Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Acemetacin : Manfaat, Efek Samping dan Dosis

Update terakhir: May 30, 2019 Tinjau pada Jul 3, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 738.703 orang

Mengenai Acemetacin

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Kandungan:

Obat anti-inflamasi non-steroid

Apa itu Acemetacin ?

Acemetacin adalah obat penghilang rasa sakit yang termasuk ke dalam golongan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID). Acemetacin diresepkan untuk meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada orang dengan nyeri otot atau nyeri sendi. Kondisi-kondisi yang khas yang mendapatkan pengobatan menggunakan Acemetacin adalah osteoarthritis, rheumatoid arthritis dan ankylosing spondylitis

Acemetacin juga diresepkan untuk mengurangi rasa sakit setelah dilakukan operasi bedah. Acemetacin diproduksi oleh Merck KGaA di bawah nama dagang Emflex, dan tersedia di Inggris dan negara-negara lain sebagai obat yang dapat digunakan dengan resep Dokter.

Acemetacin bekerja dengan menghalangi efek zat alami yang disebut enzim cyclo-oxygenase (COX). Enzim ini membantu membuat bahan kimia lain di dalam tubuh, yang disebut prostaglandin. Beberapa prostaglandin diproduksi di tempat-tempat cedera atau kerusakan, dan menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Dengan memblokir efek enzim COX, maka lebih sedikit prostaglandin yang diproduksi, yang berarti rasa sakit dan peradangan akan berkurang.

Berapa dosis Acemetacin?

Acemetacin diberikan dengan dosis :

Dewasa : 120-180 mg / hari dalam dosis terbagi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Acemetacin harus sesuai dengan yang dianjurkan.

Bagaimana cara mengkonsumsi Acemetacin?

Sebelum memulai perawatan menggunakan Acemetacin, bacalah brosur informasi yang dicetak oleh pabrik dari dalam kemasan. Dengan begini, akan memberi Anda lebih banyak informasi tentang Acemetacin, dan juga akan memberi Anda daftar lengkap efek samping yang dapat Anda alami dari penggunaan obat tersebut.

Gunakan Acemetacin persis seperti yang diresepkan dokter. Biasanya pada orang dewasa, dosisnya adalah satu kapsul 60 mg yang diminum dua kali sehari, sebaiknya pagi dan sore. Jika perlu, dokter Anda dapat meningkatkan dosis satu kapsul tiga kali sehari.

Minum acemetacin setelah makan; selama waktu makan adalah waktu yang ideal. Dengan begini, maka akan membantu melindungi permukaan dalam perut Anda dari efek samping seperti gangguan pencernaan dan iritasi lambung. Telan kapsul seluruhnya dengan segelas air. Jangan mengunyah kapsul.

Jika Anda lupa minum obat, ambillah segera setelah Anda ingat (kecuali hampir waktunya untuk dosis berikutnya, dalam hal ini Anda harus mengambil dosis berikutnya ketika sudah waktunya dan meninggalkan dosis yang terlupakan). Jangan mengambil dua dosis bersamaan untuk mengganti dosis yang terlewat.

Apakah Acemetacin dapat menyebabkan masalah?

Seiring dengan efek yang bermanfaat, semua obat-obatan pasti memiliki efek samping yang tidak diinginkan, walaupun tidak semua orang akan mengalaminya.. Tempat terbaik untuk menemukan daftar lengkap efek samping yang dapat dikaitkan dengan obat Anda, adalah dari brosur informasi yang dicetak pabrikan yang disertakan di dalam kemasan obat. 

Sebagai alternatif, Anda dapat menemukan contoh brosur informasi pabrikan di bagian referensi di bawah ini. Bicaralah dengan dokter atau apoteker Anda jika salah satu dari hal berikut ini berlanjut.

Efek samping acemetacin yang umum terjadi dan Apa yang dapat saya lakukan jika saya mengalaminya?

  • Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, nyeri ulu hati, sakit perut, angin. Maka ingat untuk meminum obat ini bersamaan dengan makan atau dengan segelas susu. Jika rasa tidak nyaman berlanjut, konsultasikan dengan dokter Anda.
  • Jika Anda merasa sakit (muntah), tetaplah makan seperti biasa- hindari makanan berlemak atau pedas
  • Jika Anda merasa pusing atau lelah, jangan mengemudi dan jangan menggunakan alat atau mesin berat.
  • Jika Anda mengalami sakit kepala, minum banyak air dan minta apoteker Anda untuk merekomendasikan obat penghilang rasa sakit yang cocok. Jika sakit kepala berlanjut, bicaralah dengan dokter Anda
  • Jika Anda mengalami sembelit atau diare, Minum banyak air
  • Jika Anda merasa gelisah, atau terjadi perubahan pada beberapa tes darah yang berkaitan dengan kesehatan liver. Jika Anda khawatir tentang hal ini, bicaralah dengan dokter Anda

Penting: jika Anda mengalami salah satu gejala yang kurang umum namun mungkin serius serius seperti di bawah ini, hentikan penggunaan acemetacin dan hubungi dokter segera. Gejala-gejalanya seperti:

  • Jika Anda mengalami kesulitan bernapas seperti mengi atau sesak napas
  • Jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi seperti pembengkakan di sekitar mulut atau wajah, atau ruam kulit gatal yang parah.
  • Jika Anda mengeluarkan darah atau tinja hitam, atau mengalami nyeri perut yang parah (perut).
  • Jika Anda mengalami gejala lain yang menurut Anda mungkin disebabkan oleh mengkonsumsi obat ini, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Interaksi Obat

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya termasuk:

  • Aspirin
  • Ciclosporin
  • Diflunisal
  • Digoxin
  • Furosemide
  • Haloperidol
  • Lithium
  • Methotrexate
  • Phenytoin
  • Probenecid
  • Tacrolimus
  • Warfarin
  • Zidovudine

Perhatian

Jangan menggunakan obat ini melebihi dari dosis yang ditentukan. Jika Anda menduga bahwa Anda atau orang lain mungkin telah mengalami overdosis akibat mengkonsumsi obat ini, Segera bawa ke UGD terdekat.

Jika dokter meresepkan obat ini, maka obat ini khusus untuk Anda. Jangan pernah memberikannya kepada orang lain bahkan jika mereka mengalami kondisi yang sama dengan Anda. Gunakan obat-obatan dengan bijak sesuai dengan anjuran dokter.


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp