Anda Pekerja Kantoran? Ketahui 5 Manfaat Tidur Siang Berikut Ini

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Anda Pekerja Kantoran? Ketahui 5 Manfaat Tidur Siang Berikut Ini

Mungkin istilah jatah tidur siang untuk pekerja kantoran masih terasa aneh dan asing di telinga kita. Namun, hal ini sudah menjadi hal biasa bahkan difasilitasi oleh banyak perusahaan ternama di luar negeri. 

Perusahaan seperti Google, Capital One Labs, PwC, Uber dan Zappos bahkan menyediakan ruangan khusus untuk karyawan yang ingin tidur siang. Hal ini dikarenakan memang telah banyak penelitian yang mengungkapkan mengenai manfaat tidur siang bagi pekerja kantoran. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Sebenarnya apa saja manfaat tidur siang bagi pekerja kantoran? Simak di bawah ini.

1. Stres dan tegang berkurang

Hal ini bukan bualan belaka karena manfaat ini telah dibuktikan secara ilmiah di dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism di tahun 2012. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan orang dewasa yang tidur selama dua hari. 

Efeknya bahwa kebutuhan tidur yang hanya dipenuhi selama dua jam di malam hari dapat ditutupi dengan tidur siang selama 30 menit. Hormon stress yang dihasilkan akibat kurangnya tidur di malam hari dapat dikendalikan karena tidur siang.

Jadwal tidur siang yang optimal adalah sekitar pukul 1 hingga 3 siang. Tidur siang dapat membantu anda menurunkan rasa tegang yang akan membantu anda mengurangi risiko penyakit jantung

Dalam jangka waktu pukul 1 hingga 3 siang merupakan saat optimal karena diharapkan anda telah makan siang sebelumnya sekitar 1 hingga 2 jam sebelumnya. Ketika telah makan siang sebelumnya maka diharapkan kadar gula dan energi telah turun.

2. Daya Ingat Meningkat

Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan ketegangan dan stress, namun juga dapat membantu anda meningkatkan daya ingat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian langsung dari tim neuropsikolog Jerman bahwa tidur siang setelah sebelumnya belajar dapat membuat daya ingat pelajar meningkat hingga lima kalinya dibandingkan yang tidak tidur siang. 

Apabila anda mendapatkan tidur yang berkualitas, maka kemampuan otak mengingat juga akan semakin meningkat.

Dengan tidur siang, anda akan lebih cepat menyerap informasi. Produktivitas dan kinerja anda juga semakin meningkat ketika tidur siang sebelumnya. Bahkan, tidur siang juga telah terbukti secara ilmiah dapat memperbaiki memori jangka pendek, suhu intra-aural, memperbaiki kewaspadaan, dan denyut jantung.

3. Meningkatkan kebugaran tubuh

Tidur siang juga telah terbukti melalui penelitian yang dilakukan oleh Stanford University dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Studi ini dilaksanakan melibatkan beberapa atlet yang mengalami peningkatan daya tahan tubuh, performa latihan lebih baik, berlari lebih cepat dengan ketahanan tinggi dan detak jantung lebih rendah.

Sementara atlet yang tidak mendapatkan cukup tidur selama masa latihan justru mengalami kondisi yang kacau secara pikiran. Suasana hati dan reaksi mereka juga dapat terganggu. Dengan tidur siang, peneliti percaya masalah tersebut dapat teratasi.

4. Menaikkan kinerja pekerjaan

Meski memang tidur siang tidak boleh terlalu lama karena justru membuat pusing, namun penelitian membuktikan tidur siang yang cukup akan menentukan manfaat yang bisa diperoleh. 

Tidur siang terbukti dapat meningkatkan performa motorik sehingga membuat anda lebih berenergi. Dengan tidur siang selama 20 menit membuat perhatian dan keterampilan motorik meningkat secara ideal. Sementara tidur siang selama 1 jam dapat mengistirahatkan Rapid Eye Movement (RED) yang membuat otak anda dapat membangun koneksi baru dan membuat pemikiran kreatif muncul.

5. Mood bertambah

Jika anda mengalami kurang tidur di malam harinya, tidur siang merupakan solusi yang paling tepat untuk mengembalikan mood anda. Jangan memilih untuk meminum kopi karena justru membuat tidur malam anda semakin terganggu kualitasnya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Long Should I Nap? A Guide to Healthy Sleep Rejuvenation. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-long-should-i-nap)
Napping: Do's and don'ts for healthy adults. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/napping/MY01383)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app