Mengenal Gejala Penyakit Chikungunya

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengenal Gejala Penyakit Chikungunya

Wabah chikungunya dapat dengan mudah menjangkiti seseorang yang mengalami kontak dengan virusnya yang juga dibawa oleh nyamuk, seperti pada virus demam berdarah. Chikungunya biasanya akan muncul setelah masa inkubasi selama dua hingga enam hari, dan gejala akan mulai muncul sekitar 4-7 hari sesudah infeksi oleh virus terjadi.

Gejala Chikungunya

Beberapa gejala yang dapat terjadi oleh penderita chikungunya antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

2 Fase Chikungunya

Chikungunya dapat hadir dalam dua fase pada orang yang terjangkit virusnya, yaitu:

1. Fase chikungunya akut

Fase ini biasa ditandai dengan berlangsungnya infeksi chikungunya dari beberapa hari hingga dua minggu. Fase akut biasanya memiliki gejala menggigil tiba-tiba, demam yang dapat mencapai 40 °C (104 °F), muntah, mual, sakit kepala, sakit pada persendian atau arthralgia dan terkadang juga munculnya ruam maculopapular yang menimbulkan luka-luka bengkak dan berbintik. Rasa sakit pada persendian dan otot-otot merupakan penanda utama adanya infeksi chikungunya pada seseorang. Rasa sakit ini sampai membatasi gerakan penderitanya dan melumpuhkan sementara.

Demam di fase akut biasanya dapat berlangsung selama dua hari dan berhenti secara tiba-tiba, namun tidak dengan rasa sakit persendian, sakit kepala intens, insomnia dan posisi prostration atau membungkuk hingga bersujud.

Gejala-gejala yang lainnya tersebut dapat berlangsung hingga selama lima sampai tujuh hari. Hal ini disebabkan oleh adanya total partikel virus yang dapat mencapai 10E8 per mililiter darah. Infeksi virus ini dapat sampai mempengaruhi sel epithelial dan endothelial, fibroblasts utama dan monocyte-derived macrophage, penyebab sakit dan terbatasnya gerakan otot, sendi dan jaringan penghubung kulit.

2. Fase kronis

Fase kronis dari chikungunya ditandai dengan adanya kondisi poly-arthralgia yang berlangsung hingga berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun sesudah fase akut mereda. Rasa sakit persendian dapat berlangsung hingga dua tahun, tergantung pada usia ketika terjangkit penyakit.

Kelumpuhan pada penderita yang sudah berusia dewasa dapat berlangsung hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan karena kurangnya gerakan tangan, berkurangnya aktivitas yang menggerakkan tubuh serta reaksi yang terlambat. Rasa sakit persendian yang berulang bahkan setelah infeksi mereda dialami oleh sekitar 30-40% mantan penderita. 

Meski jarang, dapat juga terjadi komplikasi seperti myocarditis atau peradangan pada otot jantung, meningoencephalitis atau peradangan pada otak dan meninges, pendarahan ringan, uveitis dan peradangan mata yang disebut retinitis juga bisa terjadi. Kematian jarang terjadi dari penyakit chikungunya.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are the signs and symptoms of Chikungunya virus infection?. Medscape. (https://www.medscape.com/answers/2225687-118260/what-are-the-signs-and-symptoms-of-chikungunya-virus-infection)
Chikungunya Virus Infection Symptoms & Treatment. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/chikungunya_virus_infection/article.htm)
What Is It Like to Have Chikungunya?. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/what-is-it-like-to-have-chikungunya-1958984)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Flu Tulang: Ini Penjelasannya
Flu Tulang: Ini Penjelasannya

Chikungunya ditularkan oleh nyamuk yang sudah terinfeksi virus chikungunya. Penyakit ini disebut juga flu tulang karena termasuk virus rematik yang menyerang persendian. Oleh karena itu penderita chikungunya akan mengalami nyeri pada sendi atau otot dalam waktu beberapa hari. Biasanya nyamuk yang membawa infeksi ini akan menggigit pada waktu siang hari saat orang-orang sedang beraktivitas.

Buka di app