Mistletoe: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Mei 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Mistletoe (Viscum album L.) adalah tanaman hemiparasit yang tumbuh di berbagai jenis pohon inang seperti pinus, apel dan oak. Hemiparasit adalah tanaman yang melakukan fotosintesis secara independen tetapi memperoleh air dan mineral dari inangnya.

Mistletoe juga dikenal dengan nama All-Heal, Banda, Birdlime Mistletoe, Blandeau, Bois de Sainte-Croix, Bouchon, Devil & apos;s Fuge, Drudenfuss, Eurixor, Gui Blanc, Europe, Gui des Feuillus, Hurchu, Iscador, Isorel, Leimmistel, Mistlekraut, Mistletein, Mistletoe, Pain de Biques, Rini, Verquet, Vert-Bois, Vert de Pommier, Visci, Visci Albi Folia, Visci Albi Fructus, Visci Albi Herba, Visci Albi Stipites, Vogelmistel, Vysorel, Viscum album.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Mengenai Mistletoe

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Suntikan, bubuk, teh, ekstrak cairan

Kandungan

-

Manfaat Mistletoe

Sejak tahun 1920-an mistletoe di negara Eropa digunakan untuk mengobati kanker

Selain itu mistletoe juga digunakan untuk kondisi jantung dan pembuluh darah termasuk tekanan darah tinggi, atherosclerosis, perdarahan internal, wasir, kejang epilepsi dan infantil, encok,  kondisi kejiwaan seperti depresi dan kecemasan, gangguan tidur, sakit kepala, siklus menstruasi tidak lancar, gejala menopause, dan untuk pemurnian darah. 

Tetapi masih dibutuhkan bukti untuk memvalidasi efektivitas mistletoe dalam mengobati beberapa kondisi penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Efek samping Mistletoe

Mengkonsumsi mistletoe melalui mulut atau suntikan dalam dosis yang sesuai kemungkinan aman dan tidak ada efek samping. Tetapi mengkonsumsi mistletoe dalam dosis yang besar tidak aman dan dapat menyebabkan efek samping seperti:

Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan mistletoe silahkan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Mistletoe

Dosis penggunaan mistletoe yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi Mistletoe

Berhati-hatilah dengan kombinasi berikut ini:

Mengkonsumsi mistletoe bersamaan dengan obat antihipertensi dapat menyebabkan tekanan darah Anda terlalu rendah. Beberapa obat untuk tekanan darah tinggi seperti captopril (Capoten), enalapril (Vasotec), losartan (Cozaar), valsartan (Diovan), diltiazem (Cardizem), Amlodipine (Norvasc), hydrochlorothiazide (HydroDiuril), furosemide (Lasix), dan lainnya.

  • Obat-obatan yang menurunkan sistem kekebalan (Imunosupresan) berinteraksi dengan mistletoe

Mengkonsumsi mistletoe bersamaan dengan obat imunosupresan dapat menurunkan efektivitas obat-obatan yang menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa obat yang mengurangi sistem kekebalan tubuh seperti azathioprine (Imuran), basiliximab (Simulect), cyclosporine (Neoral, Sandimmune ), daclizumab (Zenapax), muromonab-CD3 (OKT3, Orthoclone OKT3), dan lainnya.

Perhatian

  • Jangan mengkonsumsi mistletoe bagi ibu hamil karena dapat merangsang rahim dan menyebabkan keguguran.
  • Tidak diketahui mengenai keamanan penggunaan mistletoe bagi ibu menyusui, sebaiknya Anda menghindarinya sampai ada penelitian lebih lanjut.
  • Jangan gunakan mistletoe jika Anda mempunyai penyakit jantung, karena suplemen ini dapat memperburuk penyakit jantung.
  • Hindari mengkonsumsi mistletoe jika Anda mempunyai penyakit hati, karena suplemen ini dapat memperburuk keadaan Anda.
  • Hindari penggunaan mistletoe jika Anda mempunyai penyakit autoimun, karena suplemen ini dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif sehingga dikhawatirkan dapat meningkatkan gejala penyakit autoimun.
  • Jangan gunakan mistletoe jika Anda mempunyai penyakit leukemia.
  • Jika Anda pernah melakukan transplantasi organ, sebaiknya hindari mistletoe karena suplemen ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan resiko penolakan organ.
  • Hentikan penggunaan mistletoe maksimal 2 minggu sebelum operasi Anda dijadwalkan, karena dapat mengganggu kontrol tekanan darah Anda selama dan setelah operasi.
  • Jangan gunakan mistletoe tanpa saran dari dokter kesehatan Anda.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan mistletoe.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
American Mistletoe: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/american_mistletoe/supplements.htm)
European Mistletoe: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/european_mistletoe/supplements.htm)
Mistletoe Uses, Benefits & Side Effects Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/mistletoe.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app