Mengenal Terong Belanda Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 26, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengenal Terong Belanda Bagi Kesehatan

Apa itu terong belanda?

Buah terong belanda adalah jenis tanaman keluarga terong , yang mulai dikembangkan  di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941. Terong di Indonesia mungkin pertama kali diambil dan dikembangkan di Indonesia oleh Belanda

Terong sebenarnya berasal dari wilayah Amazon Amerika Latin. Di Indonesia tanaman buah terong Belanda dapat tumbuh di 500-1000 m di atas permukaan laut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Komposisi buah terong belanda

Terong Belanda mengandung 48 kilokalori energi, protein 1,5 gram, karbohidrat 11,3 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 13 miligram, fosfor 24 miligram, dan besi 1 miligram. 

Selain itu di Belanda Terong juga mengandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,04 miligram vitamin C dan 17 miligram. 

Buah terong belanda dapat digunakan dalam berbagai bentuk. Buah mentah dapat digunakan untuk memasak acar, kari, atau cabai. 

Buah ini diolah menjadi sirup, selai, minuman jus, salad, es krim sebagai hiasan atau campuran bahan menjadi salad.

Khasiat terong belanda bagi tubuh

Tidak banyak orang tahu bahwa terong belanda memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Untuk itu anda perlu mengenali apa saja manfaat terong belanda

1. Tingkatkan Sistem Kekebalan

Nutrisi terong Belanda sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda karena vitamin C. Vitamin C adalah jenis vitamin yang baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, maka tubuh kita akan selalu bugar, terhindar dari berbagai penyakit dan tidak mudah lelah.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat selanjutnya dari terong Belanda adalah menjaga kesehatan mata Anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A dalam terong Belanda. 

Terong belanda memiliki vitamin A yang tinggi, meskipun tidak lebih tinggi dari vitamin A dalam wortel. Tapi, vitamin A dalam terong Belanda dapat membantu kebutuhan sehari-hari Anda.

 Beberapa manfaat vitamin A bagi kesehatan adalah:

3. Sebagai Anti oksidan

Terong Belanda juga memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu anti oksidan bermanfaat untuk menghindari radikal bebas yang menyerang tubuh, juga sangat baik untuk:

  • Mencegah penuaan dini
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah banyak penyakit

4. Cegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena keahliannya merusak organ tubuh. Agar terhindar dari kanker, Anda bisa mengonsumsi jus terong Belanda secara teratur. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Terong Belanda mengandung likopen. Kandungan ini berfungsi sebagai menangkap radikal bebas yang dapat menyebabkan sel-sel kanker dalam tubuh kita.

5. Melancarkan sistem pencernaan 

Sistem pencernaan yang buruk seperti sembelit, diare dan gangguan pencernaan lainnya dapat diatasi dan mengurangi gejalanya saat Anda mengonsumsi jus terong Belanda. 

Manfaat kesehatan yang tinggi dari serat dalam terong Belanda dapat membantu menjaga sistem pencernaan dan mengurangi risiko penyakit dan gejala saluran pencernaan.

6. Menyembuhkan Gastritis

Bagi Anda yang sering merasakan gastritis atau sakit maag di perut, Anda dapat memilih jus terong Belanda sebagai pilihan Anda untuk menyembuhkan gastritis. 

Terong belanda memiliki vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu Anda mengurangi gejala gastritis dan mencegahnya kembali. 

7. Cegah Anemia

Nutrisi penting lainnya dalam terong Belanda adalah Zat Besi. Dalam 100 g terong Belanda, ada Besi 0,4 - 0,9 mg. Zat besi ini memiliki peran penting untuk mencegah anemia atau mengurangi darah yang gejalanya adalah:

  • Lemah, lelah, lesu, lemas
  • Tidak ada semangat
  • Rentan terhadap penyakit

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Protective Effects of Tamarillo (Cyphomandra betacea) Extract against High Fat Diet Induced Obesity in Sprague-Dawley Rats. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4480815/)
Tamarillo- Tree Tomato - Lost Crops of the Incas: Little-Known Plants of the Andes with Promise for Worldwide Cultivation. The National Academies Press. (https://www.nap.edu/read/1398/chapter/36#307)
Abd. Kadir, Noor Atiqah Aizan & A.M, Maisarah & Rahmat, Asmah. (2014). Comparison of antioxidant properties of tamarillo (Cyphomandra betacea), cherry tomato (Solanum lycopersicum var. cerasiform) and tomato (Lyopersicon esulentum). International Food Research Journal. 21. 2355-2362. International Food Research Journal (IFRJ). (http://www.ifrj.upm.edu.my/21%20(06)%202014/42%20IFRJ%2021%20(06)%202014%20Asmah%20079.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app