Meningkatnya risiko stroke pada orang muda

Dipublish tanggal: Jun 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Meningkatnya risiko stroke pada orang muda

Ketika seseorang berpikir mengenai stroke, mereka akan berpikir mengenai seseorang yang berusia lebih dari 60 tahun, memiliki riwayat merokok jangka panjang dan memiliki kondisi tekanan darah tinggi yang kronis. Walaupun pernyataan tersebut tidak salah, namun bukan berarti bahwa seseorang yang masih muda dan sehat, tidak akan mungkin mengalami stroke.

Fakta mengenai stroke pada orang muda

• Hingga 15% dari semua infark serebral terjadi pada orang dewasa muda (usia 18 hingga 50 tahun).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

• Diagnosa penyebab utama stroke pada orang dewasa muda membutuhkan pemeriksaan diagnostik yang berbeda dan lebih kompleks daripada lansia.

• Secara keseluruhan, emboli jantung dan vasculopathy nonatherosclerotic adalah etiologi utama dari infark serebral pada pasien yang lebih muda.

• Malformasi arteri dan hipertensi arteri adalah etiologi utama perdarahan serebral.

• Secara keseluruhan, dan meskipun diselidiki dengan seksama, penyebab hingga sepertiga kasus stroke iskemik dan perdarahan masih belum dapat ditentukan.

• Pemulihan gejala motorik seperti berjalan atau menjalankan aktivitas umumnya lebih baik jika dibandingkan pasien yang lebih tua. Meskipun pemulihan gejala gangguan kognitif (memori, proses pikir, kesehatan mental, dan sebagainya) tidak dapat dibandingkan karena memerlukan jangka waktu yang cukup panjang.

Faktor risiko stroke pada orang muda yang dapat dikendalikan

Menurut salah satu jurnal dari International Journal of Community Medicine and Public Health,  dominasi faktor risiko yang menyebabkan stroke pada orang muda, hampir sama dengan faktor risiko penyebab terjadinya stroke pada orang tua. Faktor-faktor risiko tersebut meliputi :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Hipertensi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 34

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah penyebab utama stroke dan faktor risiko terkontrol yang paling signifikan. Lakukan pemantauan tekanan darah tinggi secara berkala dan pertahankan tekanan darah agar tetap rendah dengan menjalani pola hidup sehat dan membatasi makanan yang berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi.

Merokok

Nikotin dan karbon monoksida yang terkandung di dalam asap rokok dapat merusak sistem kardiovaskular dan membuka jalan bagi stroke. Penggunaan pil KB yang dikombinasikan dengan merokok dapat sangat meningkatkan risiko stroke. Dengan berhenti merokok, otomatis dapat mengurangi risiko mengalami stroke.

Diabetes

Jika Anda menderita diabetes tipe 1 atau 2, kendalikan gula darah Anda. Diabetes mellitus adalah faktor risiko independen untuk stroke. Banyak orang dengan diabetes juga memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol darah tinggi dan kelebihan berat badan. 

Walaupun penyakit diabetes dapat diobati, keberadaan penyakit ini masih meningkatkan risiko stroke. Pelajari bagaimana untuk mencegah diri Anda agar tidak mengalami diabetes atau prediabetes.

Diet

Diet tinggi lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Diet tinggi sodium (garam) dapat meningkatkan tekanan darah. Diet dengan kalori tinggi dapat memicu obesitas. Tetapi diet yang mengandung lima atau lebih porsi buah dan sayuran per hari dapat mengurangi risiko stroke.

Jarang berolahraga

Jarang berolahraga dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, kelebihan berat badan / obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol darah tinggi dan diabetes. Anda perlu berolahraga setidaknya 150 menit seminggu.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Kegemukan

Kelebihan berat badan dan obesitas dihubungkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung dan stroke. Mengurangi sedikitnya 3 hingga 5 kilo gram dapat membuat perbedaan signifikan. Bahkan jika pengendalian berat badan merupakan tantangan seumur hidup.

 Mulailah dengan mengambil langkah-langkah kecil setiap hari untuk mengelola berat badan dan mengurangi risiko.

Insiden stroke iskemik di kalangan orang dewasa muda (18-50 tahun) meningkat dan saat ini diperkirakan mencapai hingga 15-18% dari semua kasus stroke iskemik. Disaat pentingnya kesehatan pada usia muda untuk meniti karir, orang-orang muda tetap berisiko tinggi untuk mengalami stroke yang berulang.

Karena pasien-pasien ini umumnya masih memiliki harapan hidup hingga beberapa dekade ke depan, pengetahuan mengenai faktor-faktor risiko dan penyebab stroke sangat penting untuk mengedukasi mereka mengenai penyebab penyakit dan kemungkinan mencegah penyakit pembuluh darah di masa depan. 

Meskipun semakin banyak jumlah pasien stroke dengan usia muda, faktor risiko dan penyebab stroke tetap tidak diketahui pada sekitar sepertiga dari semua pasien.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Strokes in Younger People on the Rise. Healthline. (https://www.healthline.com/health-news/strokes-in-younger-people-on-rise)
Signs of stroke in men: Early warnings and symptoms. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321778.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app