Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Makanan dan Diet Sehat

8 Manfaat Mengkonsumsi Kopi Secara Rutin Untuk Kesehatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.349.979 orang

8 Manfaat Mengkonsumsi Kopi Secara Rutin Untuk Kesehatan

Bagi para pecinta kopi, mengkonsumsi kopi adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan setiap hari. Mungkin para penikmat kopi akan merasakan hal yang kurang jika sehari tanpa meminum kopi. Dampak kopi bagi kesehatan telah lama menjadi bahan pembicaraan oleh masyarakat luas. 

Beberapa orang ada yang pro dan kontra mengenai manfaat dari kopi ini sendiri. Para peneliti mengungkapkan bahwa kopi memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh serta kopi mampu meningkatkan kemampuan fungsi otak

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun sebagian orang banyak yang mengkritik jika mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia, gangguan pencernaan, peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. 

Akan tetapi baru-baru ini bukti ilmiah membawa banyak kabar baik bagi para pecinta kopi. Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi kopi secara rutin.

1. Kopi adalah sumber antioksidan yang sehat dan baik untuk tubuh

Kopi memiliki tingkat aktivitas antioksidan yang tinggi daripada teh hijau dan coklat. Para ilmuwan telah mengidentifikasi sekitar 1.000 antioksidan yang terdapat di dalam biji kopi yang belum diolah, dan ratusan lainnya berkembang selama proses pemanggangan. Sejumlah penelitian telah menyebutkan kopi sebagai bahan utama dan sumber utama antioksidan.

2. Kopi dapat membantu melindungi terhadap penurunan kognitif.

Selain memberikan dorongan dalam aktivitas otak dan memori, konsumsi kopi secara teratur dapat membantu mencegah penurunan kognitif yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya. 

Dalam satu penelitian yang menjanjikan, para peneliti menemukan bahwa minum tiga sampai lima cangkir kopi setiap hari pada usia paruh baya dapat dikaitkan dengan 65 persen penurunan risiko Alzheimer dan demensia di kemudian hari. 

3. Kopi dapat mengurangi stress walau hanya dengan mencium aromanya

Para peneliti di Seoul National University memeriksa otak tikus yang stres dengan kurang tidur dan menemukan bahwa tikus yang terpapar aroma kopi mengalami perubahan pada protein otak yang terkait dengan stres. Jika Anda ragu akan penelitian ini, Anda bisa membuktikanya di rumah. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Kopi bisa membantu membakar lemak

Besarnya manfaat minum kopi karena Kafein ditemukan di hampir setiap iklan suplemen pembakaran lemak, hal ini karena kafein adalah salah satu dari sangat sedikit zat alami yang sebenarnya telah terbukti membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh dan meningkatkan tingkat metabolisme

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sebesar 3 – 11%. Kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada individu obesitas.

5. Kopi dapat membantu menahan pertumbuhan kanker tertentu.

Pria yang minum kopi mungkin berisiko lebih rendah terkena kanker prostat. Selain itu, penelitian baru menunjukkan bahwa meminum empat atau lebih cangkir kopi setiap hari menurunkan risiko kanker endometrium pada wanita sebesar 25 persen dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari satu cangkir sehari

6. Kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Semakin banyak penelitian menunjukkan hubungan antara minum kopi dan penurunan risiko diabetes. Sebuah studi menemukan bahwa risiko terkena diabetes turun 7 persen untuk setiap cangkir kopi setiap hari. 

Studi epidemiologi sebelumnya melaporkan bahwa peminum kopi berat (mereka yang secara teratur minum empat cangkir atau lebih setiap hari) memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena diabetes daripada peminum kopi ringan atau mereka yang tidak minum kopi.

7. Kopi dalam melawan penyakit asam urat

Beberapa penilitian tentang pola konsumsi kopi pria dan wanita menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko terkena asam urat. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Manfaat kopi pada wanita yang minum lebih dari empat cangkir kopi setiap hari memiliki 57 persen penurunan risiko asam urat dan untuk pria yang minum empat hingga lima cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko asam urat hingga 40 persen.

8. Kopi memiliki efek melindungi hati

Manfaat minum kopi juga mempunyai dampak baik untuk organ hati manusia. Hati adalah organ yang menghasilkan ratusan fungsi penting dalam tubuh. Beberapa penyakit umum yang mempengaruhi fungsi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan penyakit lainnya. 

Banyak dari penyakit ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut sirosis, dimana kondisi dari hati sebagian besar telah digantikan oleh jaringan parut. Ternyata kopi bisa melindungi hati dari penyakit sirosis. Orang yang minum 4 atau lebih cangkir per hari memiliki resiko 80% lebih rendah untuk terjadinya penyakit hati.

Masih ada banyak lagi manfaat-manfaat lainnya mengenai konsumsi kopi secara rutin. Namun apapun yang dikonsumsi secara berlebihan akan memiliki efek samping yang tidak baik untuk tubuh. 

Khususnya dalam mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti sakit magh, insomnia, meningkatnya detak jantung, menurunya daya tahan tubuh dan lain-lain. Minumlah kopi secukupnya dan sesuai kebutuhan Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit