Piracetam: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Apr 29, 2020 Waktu baca: 4 menit

Nootropics adalah zat alami atau sintetis yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja mental Anda.

Piracetam dianggap sebagai obat nootropik pertama dari jenisnya. Obat ini dapat dibeli secara online atau di toko makanan kesehatan dan tersedia dalam bentuk kapsul dan bubuk.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Obat piracetam adalah turunan sintetik populer dari neurotransmitter gamma-Aminobutyric acid (GABA), pembawa pesan kimia yang membantu memperlambat aktivitas di sistem saraf Anda.

Namun, piracetam tampaknya tidak mempengaruhi tubuh Anda dengan cara yang sama seperti GABA.

Beberapa penelitian telah menghubungkan kaitan obat ini dengan beberapa manfaat, termasuk peningkatan fungsi otak, mengurangi gejala disleksia, dan kejang mioklonik.

Berikut adalah 5 manfaat piracetam yang perlu Anda ketahui.

1. Dapat meningkatkan fungsi kerja otak

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi piracetam dapat meningkatkan fungsi otak.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa piracetam membuat membran sel lebih cair. Ini memudahkan sel untuk mengirim dan menerima sinyal, yang membantu proses komunikasi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Hal ini bisa menjadi alasan mengapa efeknya tampak lebih kuat pada orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dengan masalah mental. 

Karena penelitian menunjukkan bahwa membran sel pada golongan orang tersebut cenderung memiliki cairan yang kurang. 

Studi lain mengamati bahwa piracetam meningkatkan suplai darah otak, serta konsumsi oksigen dan glukosa, terutama pada orang dengan gangguan mental. Ini adalah faktor-faktor lain yang diyakini dapat meningkatkan fungsi otak.

Penelitian tambahan pada 18 orang dewasa yang sehat dan lebih tua menemukan bahwa para peserta berprestasi secara signifikan lebih baik dalam berbagai tugas belajar ketika mengkonsumsi piracetam 4.800 mg per hari.

Sementara itu, analisis dari tiga studi meneliti efek piracetam pada orang yang menjalani operasi bypass koroner, sebuah prosedur yang mengembalikan aliran darah ke jantung.

Gangguan otak dapat menjadi efek samping dari operasi ini. Namun, piracetam meningkatkan kinerja mental jangka pendek pada orang pasca operasi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Dapat mengurangi gejala disleksia

Disleksia adalah gangguan belajar, yang membuat seseorang lebih sulit untuk belajar, membaca, dan mengeja.

Penelitian menunjukkan bahwa piracetam dapat membantu penderita disleksia belajar dan membaca dengan lebih baik.

Dalam satu studi, 225 anak-anak dengan disleksia berusia 7-13 diberikan 3,3 gram piracetam setiap hari selama 36 minggu. 

Setelah 12 minggu, anak-anak yang menggunakan piracetam menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mereka untuk membaca dan memahami teks. 

Dalam penelitian lain, 257 anak laki-laki dengan disleksia berusia 8-13 diberikan 3,3 gram piracetam setiap hari selama 12 minggu. 

Mereka yang mengkonsumsi piracetam secara signifikan meningkat dalam kecepatan membaca dan memori mendengarkan jangka pendek.

Namun, sebagian besar penelitian tentang obat ini memerlukan studi yang lebih baru sebelum dapat direkomendasikan sebagai pengobatan untuk gejala disleksia.

3. Dapat melindungi dari serangan mioklonik

Kejang mioklonik digambarkan sebagai kejang otot tak sadar yang tiba-tiba. Kondisi ini dapat membuat kegiatan sehari-hari seperti menulis, mencuci, dan makan menjadi sulit .

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa piracetam dapat melindungi dari serangan mioklonik.

Sebagai contoh, sebuah studi kasus pada seorang wanita berusia 47 tahun yang mengalami kejang mioklonik mencatat bahwa mengambil 3,2 gram piracetam setiap hari menghentikan sentakan miokloniknya.

Demikian pula, sebuah penelitian pada 18 orang dewasa dengan penyakit Unverricht-Lundborg, sejenis epilepsi yang menyebabkan kejang mioklonik.  

Menunjukkan bahwa meminum 24 gram piracetam setiap hari memperbaiki gejala dan tanda-tanda kecacatan yang disebabkan oleh kejang mioklonik.

Dalam penelitian lain, 11 orang menggunakan piracetam hingga 20 gram setiap hari selama 18 bulan bersamaan dengan pengobatan yang ada untuk membantu mengurangi gejala kejang mioklonik. 

Para peneliti menemukan bahwa piracetam membantu mengurangi keparahan keseluruhan kejang mioklonik.

4. Dapat mengurangi demensia dan gejala penyakit Alzheimer

Dementia menggambarkan sekelompok gejala yang mempengaruhi memori, kemampuan untuk melakukan tugas, dan berkomunikasi.

Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia.

Penelitian menunjukkan bahwa kerusakan yang disebabkan oleh penumpukan peptida amiloid-beta dapat berperan dalam perkembangannya. Peptida ini cenderung menggumpal di antara sel-sel saraf dan mengganggu fungsinya.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa piracetam dapat melindungi terhadap demensia dan penyakit Alzheimer dengan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh penumpukan amiloid-beta peptida. 

Selain itu, menunjukkan bahwa piracetam dapat membantu meningkatkan kinerja mental pada orang dewasa yang lebih tua dengan demensia, penyakit Alzheimer, atau kerusakan otak secara umum.

5. Dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit

Peradangan adalah respons alami yang membantu tubuh Anda menyembuhkan dan melawan penyakit.

Meskipun demikian, peradangan tingkat rendah yang persisten telah dikaitkan dengan banyak kondisi kronis, termasuk kanker, diabetes, dan penyakit jantung dan ginjal.

Dalam penelitian pada hewan, piracetam telah terbukti memiliki sifat antioksidan, yang berarti dapat mengurangi peradangan dengan membantu menetralkan radikal bebas, yang berpotensi molekul berbahaya yang dapat merusak sel-sel Anda.

Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa obat piracetam dapat memulihkan dan meningkatkan pertahanan antioksidan alami otak Anda, seperti glutathione, antioksidan kuat yang diproduksi oleh tubuh Anda.

Piracetam juga diketahui dapat membantu mengurangi peradangan dengan menekan produksi sitokin, yang merupakan molekul yang merangsang respon imun dan memicu peradangan. 

Piracetam juga mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang terkait dengan peradangan.

Efek samping

Secara umum, piracetam dianggap aman dengan sedikit risiko efek samping. Dalam studi jangka panjang, dosis hingga 24 gram setiap hari tidak memiliki efek buruk.

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping, termasuk depresi, agitasi, kelelahan, pusing, insomnia, kecemasan, sakit kepala, mual, paranoia, dan diare.

Piracetam tidak direkomendasikan untuk wanita hamil atau orang dengan kelainan ginjal. 

Selain itu, piracetam dapat berinteraksi dengan obat-obatan, termasuk pengencer darah seperti warfarin.

Jika Anda mengonsumsi obat apa pun atau memiliki kondisi medis, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakan piracetam.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Piracetam: Side Effects, Dosages, Treatment, Interactions, Warnings. RxList. (https://www.rxlist.com/consumer_piracetam_myocalm/drugs-condition.htm)
Piracetam - C6H10N2O2. U.S. National Library of Medicine National Center for Biotechnology Information. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Piracetam)
5 Benefits of Piracetam (Plus Side Effects). Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/piracetam)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app