HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Menyembuhkan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE

RICE adalah singkatan untuk sebuah metode penanganan saat seseorang mengalami cedera akibat berolahraga. Sebenarnya metode ini tidak hanya digunakan untuk mengatasi cedera akibat olahraga, tetapi metode ini dapat digunakan untuk berbagai macam jenis cedera jaringan lunak seperti cedera otot, tendon, atau ligamen.
Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Menyembuhkan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE

Cedera olahraga dapat terjadi selama berolahraga atau saat berpartisipasi dalam sebuah olahraga. Baik anak-anak dan orang dewasa, keduanya sangat beresiko mengalami cedera akibat berolahraga. Anda berisiko mengalami cedera akibat berolahraga jika Anda:

  • Jarang berolahraga secara rutin
  • Tidak melakukan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga
  • Melakukan olahraga yang membutuhkan kontak fisik

Apa itu metode RICE?

RICE adalah singkatan untuk sebuah metode penanganan saat seseorang mengalami cedera akibat berolahraga. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Sebenarnya metode ini tidak hanya digunakan untuk mengatasi cedera akibat olahraga, tetapi metode ini dapat digunakan untuk berbagai macam jenis cedera jaringan lunak seperti cedera otot, tendon, atau ligamen.  RICE adalah singkatan dari:

Rest atau beristirahat

Istirahat diperlukan untuk penyembuhan jaringan yang terluka. Tanpa istirahat, gerakan dan tahanan beban yang diberikan pada bagian tubuh yang cedera dapat memperburuk cedera dan menyebabkan peningkatan peradangan dan pembengkakan

Pada awalnya Anda harus mengurangi penggunaan atau berhenti menggunakan area yang cedera selama 48 jam. Jika Anda mengalami cedera kaki, Anda mungkin harus menghindari tahanan atau tekanan pada kaki Anda. 

Anda mungkin perlu menggunakan alat bantu untuk berjalan untuk mencegah kerusakan sendi atau anggota tubuh yang mengalami cedera.

Ice atau kompres menggunakan es

Es bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat cedera akut. Icing diyakini paling efektif jika dilakukan beberapa hari pertama setelah cedera terjadi. Anda bisa memberikan kompres es selama 20 menit setiap jam. 

Anda bisa memberikan kompres es pada daerah yang cedera sebanyak empat hingga delapan kali sehari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Anda dapat menggunakan kantong plastik yang diisi dengan es, tetapi jangan menempelkan kantong es secara langsung ke kulit. Sebagai gantinya, bungkus kantong es dengan handuk atau pastikan ada beberapa lapisan bahan di antara es dan kulit Anda. 

Compress atau kompresi

Kompresi pergelangan kaki, lutut, atau pergelangan tangan yang terluka atau mengalami cedera dapat membantu mengurangi pembengkakan. Perban elastis, seperti wraps, paling sering digunakan. Sepatu boot khusus, gips, dan belat dapat berfungsi ganda untuk tujuan kompresi dan penyangga. 

Dokter Anda harus membuat rekomendasi dan mendiskusikan pilihan Anda. Pastikan untuk tidak menggunakan kompresi berlebihan yang dapat berfungsi sebagai tourniquet dan mengganggu sirkulasi darah Anda. 

Jika Anda merasa bagian yang diperban berdenyut, perban mungkin terbungkus terlalu ketat; buat perban menjadi sedikit lebih longgar.

Elevated atau mengangkat kaki

Posisikan bagian tubuh yang mengalami cedera setinggi level jantung. Metode ini dapat membantu untuk mengalirkan cairan kembali ke jantung, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. 

Cobalah untuk mengangkat seluruh anggota tubuh 20-30 cm di atas level jantung sehingga tidak terjadi penumpukan cairan pada bagian tubuh yang mengalami cedera. Berbaring dan gunakan bantal untuk membantu mengangkat anggota tubuh yang cedera.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Apakah ada bukti ilmiah di balik metode RICE?

Sebuah tinjauan studi yang dilakukan pada 2012 menemukan bahwa tidak ada cukup data untuk membuktikan bahwa metode RICE secara efektif mengobati pergelangan kaki yang terkilir.

Sebuah tinjauan tahun 2015 yang terkait dengan Palang Merah mengkonfirmasi bahwa es efektif segera setelah cedera terjadi. Namun, para peneliti menentukan bahwa tidak menggerakan anggota tubuh yang terluka mungkin tidak begitu membantu. 

Mereka tidak dapat menemukan bukti yang mendukung metode elevation. Mereka juga menemukan indikasi bahwa kompresi mungkin tidak dapat membantu strain atau keseleo.

Namun, metode pengobatan RICE tetap merupakan metode yang populer dan sering direkomendasikan untuk mengatasi cedera, karena aplikasi yang sederhana dan dapat dilakukan secara cepat.

Jenis cedera apa yang bisa diobati oleh metode RICE?

Metode RICE sangat berguna untuk mengatasi cedera ringan hingga sedang. Dokter biasanya merekomendasikan metode RICE untuk:

  • Sprain 
  • Strain
  • Memar
  • Cedera jaringan lunak lainnya

Biasanya seseorang mengalami keseleo saat berolahraga akibat tersandung, jatuh, atau melalui gerakan memutar yang tiba-tiba. Gerakan berulang dan mengangkat benda berat dengan cara yang salah juga dapat menyebabkan cedera jaringan lunak.

Kapan metode RICE tidak efektif?

Metode ini tidak disarankan untuk mengobati patah tulang atau cedera yang lebih serius pada jaringan lunak. Cedera tulang lunak yang parah atau patah tulang, memerlukan pengobatan, operasi, atau terapi fisik yang ekstensif.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
RICE Method for Injuries (Rest, Ice, Compression, Elevation). WebMD. (https://www.webmd.com/first-aid/rice-method-injuries)
Rest, ice, compression, and elevation (RICE): Method and how it works. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321469.php)
Sports Injury Treatment: Home Care Tips. Healthline. (https://www.healthline.com/health/sports-injuries/treatment)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app