Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

Mengonsumsi Salad Sebagai Sarapan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.210.749 orang

Dengan beragam manfaat kesehatannya, mengonsumsi satu porsi sayuran hijau setiap hari dapat menjadi salah satu kebiasaan terbaik untuk tubu Anda, baik di musim panas atau musim dingin.

Untuk mendapatkan dampak nutrisi paling banyak dari salad Anda, mari kita lihat beberapa manfaatnya, bahan apa yang menambahkan makanan tambahan, dan apa yang harus dihindari untuk memastikan hidangan Anda tetap bergizi dan menyehatkan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Salad merupakan salah satu makanan yang baik dikonumsi di segala usia. Salad terbuat dari campuran sayuran hijau serta potongan buah segar yang ditambah dengan dressing atau saus salad sebagai pelengkap serta penikmat rasa. 

Salad menjadi tujuan utama bagi Anda yang merencanakan konsumsi makanan sehat, diet, atau penikmat vegetarian. Salad juga dapat disuguhi dengan campuran daging seperti ayam cincang, sapi, atau ikan salmon. Sajian disediakan berbeda-beda tergantung kegemaran masing-masing.

Manfaat salad

Serat

Serat menjadi komponen utama dari salad. Adanya sayuran dapat melengkapi asupan makanan anda setiap hari selain lemak dan karbohidrat. Salad menjadi pilihan bagi Anda yang sedang menjalankan diet ketat. 

Mengonsumsi serat yang cukup setiap hari memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti:

  1. Serat membantu mengurangi LDL atau kolesterol jahat
  2. Membantu mengontrol gula darah terutama pada pasien diabetes melitus.
  3. Asupan serat yang memadai membantu penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan yang sehat.
  4. Membantu pergerakan usus, dan membantu dalam pencegahan penyakit usus. Asupan serat yang tepat telah terbukti mengurangi kekambuhan dan
  5. Pencegahan sejumlah kanker termasuk kolorektal, payudara, mulut, tenggorokan, dan kerongkongan.

Antioksidan

Salad mengandung vitamin C dan vitamin A dalam bentuk antioksidan karoten. Selain 7 miligram vitamin C, 1 porsi bayam memiliki 93 persen dan daun selada hijau memiliki 88 persen dari asupan vitamin A harian yang disarankan. 

Tambahkan setengah dari wortel berukuran sedang dan Anda akan mendapatkan lebih dari 100 persen dari vitamin A untuk harian Anda. Sayuran yang memiliki campuran yang lebih baik dari kedua antioksidan termasuk paprika, tomat, dan brokoli. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kaya akan protein 

Sayuran hijau menjadi bahan dasar sempurna yang sempurna untuk bahan-bahan yang mengubah salad menjadi sumber kaya akan protein. Tambahkan keju rendah lemak dan daging tanpa lemak seperti ayam atau kalkun dengan porsi yang disesuai dengan kalori asupan. 

Salad sebagai menu sarapan

Manfaat makan salad untuk sarapan adalah untuk menghindari peningkatan kadar gula darah dalam tubuh di pagi hari. Salad lebih dipilih selain seperti sereal, roti bakar, dan buah. 

Sayuran membuat Anda dapat merasa kenyang lebih lama dan lebih rendah kalori, yang menjadikan cara sempurna dalam diet harian dan mencegah kegemukan. 

Ada beberapa menu sehat untuk sarapan. NAmun salad memiliki komposisi asupan diet nutrisi lebih lengkap  atau sebanding dengan santapan gandum serta makanan yang memiliki protein tinggi, serat buah, dan sayuran

Perawatan kulit 

Salad buah juga membawa manfaat bagi kecantikan. Semua jenis buah-buahan yang mengandung berbagai vitamin, mineral dan tentu saja antioksidan sangat bagus untuk kesehatan kulit. Buah-buahan yang mengandung antioksidan dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah. 

Dengan makan salad buah di pagi hari, Anda akan mendapatkan manfaat seperti mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat dan menekan keriput pada kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Menurunkan berat badan 

Kandungan serat dari satu porsi salad juga memiliki manfaat untuk membantu Anda merasa cepat kenyang dan merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi salad setiap pagi akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

Mencegah Diare 

Salad adalah salah satu cara untuk Mencegah diare. Diare sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan dehidrasi. Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari campuran kentang dan wortel yang dimasukkan menjadi salad untuk mengatasi masalah diare. 

Namun, Anda harus memperhatikan jenis sayuran yang dicampur dalam salad karena ada beberapa jenis sayuran yang harus dihindari ketika Anda menderita diare.

Memperlancar sistem pencernaan

Manfaat kesehatan yang terkenal dari salad sayuran adalah memperlancar sistem pencernaan. Sebagian besar sayuran yang Anda campurkan ke dalam salad mengandung banyak serat alami yang sehat. Serat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dengan menarik semua sisa dari organ pencernaan Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit