HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Kesehatan Pencernaan Adalah Akar dari Kesehatan Tubuh Kita

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kesehatan Pencernaan Adalah Akar dari Kesehatan Tubuh Kita

Pentingnya Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan tidak bisa dipandang sebelah mata. Beragam keluhan kesehatan muncul karena sistem pencernaan yang tidak dijaga dengan baik. Keluhan paling umum yang sering dilontarkan orang terkait pencernaan adalah konstipasi, diare dan gas. Karena itu, agar pencernaan tetap sehat dan terhindar dari berbagai keluhan kesehatan, lindungi pencernaan Anda. 

Sebagai negara yang sudah semakin sadar akan pentingnya kesehatan pencernaan, Indonesia siap ikut serta dalam penetapan tanggal 29 Mei sebagai World Digestive Health Day dan National Yogurt Day,  national yogurt pertama di Indoensia. Yuk, perkaya dan sehatkan pencernaan dengan rutin konsumsi yogurt. Kesehatan pencernaan dengan yogurt memang tidak bisa dipisahkan. Sebelumnya, Anda perlu tahu terlebih dahulu cara kerja sistem pencernaan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ciri-ciri Sistem Pencernaan yang Baik

Tanda sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik adalah  Anda akan mengalami keteraturan BAB dan prosesnya. Keteraturan didefinisikan sebagai memiliki gerakan usus (yang tidak terlalu lembut atau terlalu keras), BAB tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu. Setiap orang memiliki frekuensi BAB yang berbeda-beda. 

Penyebab Masalah Pencernaan

Kurang serat dan kurang minum air putih

Ketidakteraturan (seperti sembelit atau diare) dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk, termasuk tidak minum cukup air dan tidak makan cukup serat, atau sejumlah isu lainnya .

Ketika sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik, Anda tidak akan mengalami diare yang berlebihan atau sembelit, dan tidak ada juga gas yang berlebihan. Kehadiran gas dalam pencernaan adalah sesuatu yang normal, selama tidak berlebihan.  Kebanyakan orang memproduksi sekitar 0,5-2 liter gas perhari dan menyebarkannya 14 kali dalam sehari. Jika lebih dari itu, artinya ada sesuatu di pencernaan yang perlu lebih diperhatikan.

Ketidakseimbangan jumlah mikroflora usus

Penyebab lain dari masalah pencernaan adalah  ketidakseimbangan bakteri baik dan buruk dalam usus besar. Mikroflora dalam sistem pencernaan terdiri dari keseimbangan antara bakteri yang berpotensi membantu (baik) dan berpotensi membahayakan  (buruk).

Pola makan yang buruk, penyakit, dan konsumsi obat tertentu

Pola makan yang buruk, penyakit, atau minum obat tertentu, seperti antibiotik, semua dapat mengganggu keseimbangan ini, menyebabkan pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat. Hasilnya, muncullah  gejala intoleransi pencernaan  atau infeksi yang dapat membuat Anda sangat sakit.
Sistem pencernaan yang buruk juga terkait dengan penyakit di bagian lain dari tubuh, termasuk di antaranya sistem kekebalan tubuh. Sistem pencernaan Anda memengaruhi 70 persen sistem kekebalan tubuh. Itu sebabnya, menjaga kesehatan pencernaan sangat penting demi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Konsumsi Yogurt untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda

Nah, salah satu cara untuk menjaga keseimbangan yang sehat antar bakteri, adalah dengan mengonsumsi Probiotik. Probiotik ini membantu mempertahankan keseimbangan bakteri yang berpotensi berbahaya dan membantu  mikroflora usus Anda. Probiotik merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus Anda. Dan probiotik ini ada pada yogurt yang merupakan fermentasi dari susu. 

Dengan kata lain, mengonsumsi yogurt secara rutin dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Tapi, jangan asal pilih yogurt ya. Pilihlah yogurt dengan kualitas baik dan rasa asam yang pas. Bila bingung menentukan mana yogurt yang berkualitas baik dan tidak, lihatlah nutricion fact-nya. Pilihlah yogurt yang lebih tinggi kalsium, rendah lemak, rendah gula dan mengandung probiotik/mengandung serat untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari yogurt. Yuk, lebih teliti lagi dalam memilih yogurt untuk kesehatan pencernaan Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Foods that help digestion: What to eat and avoid. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326596.php)
The 11 Best Ways to Improve Your Digestion Naturally. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-improve-digestion)
9 Tips for Smooth Digestion. WebMD. (https://www.webmd.com/digestive-disorders/good-digestion)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app