Nettles: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Nettle (Urtica dioica) sudah menjadi bahan pokok dalam pengobatan herbal sejak zaman kuno. Nettle dapat ditemukan di Afrika, Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Tanaman ini relatif kecil dan jarang tumbuh setinggi 5 kaki. 

Daunnya memiliki struktur seperti rambut yang menyengat dan juga menghasilkan gatal, kemerahan dan pembengkakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Hipertensi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 34

Nettle juga dikenal dengan nama Bichu, Common Nettle, Feuille d’Ortie, Graine d’Ortie, Grande Ortie, Great Stinging Nettle, Nettle, Nettle Leaf, Nettle Seed, Nettle Worth, Nettles, Ortie, Ortie Brûlante, Ortie des Jardins, Ortie Dioïque, Ortie Méchante, Ortiga, Small Nettle, Stinging Nettles, Urtica, Urtica dioica, Urtica urens, Urticae Herba et Folium, Urticae Radix.

Mengenai Nettle

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Daun kering, kapsul, tablet, tingtur, krim, salep, teh, ekstrak

Kandungan

Vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B, besi, magnesium, fosfor, kalium,  natrium, Asam linoleat, asam linolenat, asam palmitat, asam stearat dan asam oleat, Kaempferol, quercetin, asam caffeic, coumarin dan flavonoid lainnya, Beta-karoten, lutein, luteoxanthin, dan karoten lainnya.

Manfaat Nettle

Berikut manfaat nettle bagi kesehatan tubuh manusia:

  • Nettle mempunyai berbagai vitamin, mineral, asam lemak, asam amino, polifenol dan pigmen - banyak diantaranya juga bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh.
  • Membantu mengurangi ukuran prostat dan mengobati gejala pembesaran kelenjar prostat pada pria dengan benign prostatic hyperplasia (BPH).
  • Mengatasi peradangan seperti radang sendi.
  • Mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang.
  • Mengurangi gejala demam.
  • Membantu menurunkan tekanan darah dengan membiarkan pembuluh darah Anda rileks dan mengurangi kekuatan kontraksi jantung Anda.
  • Membantu menurunkan kadar gula darah.
  • Mengurangi pendarahan.
  • Menjaga kesehatan hati.
  • Menyembuhkan luka, termasuk luka terbakar.
  • Mengurangi jerawat dan mencegah infeksi bakteri.

Efek samping Nettle

Penggunaan nettle dengan dosis yang tepat mungkin aman digunakan hingga 2 tahun melalui minuman atau dioleskan langsung ke kulit. Pada beberapa orang efek samping yang muncul dapat berupa keluhan perut dan berkeringat. Menyentuh tanaman nettle bisa menyebabkan iritasi kulit

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan nettle, silahkan temui dna konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Nettle

Dosis penggunaan nettle yang tepat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tersedia pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi Nettle

Sebaiknya Anda berhati-hati dengan kombinasi berikut ini:

  • Lithium berinteraksi dengan nettle

Mengkonsumsi nettle bisa mengurangi seberapa baik tubuh menyingkirkan lithium. Ini dapat meningkatkan jumlah lithium dalam tubuh dan menghasilkan efek samping yang serius.

  • Obat untuk diabetes (obat antidiabetes) berinteraksi dengan nettle

Mengkonsumsi nettle bersamaan dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah Anda terlalu rendah. Konsultasikan dengan dokter Anda, dosis obat diabetes Anda mungkin perlu diubah. 

Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes termasuk glimepiride (Amaryl), glburida (DiaBeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, pioglitazone (Actos), rosiglitazone ( Avandia), chlorpropamide (Diabinese), glipizide (Glucotrol), tolbutamide (Orinase), dan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Mengkonsumsi nettle bersamaan dengan obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dapat menyebabkan tekanan darah Anda terlalu rendah. Beberapa obat untuk tekanan darah tinggi termasuk captopril (Capoten), enalapril (Vasotec), losartan (Cozaar), valsartan (Diovan), diltiazem (Cardizem), Amlodipine (Norvasc), hydrochlorothiazide (HydroDiuril), furosemide (Lasix), dan banyak lainnya.

  • Obat penenang (depresan SSP) berinteraksi dengan nettle

Mengkonsumsi nettle bersamaan dengan obat penenang dapat menyebabkan kantuk terlalu banyak. Beberapa obat penenang termasuk clonazepam (Klonopin), lorazepam (Ativan), phenobarbital (Donnatal), zolpidem (Ambien), dan lain-lain.

  • Warfarin (Coumadin) berinteraksi dengan nettle

Warfarin (Coumadin) digunakan untuk memperlambat pembekuan darah. Dengan membantu pembekuan darah, nettle bisa mengurangi efektivitas warfarin (Coumadin).

Perhatian

  • Jangan mengkonsumsi nettle jika dalam kondisi hamil, karena nettle merangsang kontraksi uterus dan menyebabkan keguguran.
  • Tidak diketahui keamanan penggunaan nettle bagi ibu menyusui. Sebaiknya hindari penggunaan sampai ada penelitian lebih lanjut.
  • Berhati-hatilah mengkonsumsi nettle jika Anda merupakan penderita diabetes.
  • Hindari penggunaan nettle jika Anda mempunyai tekanan darah yang rendah, karena nettle dapat menurunkan tekanan darah, sehingga dikhawatirkan tekanan darah Anda menjadi terlalu rendah.
  • Hindari penggunaan nettle jika Anda mempunyai masalah ginjal, karena nettle dapat meningkatkan aliran urin.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan suplemen ini.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stinging Nettle: Benefits, Side Effects, Dosage, Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-nettle-89576)
Stinging nettle: Benefits, side effects, and how to use it. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325244)
Stinging Nettle: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-664/stinging-nettle)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app