Mustard: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 14, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Mustard adalah sayuran yang termasuk dalam keluarga Brassica seperti brokoli dan kol. Mustard berasal dari negara Eropa. Terdapat tiga varian dari varietas ini, yaitu mustard putih (Brassica alba,) mustard hitam (Brassica nigra), dan mustard coklat (Brassica juncea). 

Tanaman ini bisa dimanfaatkan mulai dari tangkai bunga muda, dan dan biji-bijinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Mustard juga dikenal dengan nama Black mustard, Indian mustard, Leaf mustard, Mustard, True oriental mustard, White mustard, Yellow mustard.

Mengenai Mustard

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Biji kering, bubuk, pasta, minyak

Kandungan

Air, Energi, Protein, Lipid total (lemak), Karbohidrat, Serat, gula, Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Natrium, Zinc, vitamin A.

Manfaat Mustard

Manfaat mengkonsumsi mustard bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Mencegah Kanker

Biji mustard mengandung banyak fitonutrien sehat yang disebut glukosinolat yang terbukti bermanfaat melawan berbagai kanker seperti kandung kemih, usus besar, dan kanker serviks

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa efek anti-kanker dari komponen ini menghambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan menjaga terhadap pembentukan sel ganas tersebut.

Biji mustard dapat merangsang aktivitas enzim yang baik seperti superoksida dismutase, glutation peroksidase, dan katalase yang mendorong tindakan perlindungan dan penyembuhan pada penyakit psoriasis.

Mengkonsumsi biji mustard dapat membantu dalam penyembuhan gejala yang berhubungan dengan dermatitis kontak seperti penyembuhan jaringan dan pengurangan pembengkakan telinga.

  • Mengatasi Gangguan Pernafasan

Mustard mempunyai efek terapeutiknya dalam menyembuhkan masalah pilek dan sinus. Selain itu, benih mustard juga efektif dalam menyembuhkan bronkitis kronis.

  • Meningkatkan kesehatan Kardiovaskular

Minyak mustard dapat Anda jadikan pilihan jika Anda atau keluarga Anda mempunyai riwayat penyakit jantung

Penelitian menyebutkan bahwa efek pada pasien yang diduga mengalami serangan jantung menunjukkan hasil positif sehubungan dengan penurunan tingkat aritmia jantung, penurunan pembesaran ventrikel dan nyeri dada yang terkait dengannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Daun mustard memiliki kemampuan dalam menurunkan kolesterol secara efektif. Mustard merupakan pembangkit tenaga nutrisi dan berperan penting dalam mengurangi perkembangan penyumbatan di arteri dan mencegah gangguan seperti aterosklerosis.

  • Mengontrol Diabetes

Penelitian menyebutkan bahwa pemberian minyak mustard membantu mengurangi kadar protein glikosilasi dan glukosa serum. Ini membantu dalam mengurangi peroksidasi lipid dan merangsang metabolisme glukosa.

  • Mencegah racun dan membantu detoksifikasi

Mustard memiliki kualitas emetik pelindung yang tahan terhadap efek racun pada tubuh. Ramuan yang dibuat dengan bijinya membantu dalam membersihkan tubuh terutama jika keracunan disebabkan oleh narkotika atau kelebihan konsumsi alkohol. 

Kandungan glukosinolat yang ada di dalam mustard membantu mengatur aksi enzim detoksifikasi dan membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

  • Mengobati nyeri

Mustard memiliki sifat rubefacient, plester yang terbuat dari biji mustard dapat membantu menyembuhkan sakit dan kejang.

Mustard terbukti bermanfaat bagi wanita selama fase menopause. Magnesium bersama dengan kalsium yang ada di dalamnya mendorong kesehatan tulang dan mencegah keropos tulang yang terkait dengan menopause.

Efek samping Mustard

Beberapa efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan mustard adalah sebagai berikut:

  • Masalah Kulit: Mustard memiliki kecenderungan untuk menghasilkan efek pemanasan, jadi berhati-hatilah saat menggunakannya pada kulit.
  • Goitrogen: Biji mustard mentah dan daunnya mengandung zat yang disebut goitrogen yang dapat mengacaukan fungsi kelenjar tiroid. Orang yang sudah menderita penyakit tiroid harus selalu memasak mustard sebelum dikonsumsi untuk menetralkan komponen ini.
  • Oksalat: Mustard mempunyai kandungan oksalat yang diketahui dapat mengganggu penyerapan kalsium. Orang yang sudah menderita gangguan terkait oksalat seperti batu ginjal harus waspada mengenai konsumsi berlebih.

Efek samping dapat berbeda pada tiap individu. Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan, silahkan temui dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Mustard

Dosis penggunaan mustard yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tersedia pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi Mustard

Tidak ada informasi mengenai interaksi mustard dengan kombinasi obat lainnya. Hindari penggunaan pada pasien yang hipersensitif terhadap mustard. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Perhatian

  • Tidak ada informasi mengenai keamanan penggunaan mustard bagi ibu hamil atau menyusui. Sebaiknya Anda menghindarinya sampai ada penelitian lebih lanjut.
  • Minyak mustard tidak boleh digunakan untuk memijat bayi yang baru lahir.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan mustard.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mustard: Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/mustard-health-benefits-4584218)
Is Mustard Good for You?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/is-mustard-good-for-you)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app