Miglustat: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 24, 2020 Tinjau pada Mei 7, 2019 Waktu baca: 3 menit

Apakah Miglustat?

Penggunaan miglustat banyak dimanfaatkan untuk mengobati penyakit genetik langkah seperti penyakit Gaucher tipe 1 (Type 1 Gaucher’s diease), penyakit ini umumnya bersifat keturunan namum biasanya gejala tidak terlihat pada bayi.

Penyakit Gaucher adalah kondisi kelainan genetik dimana tubuh pasien kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk memecah materi asam lemak lipid. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Lipid yang tidak dapat dipecah tubuh kemudian tertimbun dan mengakibatkan gejala seperti mudah lebam atau berdarah, kelemahan, anemia, nyerit otot atau tulang, pembesaran organ hati atau limpa atau kelemahan tulang atau tulang mudah rapuh dan merusak beberapa organ tubuh.

Miglustat umumnya digunakan pada pasien yang tidak dapat menerima terapi penggantian enzim. Obat ini bekerja dengan cara membantu mengurangi gejala penyakit Gaucher seperti kecapaian, nyeri sendi dan/atau tulang, dan pembengkakkan pada organ hati atau organ limpa pasien.

Walaupun dapat memperbaiki kondisi organ hati, limpa, tulang dan sel Darah pada pasien penyakit Gaucher Tipe 1, miglustat tidak dapat menyembuhkan penyakit ini. Miglustat juga mungkin diresepkan dokter untuk gejala penyakit lainnya.

Efek samping Miglustat

Sama seperti dengan obat lain pada umumnya, miglustat juga dapat mengakibatkan efek samping pada beberapa pasien, walau efek samping yang mungkin ditimbulkan berbeda namun apabila efek samping yang ditimbulkan tidak membaik atau bahkan memburuk, segera hentikan pemakaian dan menghubungi tenaga medis profesional.

Reaksi alergi dapat berupa namun tidak terbatas pada gatal-gatal, kesulitan bernapas, bengkak pada wajah, bibir, lidah atau leher.

Sementara itu, beberapa efek samping yang mungkin muncul saat pasien menggunakan miglustat adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

  • Mulut kering
  • Diare, konstipasi, kembung
  • Sakit kepala, termasuk migrain
  • Nyeri punggung, keram otot
  • Nyeri atau rasa kaku pada lengan atau kaki
  • Merasa tidak seimbang, sering lupa
  • Masalah penglihatan
  • Perubahan siklus menstruasi

Untuk mengurangi efek samping diare atau BAB berlebih, dokter mungkin akan menyarankan agar miglustat diminum pasien diantara jam makan, diet rendah karbohidrat juga diterapkan untuk membantu mengurangi efek samping diare dan apabila diharuskan, dokter juga dapat meresepkan obar diare.

Walaupun kebanyakkan pasien yang mengosumsi miglustat tidak mengalami efek samping yang membahayakan, pertimbangan dokter saat meresepkan miglustat adalah bahwa manfaat yang diberikan obat melebihi efek sampingnya.

Segera hubungi dokter jika pasien mengalami efek samping:

Yang perlu diperhatikan sebelum penggunaan Miglustat

Pasien alergi terhadap miglustat tidak boleh mengosumsi obat ini.

Miglustat tidak boleh diberikan untuk pasien dibawah usia 18 tahun tanpa pengawasan dokter, dan belum diketahui apakan miglustat dalam membahayakan janin dalam kandungan. Pasien sedang hamil atau berencana hamil wajib memberitahukan dokter.

Belum diketahui apakah miglustat dapat disalurkan melalui ASI, ibu menyusui disarankan tidak mengosumsi obat ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Pasien wajib memberitahu dokter apabila memiliki:

Dosis Miglustat

Pasien wajib mengikuti petunjuk pemakaian pada label obat, dokter mungkin akan merubah dosis secara berkala untuk mendapatkan manfaat terbaik. Jangan mengosumsi obat ini lebih atau kurang dari yang disarankan dokter.

Miglustat umumnya dikonsumi 3 kali sehari sesuai dosis yang diberikan. Dokter wajib memonitor fungsi saraf dan otot pasien setiap 6 bulan selama konsumsi obat.

Dosis yang umum diberikan pada pasien dewasa dengan penyakit Gaucher adalah 100 mg secara oral, 3 kali sehari.

Apabila efek samping seperti Tremor dan diare muncul, dosis dapat dikurangi menjadi 100 mg 1-2 kali sehari.

Jika pasien lupa meminum obat pada jadwal yang di berikan, abaikan dosis yang terlewat, jangan menggandakan dosis pada jadwal minum obat berikutnya.   

Interaksi dengan obat lain

Miglustat mungkin berinteraksi dengan obatan dan vitamin OTC (Over-The-Counter) dan beberapa produk herbal.

Beritahukan dokter jika pasien sedang mengosumsi obatan, vitamin atau herbal tertentu. 


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zavesca (miglustat) dosing, indications, interactions, adverse effects, and more. Medscape. (https://reference.medscape.com/drug/zavesca-miglustat-342874)
Miglustat Drug Information. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a604015.html)
Zavesca (Miglustat): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning. RxList. (https://www.rxlist.com/zavesca-drug.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app