Makanan dan Diet Sehat

5 Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil yang Lezat dan Bergizi

Update terakhir: May 2, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 383.818 orang

5 Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil yang Lezat dan Bergizi

Puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang, tak terkecuali bagi ibu hamil. Meski demikian, ibu hamil sebetulnya tidak diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan karena kondisinya lebih rentan. Terlebih lagi, semua yang terjadi pada tubuh ibu hamil bisa berdampak pada janin dalam kandungannya.

Namun, beberapa orang mungkin berniat untuk tetap menjalankan puasa saat hamil supaya ibadahnya di bulan Ramadhan jadi lebih maksimal. Hal ini boleh saja dilakukan, namun pastikan dulu kondisi ibu dan janin dalam keadaan sehat dan aman untuk berpuasa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Nah, jika Anda sudah mantap berpuasa, Anda wajib memastikan asupan makanan saat sahur dan berpuasa. Ingat, calon bayi dalam kandungan membutuhkan gizi yang baik dan tepat supaya pertumbuhannya tetap optimal.

Bingung saat menyiapkan menu buka puasa untuk ibu hamil? Berikut informasi lengkapnya.

Pilihan menu buka puasa untuk ibu hamil

Memilih menu buka puasa di bulan Ramadhan tidak hanya mementingkan rasanya yang enak saja, tapi juga harus sehat dan bergizi seimbang. Terutama bagi ibu hamil, kebutuhan nutrisinya tentu jauh lebih besar karena sebagian akan disalurkan ke janin.

Itulah sebabnya, menu buka puasa untuk ibu hamil tentu tidak boleh sembarangan. Ibu hamil juga tidak disarankan langsung berbuka puasa dengan menu yang berat. Alih-alih mengembalikan energi setelah seharian berpuasa, langsung makan berat justru bisa membuat perut terasa begah dan Anda malah sulit bergerak karena kekenyangan.

Baca Selanjutnya: Tips Aman Berpuasa Bagi Wanita Hamil dan Menyusui

Supaya tidak salah pilih, berikut beragam pilihan menu buka puasa untuk ibu hamil, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

1. Kurma 3 butir

Kurma adalah buah andalan dan paling banyak digemari selama bulan Ramadhan. Bagi Anda yang sedang hamil, Anda juga boleh makan kurma saat berbuka puasa, lho!

Kurma mengandung gula alami yang dapat menaikkan kadar gula darah ibu hamil saat puasa Ramadhan. Hanya dengan makan kurma saja, tubuh Anda akan terasa lebih berenergi untuk kembali beraktivitas setelah berbuka puasa.

Namun ingat, bukan berarti Anda boleh makan kurma terlalu banyak dengan alasan supaya badan tidak lemas setelah berpuasa Ramadhan. Ibu hamil hanya boleh makan maksimal 3 buah kurma dalam sekali makan. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa jumlahnya hanya sedikit?

Jika dilihat dari kandungan gizinya, satu buah kurma mengandung 1 sendok teh gula, 20 kalori, dan 5,3 gram karbohidrat. Alih-alih menyehatkan, terlalu banyak makan kurma justru bisa meningkatkan kadar gula darah Anda melebihi batas normal.

Baca Juga: 5 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes

2. Bubur kacang hijau

Kolak memang menjadi menu buka puasa yang paling banyak diandalkan, tapi sayangnya tidak disarankan bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan kuah santannya mengandung tinggi kalori dan lemak, sehingga sulit dicerna dan bisa menghambat pencernaan ibu hamil.

Sebagai solusinya, berbukalah dengan semangkuk bubur kacang hijau yang kandungan proteinnya lebih tinggi. Agar lebih sehat lagi, ganti santan dengan susu rendah lemak sehingga aman bagi ibu hamil yang berpuasa di bulan Ramadhan.

3. Sayur bayam bening

Memenuhi kebutuhan cairan sangat penting dilakukan saat buka puasa, khususnya bagi para ibu hamil. Hal ini tidak hanya penting untuk mencegah dehidrasi saat hamil, tapi juga menjaga kadar cairan ketuban tetap normal. Hati-hati, dehidrasi saat hamil dapat menurunkan jumlah cairan ketuban, memicu persalinan prematur, hingga meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi.

Itulah kenapa penting bagi Anda untuk memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Selain itu, bisa juga dengan mengonsumsi menu buka puasa yang mengandung banyak air, contohnya sayur bayam bening.

Bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak air. Makan semangkuk sayur bayam bening saat berbuka puasa dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, sehingga gejala dehidrasi saat hamil bisa diatasi dengan baik.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, bayam juga mengandung tinggi asam folat dan zat besi. Asam folat berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam rahim, sehingga terhindar dari risiko cacat lahir. Sementara itu, kandungan zat besi pada bayam dapat membantu menurunkan risiko anemia pada ibu hamil. 

Supaya lebih lengkap, tambahkan potongan wortel dan jagung ke dalam sajian sayur bayam bening buatan Anda. Dijamin, menu buka puasa untuk ibu hamil kali ini semakin lezat dan menggugah selera.

4. Ikan tuna panggang

Bosan dengan menu buka puasa untuk ibu hamil yang itu-itu saja? Coba olah ikan tuna dengan cara dipanggang.

Ikan tuna termasuk sumber protein dan asam lemak omega-3 yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin. Omega-3 adalah sejenis asam lemak tak jenuh yang baik bagi perkembangan otak bayi di dalam kandungan

Agar menu buka puasa untuk ibu hamil jadi semakin sehat dan lezat, masak ikan tuna dengan cara dipanggang menggunakan minyak zaitun. Dibandingkan jenis minyak lainnya, minyak zaitun mengandung lemak sehat sehingga lebih aman bagi ibu hamil.

Tambahkan juga perasan lemon atau jeruk nipis supaya rasanya semakin segar. Sajikan dengan kentang tumbuk (mashed potato), brokoli rebus, dan potongan tomat ceri supaya menu buka puasa Anda kali ini semakin sehat dan nikmat.

5. Semur tahu dan ayam

Selain memperhatikan asupan karbohidrat, ibu hamil juga perlu memenuhi kebutuhan protein saat puasa Ramadhan. Asupan protein saat sahur dan berbuka puasa sangat penting bagi perkembangan janin dalam kandungan.

Sedangkan bagi ibu hamil, protein dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan payudara dan rahim saat hamil. Ketika asupan protein dalam tubuh sudah cukup, maka tubuh Anda akan lebih siap menjalani kehamilan, melahirkan, hingga masa menyusui.

Ketimbang menyiapkan menu buka puasa berupa tahu atau ayam goreng yang cenderung tidak sehat, Anda bisa mengolah kedua bahan makanan tersebut menjadi sajian semur tahu dan ayam. Menu buka puasa kali ini jauh lebih sehat karena mengandung kombinasi 2 jenis protein, yaitu protein hewani dan nabati sekaligus, sehingga mampu menambah energi pada ibu hamil.

Kombinasi 2 jenis protein tersebut juga bermanfaat bagi janin dalam kandungan. Semakin banyak asupan protein yang masuk ke dalam tubuh ibu, maka bayi akan terhindar dari risiko berat badan lahir rendah (BBLR).

Baca Juga: 5 Tips Mudik Saat Hamil Supaya Aman dan Nyaman di Perjalanan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit