bahan gigi palsu lainnya. 
  • Memasang mahkota gigi. Tujuan pemasangan mahkota ini adalah untuk menggantikan mahkota alami gigi yang sudah rusak. 
  • Merawat akar gigi. Apabila gigi Anda masih dalam tahap infeksi di bagian luar, maka Anda bisa melakukan perawatan akar gigi. 
  • Mencabut gigi. Ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda pilih apabila gigi sudah tidak berfungsi atau menjadi gigi mati.

Yang tak kalah penting, pastikan untuk selalu menyikat gigi menggunakan pasta gigi sehabis makan supaya gigi Anda menjadi sehat. Pasta gigi juga harus mengandung fluoride agar dapat memperkuat lapisan gigi.

Perhatikan juga asupan makanan Anda sehari-hari. Menghindari makanan yang bisa menimbulkan plak seperti biskuit dan permen juga bisa menjadi langkah preventif untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Anda tentu tidak ingin sakit gigi terlebih dahulu, bukan? Namun, tidak ada salahnya untuk selalu siap sedia obat sakit gigi berlubang untuk berjaga-jaga.

Baca juga: Perawatan Gigi Berlubang: Tambal Atau Cabut?

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Over-the-Counter Pain Relief Medication for Dental Use. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/otc-dental-pain-relief-1059309)
9 methods to get rid of toothache at night. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326133)
Medications Used in Dentistry. RxList. (https://www.rxlist.com/dental_medications/drug-class.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Buka di app