Mengenal dan Mengobati Radang Tenggorokan Akut

Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Rasanya pasti tak enak ketika berbicara atau sedang makan tenggorokan terasa sakit. Sakit pada tenggorokan ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Jika sakit tenggorokannya berlangsung lama, maka kemungkinan Anda mengalami yang namanya radang tenggorokan akut.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami radang tenggorokan akut. Beberapa diantaranya adalah karena merokok, polusi udara, alergi hingga refluks asam lambung

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Saat seseorang mengalami kondisi tersebut, terdapat beberapa gejala yang bisa dirasakan. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya, tetapi radang tenggorokan akan mempengaruhi aktivitas dan produktivitas Anda.

Gejala radang tenggorokan akut

Untuk mengenali apakah Anda mengalami radang tenggorokan akut, bisa dilihat dari berbagai gejala sebagai berikut :

  1. Demam ringan dan panas dalam
  2. Tenggorokan terasa sakit ketika berbicara dan saat menelan makanan
  3. Tenggorokan lebih cepat kering
  4. Kelenjar getah bening di sekitar leher membengkak
  5. Seringkali batuk dan terasa sakit pada tenggorokan

Penyebab Radang Tenggorokan Akut

Ketika seseorang mengalami radang tenggorokan, maka pada bagian faring atau belakang tenggorokan akan terasa sakit. Faring akan mengalami inflamasi atau peradangan yang sebagian besar disebabkan oleh virus dan bakteri, salah satu bakteri yang sering menyebabkan peradangan adalah streptococcus. 

Sedangkan untuk virus yang paling sering menyerang adalah virus influenza, virus penyebab cacar air dan virus penyebab campak. Peradangan pada faring ini dikenal dalam dunia medis sebagai faringitis

Kemudian, peradangan juga dapat terjadi pada bagian organ seperti amandel (tonsillitis) dan pita suara (laringitis). Ketiga peradangan tersebut seringkali terjadi bersamaan.

Selain dari faktor virus dan bakteri yang datang dari luar tubuh, penyebab bisa juga datang dari dalam tubuh. GERD (Gastroesophageal reflux disease) seringkali menjadi penyebab radang tenggorokan

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Sifat asam lambung yang asam (acid) bila terlalu sering masuk ke tenggorokan dikarenakan gangguan pencernaan, maka akan memicu iritasi dan mengakibatkan peradangan pada tenggorokan.

Radang tenggorokan akut biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 5 hingga 10 hari. Namun bila terjadi peradangan lebih lanjut dan lebih lama dari waktu pada umumnya, segera datangi dokter. 

Apalagi ditambah dengan keluhan yang menyertainya seperti ketidakmampuan menelan makanan, sulit bernapas, pembengkakan pada area leher dan wajah, nyeri telinga, darah ikut keluar bersamaan dengan dahak hingga terjadi demam yang tinggi.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Akut

Memang pada umumnya jika dibiarkan saja bahkan tanpa ada obat khusus, radang tenggorokan akan sembuh. Selain itu, perlu untuk menghindari hal-hal baik makanan atau aktivitas yang justru menambah parah radang tenggorokan. Kebiasaan merokok dan memakan makan berminyak akan memperparah kondisi tenggorokan yang sedang meradang.

Beberapa cara dapat Anda lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan akut dan membantu penyembuhannya. Adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut :

Minum air putih

Memperbanyak minum air putih dapat mengurangi rasa sakit dan kering pada tenggorokan yang mengalami peradangan akut. Pada saat seseorang mengalami radang tenggorokan, dehidrasi akan semakin cepat dirasakan dan jika itu terjadi, maka rasa sakit akan bertambah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Disarankan bagi Anda untuk lebih banyak minum khususnya air putih demi menjaga cairan dalam tubuh.

Kurangi berbicara

Berbicaralah seperlunya saja. Apalagi disaat kondisi tenggorokan tidak memungkinkan untun berbicara terlalu banyak. Rasa sakit yang diakibatkan karena tekanan saat berbicara akan membuat peradangan pada tenggorokan semakin parah.

Memilih makanan yang lembut dan tidak panas

Pilihlah makanan yang kiranya mudah untuk ditelan dan bertekstur lembut. Selain itu jangan terlalu panas dan juga hindari untuk sementara waktu memakan olahan makanan yang digoreng. 

Memakan makanan seperti bubur, sop, atau nasi yang lembek bisa dijadikan pilihan. Selain itu jangan lupa untuk memakan buah-buahan terutama yang memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Berhenti merokok

Sementara waktu berhentilah untuk merokok agar proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat. Asap rokok dapat menyebabkan iritasi hingga memperparah kondisi dari tenggorokan.

Cara-cara diatas setidaknya dapat membantu Anda untuk mengurangi gejala yang diakibatkan oleh radang tenggorokan akut. Selain itu, proses penyembuhan juga lebih cepat. 

Apalagi ditambah dengan masa istirahat yang cukup. Jika sesuatu yang lebih parah terjadi, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan mendatangi dokter.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app