Moroheiya Leaf: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 12, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Moroheiya sudah dibudidayakan sejak zaman kuno di Mesir. Moroheiya mengandung banyak vitamin, mineral dan serat makanan dalam jumlah yang melampaui sebagian besar sayuran dan herbal yang dikenal.

Tanaman moroheiya adalah tanaman berbunga yang dapat mencapai tinggi 4 meter, memiliki batang tebal dan kokoh untuk serat (goni) untuk membuat tekstil dan tali, serta daunnya sering disebut sebagai bayam Mesir atau moroheiya leaf dan bisa dimakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Moroheiya leaf berukuran kecil sampai sedang berbentuk oval dengan rata-rata panjangnya 4-15 cm dan lebar 2-5cm. Moroheiya leaf mempunyai rasa yang ringan, dan sedikit pahit. Saat dimasak, konsistensi daun akan menjadi berlendir dan lengket. 

Moroheiya leaf tersedia di musim panas hingga awal musim gugur.

Moroheiya juga dikenal dengan nama mulukhiya, daun mallow (Corchuros in Lat.), Bush okra, Jew's mallow, Jute, Jute mallow, Meloukia, Molokhia, Moroheia, Moroheiya, Nalta jute, Tassa, Tasso, Wild okra.

Mengenai Moroheiya Leaf

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Tingtur, daun kering dan segar, mie, teh

Kandungan

Moroheiya leaf adalah sumber beta-karoten, protein, vitamin E, vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, niacin, potassium, iron, folat, kalsium, dan quercetin flavonoid yang sangat baik. Satu cangkir (28g) moroheiya leaf mentah mengandung 10 kalori. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Saat direbus dan dikeringkan, satu cangkir (87g) mengandung 32 kalori dan bebas lemak dan hampir tidak memiliki karbohidrat.

40% kalori dalam moroheiya berasal dari kandungan protein, dengan 3,2 g per cangkir, yaitu 32 kalori dan berat 3 ons (87 g). Daun mentah memiliki 1,3 g protein per cangkir, yaitu 10 kalori (28 g). Selain dari air, sebagian besar massa dalam Moroheiya leaf berasal dari serat tidak larut.

Manfaat Moroheiya Leaf

Manfaat moroheiya leaf adalah sebagai berikut:

  • Membantu melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada moroheiya leaf dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat dengan cara melancarkan buang air besar secara teratur.

Kandungan Vitamin A pada suplemen ini dapat membuat mata Anda tetap sehat.

Sifat antiinflamasi yang terdapat pada moroheiya leaf dapat mengurangi sakit radang sendi, sakit kepala dan sakit perut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Jika Anda mempunyai kulit bersisik kering, mengkonsumsi moroheiya leaf dapat Anda jadikan solusinya supaya kulit Anda menjadi lembut, kenyal, dan halus. Selain itu, moroheiya leaf juga direkomendasikan bagi penderita psoriasis.

  • Membantu menurunkan kadar gula darah
  • Mencegah timbulnya diabetes
  • Mencegah penyakit jantung
  • Membantu mencegah kanker
  • Mempunyai sifat antioksidan dan menawarkan efek perlindungan terhadap toksisitas tertentu
  • Mempunyai efek antimikroba, antikanker, dan antiinflamasi
  • Mencegah kekurangan nutrisi dan gizi
  • Mencegah gejala asma, pilek dan flu
  • Mengatur periode menstruasi pada wanita
  • Mengurangi gejala kecemasan, depresi dan stress
  • Mengurangi rasa lapar

Efek samping Moroheiya Leaf

Efek samping yang ditimbulkan dari moroheiya leaf dapat berbeda pada tiap individu. Sampai saat ini tidak ada informasi terkait efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan moroheiya leaf. 

Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan, silahkan temui dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Moroheiya Leaf

Dosis penggunaan moroheiya leaf yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tersedia pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda. 

Berikut dosis penggunaan moroheiya leaf yang disarankan yaitu untuk menekan peningkatan kadar glukosa darah dapat digunakan 15g bubuk dicampur dengan 75 g glukosa di pagi hari (keadaan puasa).

Interaksi Moroheiya Leaf

Tidak diketahui interaksi penggunaan moroheiya leaf dengan obat-obatan lainnya. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Perhatian

  • Tidak diketahui keamanan mengenai keamanan penggunaan moroheiya leaf untuk ibu hamil dan menyusui, sebaiknya Anda menghindarinya sampai ada penelitian lebih lanjut.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana untuk menggunakan moroheiya leaf.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Moroheiya Leaf Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/moroheiya-leaf.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app